Logo BeritaSatu

Tropical Go Green Olah Sampah Plastik Jadi Barang Bermanfaat

Senin, 1 Agustus 2022 | 13:27 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - PT Bina Karya Prima, salah satu perusahaan fast moving consumer good (FMCG) terbesar sejak 1981 dengan produk minyak goreng Tropical berupaya menjaga lingkungan berkelanjutan. Hal itu diwujudkan perusahaan dalam bentuk tiga usaha, termasuk mengolah sampah plastik menjadi bermanfaat.

"PT Bina Karya Prima memiliki produk minyak goreng dalam botol PET bening 100% yang dapat didaur ulang," kata Senior VP Marketing PT Bina Karya Prima Aristo Kristandyo dalam keterangan tertulisnya Senin (1/8/2022).

Dia mengatakan Indonesia menghasilkan hampir 7 juta ton sampah plastik per tahun. Sayangnya hanya sekitar 7% hingga 10% yang berhasil didaur ulang. "Orang banyak tidak tahu bahwa jenis plastik tertentu seperti botol PET didaur ulang dengan laju hampir 70%,” kata dia.

Aristo Kristandyo mengatakan melalui gerakan Tropical Go Green, perusahaan berkontribusi dalam bentuk tiga usaha. Pertama, menciptakan kemasan botol plastik siap daur ulang atau di masa datang kemasan yang dibuat dari bahan hasil daur ulang.
Kedua, mendukung sistem pemilahan dan pengelolaan limbah plastik yang baik. Ketiga, memberi dukungan kepada komunitas pengumpul limbah yang harus menanggung dampak buruk dari pengelolaan sampah kurang baik.

Kepala Unit Pengelola Sampah Terpadu (UPST) Bantar Gebang, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Agung Pujo Winarko mengatakan Pemprov DKI Jakarta mendukung gerakan Tropical Generasi Peduli yang digagas dan dilakukan Tropical Go Green. "Membuang sampah sesuai jenisnya akan memudahkan pengolahan dan dapat menghindari penumpukan sampah yang merupakan sumber penyakit serta pencemaran udara,” tutur dia.

Sementara itu Tropical Go Green menyerahkan sepatu dan tas dari bahan hasil daur ulang sampah plastik pada anak-anak pemulung di Sekolah Alam Tunas Mulia Bantar Gebang Jakarta. Sampah daur ulang itu terkumpul selama periode Mei-Juli 2022.

“Sepatu ini dimaknai agar anak sebagai generasi penerus dapat melangkah meraih cita-cita menuju masa depan lebih baik, sedankan tas ini dimaknai sebagai bekal mereka agar selalu menuntut ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi mereka,” tutur pendiri Sekolah Alam Tunas Mulia, Juwarto.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tenda Pengungsian Jadi Tempat Aman Korban Gempa Cianjur

Gempa Cianjur dengan magnitudo 5,6 membuat seratus ribu lebih warga mengungsi karena rumah mereka rusak, menjadikan tenda pengungsian tempat aman bagi mereka.

NEWS | 1 Desember 2022

KLHK Raih Penghargaan Bhumandala Kanaka 2022 dari BIG

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanana (KLHK) meraih penghargaan tertinggi dalam Bhumandala Award 2022 dari Badan Informasi Geospasial (BIG). 

NEWS | 1 Desember 2022

Hari Disabilitas, Anak Berkebutuhan Khusus Lukis Mural di Bus

Memperingati Hari Disabilitas, Transjakarta mengajak anak-anak berkebutuhan khusus melukis mural di bus TransJakarta.

NEWS | 1 Desember 2022

Jaksa Hadirkan Ahli Digital Forensik dari Polri di Sidang Hendra Kurniawan

Jaksa menghadirkan dua ahli digital forensik dari Polri dalam sidang lanjutan obstruction of justice perkara Brigadir J dengan terdakwa Hendra Kurniawan. 

NEWS | 1 Desember 2022

Kebakaran, 4 Lapak Penampungan Barang Bekas di Jakbar Ludes

Empat bangunan semi permanen lapak pengumpul barang bekas di Jalan Musyawarah, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, ludes terbakar, Kamis (1/12/2022) pagi.

NEWS | 1 Desember 2022

Besok, Buruh Mulai Gelar Demo Tolak Kenaikan UMP DKI 2023

Partai Buruh dan organisasi serikat buruh akan menggelar aksi tolak UMP DKI di depan gedung Balai Kota DKI Jakarta pada Jumat, (2/12/2022).

NEWS | 1 Desember 2022

Keadaan Sudah "Membaik", Masyarakat Jadi Enggan Vaksinasi Booster

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengungkapkan angka vaksinasi booster di DKI baru mencapai 50%. Angka tersebut dinilai masih sedikit.

NEWS | 1 Desember 2022

Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Beras di Depok Mulai Naik

Menjelang Natal dan Tahun Baru 2023, harga beras di sejumla pasar tradisional di Depok mulai merangkak naik. 

NEWS | 1 Desember 2022

Satu Terduga Teroris Diamankan Densus 88 di Sukoharjo

Densus 88 Antiteror Polri berhasil meringkus terduga teroris di wilayah Sukoharjo, Jawa Tengah pada Kamis (1/12/2022).

NEWS | 1 Desember 2022

Revitalisasi, Kawasan M Bloc Space Bakal Jadi Tempat Healing

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menata M Bloc Space di Jakarta Selatan sebagai tempat rekreasi (healing) bagi warga Ibu Kota.

NEWS | 1 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi Paparkan 6 Fokus Kebijakan APBN 2023, Apa Saja?

Jokowi Paparkan 6 Fokus Kebijakan APBN 2023, Apa Saja?

EKONOMI | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE