Logo BeritaSatu

Tropical Go Green Olah Sampah Plastik Jadi Barang Bermanfaat

Senin, 1 Agustus 2022 | 13:27 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - PT Bina Karya Prima, salah satu perusahaan fast moving consumer good (FMCG) terbesar sejak 1981 dengan produk minyak goreng Tropical berupaya menjaga lingkungan berkelanjutan. Hal itu diwujudkan perusahaan dalam bentuk tiga usaha, termasuk mengolah sampah plastik menjadi bermanfaat.

"PT Bina Karya Prima memiliki produk minyak goreng dalam botol PET bening 100% yang dapat didaur ulang," kata Senior VP Marketing PT Bina Karya Prima Aristo Kristandyo dalam keterangan tertulisnya Senin (1/8/2022).

Dia mengatakan Indonesia menghasilkan hampir 7 juta ton sampah plastik per tahun. Sayangnya hanya sekitar 7% hingga 10% yang berhasil didaur ulang. "Orang banyak tidak tahu bahwa jenis plastik tertentu seperti botol PET didaur ulang dengan laju hampir 70%,” kata dia.

Aristo Kristandyo mengatakan melalui gerakan Tropical Go Green, perusahaan berkontribusi dalam bentuk tiga usaha. Pertama, menciptakan kemasan botol plastik siap daur ulang atau di masa datang kemasan yang dibuat dari bahan hasil daur ulang.
Kedua, mendukung sistem pemilahan dan pengelolaan limbah plastik yang baik. Ketiga, memberi dukungan kepada komunitas pengumpul limbah yang harus menanggung dampak buruk dari pengelolaan sampah kurang baik.

Kepala Unit Pengelola Sampah Terpadu (UPST) Bantar Gebang, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Agung Pujo Winarko mengatakan Pemprov DKI Jakarta mendukung gerakan Tropical Generasi Peduli yang digagas dan dilakukan Tropical Go Green. "Membuang sampah sesuai jenisnya akan memudahkan pengolahan dan dapat menghindari penumpukan sampah yang merupakan sumber penyakit serta pencemaran udara,” tutur dia.

Sementara itu Tropical Go Green menyerahkan sepatu dan tas dari bahan hasil daur ulang sampah plastik pada anak-anak pemulung di Sekolah Alam Tunas Mulia Bantar Gebang Jakarta. Sampah daur ulang itu terkumpul selama periode Mei-Juli 2022.

“Sepatu ini dimaknai agar anak sebagai generasi penerus dapat melangkah meraih cita-cita menuju masa depan lebih baik, sedankan tas ini dimaknai sebagai bekal mereka agar selalu menuntut ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi mereka,” tutur pendiri Sekolah Alam Tunas Mulia, Juwarto.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hadiah Kursi Roda dari Puan Bahagiakan Ibu dari Anak Penderita Polio

Petani bunga di Badung, Bali, Ni Ketut Ratko sangat gembira menerima bantuan kursi roda untuk anaknya yang menderita polio.

NEWS | 30 September 2022

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

Pemprov DKI Jakarta mengatakan, pembangunan rusun (rumah susun) di Pulau G kemungkinan akan dilakukan oleh pihak swasta.

NEWS | 30 September 2022

Ali Ibrahim Undang Presiden Jokowi Buka Sail Tidore 2022

Ali Ibrahim mengundang dan meminta secara khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk hadir dan membuka acara Puncak Sail Tidore pada November 2022.

NEWS | 29 September 2022

DPR Siap Tunjukkan Komitmen Indonesia Kurangi Emisi

DPR siap menjadi tuan rumah perhelatan The 8th G-20 Parliamentary Speaker Summit (P-20) yang akan diselenggarakan pekan depan.

NEWS | 29 September 2022

UBK Kerja Sama dengan Persatuan Alumni GMNI

UBK melakukan kerja sama dengan Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia

NEWS | 29 September 2022

Moeldoko Dorong Swasta Terlibat Percepatan Vaksinasi Covid-19

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mendorong keterlibatan pihak swasta dalam percepatan vaksinasi Covid-19.

NEWS | 29 September 2022

Komnas HAM Harap Jaksa Maksimal Dakwa Ferdy Sambo Cs

Komnas HAM berharap jaksa bisa menyusun dakwaan terhadap para tersangka secara maksimal.

NEWS | 29 September 2022

Peraturan Menkumham, Masa Berlaku Paspor Menjadi 10 Tahun

Masa berlaku paspor dari semula lima tahun diubah menjadi 10 tahun. Hal ini diatur dalam Peraturan Menkumham Nomor 18 Tahun 2022.

NEWS | 29 September 2022

Polri Kirim Surat Pemecatan Ferdy Sambo ke Sekmil Presiden

Polri telah mengirim berkas putusan pemecatan mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo ke Sekretariat Militer (Sekmil) Presiden.

NEWS | 29 September 2022

Soal Mobil Dinas Listrik, Pemprov DKI Punya 2 Pilihan

Pemprov DKI akan melakukan 2 pilihan terkait mobil dinas listrik. Dua pilihan itu, adalah memodifikasi kendaraan dinas lama dan membeli mobil listrik.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

NEWS | 4 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings