Logo BeritaSatu

Tropical Go Green Olah Sampah Plastik Jadi Barang Bermanfaat

Senin, 1 Agustus 2022 | 13:27 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - PT Bina Karya Prima, salah satu perusahaan fast moving consumer good (FMCG) terbesar sejak 1981 dengan produk minyak goreng Tropical berupaya menjaga lingkungan berkelanjutan. Hal itu diwujudkan perusahaan dalam bentuk tiga usaha, termasuk mengolah sampah plastik menjadi bermanfaat.

"PT Bina Karya Prima memiliki produk minyak goreng dalam botol PET bening 100% yang dapat didaur ulang," kata Senior VP Marketing PT Bina Karya Prima Aristo Kristandyo dalam keterangan tertulisnya Senin (1/8/2022).

Dia mengatakan Indonesia menghasilkan hampir 7 juta ton sampah plastik per tahun. Sayangnya hanya sekitar 7% hingga 10% yang berhasil didaur ulang. "Orang banyak tidak tahu bahwa jenis plastik tertentu seperti botol PET didaur ulang dengan laju hampir 70%,” kata dia.

Aristo Kristandyo mengatakan melalui gerakan Tropical Go Green, perusahaan berkontribusi dalam bentuk tiga usaha. Pertama, menciptakan kemasan botol plastik siap daur ulang atau di masa datang kemasan yang dibuat dari bahan hasil daur ulang.
Kedua, mendukung sistem pemilahan dan pengelolaan limbah plastik yang baik. Ketiga, memberi dukungan kepada komunitas pengumpul limbah yang harus menanggung dampak buruk dari pengelolaan sampah kurang baik.

Kepala Unit Pengelola Sampah Terpadu (UPST) Bantar Gebang, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Agung Pujo Winarko mengatakan Pemprov DKI Jakarta mendukung gerakan Tropical Generasi Peduli yang digagas dan dilakukan Tropical Go Green. "Membuang sampah sesuai jenisnya akan memudahkan pengolahan dan dapat menghindari penumpukan sampah yang merupakan sumber penyakit serta pencemaran udara,” tutur dia.

Sementara itu Tropical Go Green menyerahkan sepatu dan tas dari bahan hasil daur ulang sampah plastik pada anak-anak pemulung di Sekolah Alam Tunas Mulia Bantar Gebang Jakarta. Sampah daur ulang itu terkumpul selama periode Mei-Juli 2022.

“Sepatu ini dimaknai agar anak sebagai generasi penerus dapat melangkah meraih cita-cita menuju masa depan lebih baik, sedankan tas ini dimaknai sebagai bekal mereka agar selalu menuntut ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi mereka,” tutur pendiri Sekolah Alam Tunas Mulia, Juwarto.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Saksi Ungkap Isyarat Hendra Kurniawan Usai Temui Ferdy Sambo

Mantan staf pribadi Ferdy Sambo, Muhammad Rafli mengungkap isyarat Hendra Kurniawan usai bertemu Ferdy Sambo di ruang Kadiv Propam Polri pada malam hari.

NEWS | 8 Desember 2022

Korban Tragedi Kanjuruhan Buat Pengaduan Masyarakat di Bareskrim

Keluarga dan korban tragedi Kanjuruhan, Malang, membuat pengaduan masyarakat (dumas) di Bareskrim Polri. 

NEWS | 8 Desember 2022

Bulan Maret Panen Raya, DPR Minta Bulog Serap Beras Petani Sebanyak-banyaknya

Bulog diminta untuk segera menyiapkan diri saat panen raya akan berlangsung pada bulan Maret mendatang, sehingga Kementan tidak perlu impor beras.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Gempa Sukabumi, Sejumlah Rumah di 3 Desa Alami Kerusakan

Gempa Sukabumi: Sejumlah rumah rusak di tiga desa, yaitu Cibunar, Balekambang, dan Girijaya dengan kategori kerusakan sedang dan ringan.

NEWS | 8 Desember 2022

Menkes Ingatkan Masyarakat Pentingnya Menjaga Kualitas Udara

Menkes mengingatkan bahwa isu polusi udara merupakan permasalahan seluruh masyarakat karena dapat berpengaruh terhadap penyakit pernapasan.

NEWS | 8 Desember 2022

Belajar Dari Pengalaman, Fraksi PKS Wanti-wanti Beras Impor Bisa Membusuk

Bulog sebaiknya fokus melakukan penyerapan dibanding bersuara melakukan impor beras di saat petani akan melakukan panen raya.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Aktivitas Gunung Anak Krakatau Relatif Normal Meski Keluarkan Asap

Aktivitas Gunung Anak Krakatau didominasi kegempaan didominasi vulkanik dan tektonik serta tremor menerus serta sesekali keluar hembusan.

NEWS | 8 Desember 2022

Ikuti China, Hong Kong Longgarkan Karantina dan Tes Covid-19

Pemerintah Hong Kong mengatakan pada Kamis (8/12/2022), bakal melonggarkan kebijakan Covid-19 dengan melonggarkan karantina dan tes cepat.

NEWS | 8 Desember 2022

DPR Pertanyakan Serapan Beras Bulog

Persediaan beras nasional mencapai 8.727.752 ton, stok ini cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga akhir tahun.

EKONOMI | 7 Desember 2022

BNPT Duga Pelaku Bom Polsek Astana Anyar Tak Bekerja Sendiri

BNPT menduga pelaku bom Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat, tidak bekerja sendiri saat melancarkan aksi teror tersebut.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Saksi Ungkap Isyarat Hendra Kurniawan Usai Temui Ferdy Sambo

Saksi Ungkap Isyarat Hendra Kurniawan Usai Temui Ferdy Sambo

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE