Logo BeritaSatu

Mayoritas Masyarakat Percaya Pajak Bentuk Prinsip Gotong Royong

Minggu, 31 Juli 2022 | 22:41 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Mayoritas masyarakat mengapresiasi pelayanan pajak pada era Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dan Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Suryo Utomo. Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan mayoritas masyarakat juga percaya jika pajak merupakan bentuk dari prinsip gotong royong.

Temuan ini terpotret dalam survei Indikator terkait tingkat kepercayaan publik terhadap kinerja otoritas pajak. “Total sebanyak 68 persen masyarakat meyakini pajak merupakan bentuk dari prinsip gotong royong,” kata Burhanuddin saat memaparkan hasil survei secara virtual, Minggu (31/7/2022).

Menurut Burhanuddin, persepsi tersebut banyak dimiliki responden yang berpendapatan lebih dari Rp 4 juta per bulan. Setelahnya, masyarakat juga menilai otoritas pajak telah menjalankan tugasnya dengan baik, totalnya mencapai 52 persen.

Akan tetapi, Burhanuddin mengatakan warga terbelah antara yang cenderung percaya (46,2 persen) dan cenderung tidak percaya (48,1 persen) bahwa uang pajak telah digunakan dengan sebaik-baiknya untuk pembangunan dan kepentingan rakyat.

“Mereka yang berpendapatan lebih dari Rp 4 juta per bulan mayoritas cenderung tidak percaya,” ungkap Burhanuddin.

Survei Indikator juga menemukan jika mayoritas masyarakat yang memiliki NPWP merasa pembayaran pajak dapat dilakukan dengan mudah.

“Dari yang memiliki NPWP, mayoritas merasa pembayaran pajak dapat secara mudah atau cukup mudah dilakukan. Demikian pula mereka yang memiliki NPWP dan berpendapatan lebih dari Rp 4 juta per bulan,” kata Burhanuddin.

Burhanuddin mengatakan responden yang memiliki NPWP dan berpenghasilan lebih dari Rp 4 juta per bulan, sebanyak 44 persen juga menyatakan pembayaran pajak pada Sri Mulyani dan Suryo Utomo mudah dilakukan.

Pada kategori lain, masyarakat yang menyatakan pembayaran pajak sulit dilakukan hanya berada pada angka 2 persen. Hal tersebut khusus yang memiliki NPWP. Sementara, kelompok responden dengan pendapatan lebih dari Rp 4 juta per bulan, menurut Burhanuddin, kurang dari 1 persen.

Survei yang dilakukan pada 9-12 Juli 2022 menggunakan kontak telepon kepada responden. Target populasi survei ini warga negara Indonesia (WNI) berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon, sekitar 83 persen dari total populasi nasional. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing.

Dengan teknik RDD sampel sebanyak 1.246 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Margin of error survei diperkirakan ± 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Buntut Konten Prank KDRT, Baim Wong Dilaporkan ke Polisi

Baim Wong dan Paula Verhoeven dilaporkan ke Polres Metro, Jakarta Selatan terkait konten prank KDRT yang dibuat keduanya.

NEWS | 3 Oktober 2022

Santri Dukung Ganjar Gelar Maulid Nabi di Jakarta

Santri Dukung Ganjar mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan doa bersama untuk Ganjar Pranowo dan Indonesia di Jakarta Utara.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragis, Tragedi Kanjuruhan Buat Alfiansyah Jadi Yatim Piatu

Peristiwa tragedi Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) memaksa bocah 11 tahun M Alfiansyah menjadi anak yatim piatu.

NEWS | 3 Oktober 2022

Kasus KDRT Rizky Billar Naik ke Penyidikan

Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) Rizky Billar terhadap istrinya, Lesti Kejora, naik ke penyidikan dari penyelidikan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Pengobatan Kanker Perlukan Tim dari Multidisiplin Ilmu

Keseluruhan pengobatan penyakit kanker membutuhkan tim dari multidisiplin ilmu dalam penatalaksanaannya.

NEWS | 4 Oktober 2022

Tabur Bunga di Kanjuruhan, Pemain dan Pelatih Arema Menangis

Para pemain dan pelatih Arema FC menangis saat tabur bunga di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Senin (3/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Suporter Bola Medan Gelar 1.000 Lilin

Ratusan suporter bola di Kota Medan, Sumatera Utara menyalakan 1.000 lilin dan doa bersama sebagai bentuk belasungkawa atas tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Ini Alasan Sahabat Polisi Indonesia Laporkan Baim Wong dan Paula

Organisasi masyarakat Sahabat Polisi Indonesia resmi melaporkan pasangan artis Baim Wong dan Paula Verhoeven terkait pembuatan konten prank KDRT

NEWS | 4 Oktober 2022

Surya Paloh Ungkap Respons Jokowi soal Pencapresan Anies

Surya Paloh mengungkap respons Jokowi ketika Nasdem hendak mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 202

NEWS | 3 Oktober 2022

TACB: Halte Transjakarta Jatinegara Ganggu Cagar Budaya

Pembangunan revitalisasi Halte Transjakarta yang menghalangi visual ke arah cagar budaya juga terjadi di Jatinegara, Jakarta Timur.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pekan Depan, Ribuan Buruh Bakal Geruduk Istana Negara

Pekan Depan, Ribuan Buruh Bakal Geruduk Istana Negara

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings