Logo BeritaSatu

Biden Sebut Drone AS Tewaskan Tokoh Al Qaeda, Zawahiri

Selasa, 2 Agustus 2022 | 08:33 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Presiden Joe Biden mengumumkan serangan drone Amerika Serikat (AS) telah menewaskan pemimpin Al Qaeda Ayman al Zawahiri di Afghanistan pada Senin (1/8/2022) malam.

“Kami menjelaskan lagi malam ini bahwa tidak peduli berapa lama, di mana pun Anda bersembunyi, jika Anda adalah ancaman bagi rakyat kami, Amerika Serikat akan menemukan Anda dan membawa Anda keluar,” kata Biden.

Seperti dilaporkan CNBC, Al Zawahiri diyakini sebagai salah satu arsitek utama di balik serangan teroris 11 September yang menghancurkan di World Trade Center (WTC) dan Pentagon. Kematian tokoh berusia 71 tahun itu diperkirakan akan menurunkan kemampuan kelompok teror Al Qaeda untuk beroperasi.

“Dia mengukir jejak pembunuhan dan kekerasan terhadap warga Amerika, tentara Amerika, diplomat Amerika, dan kepentingan Amerika,” kata Biden tentang serangan tepat sebelum fajar yang menewaskan Al Zawahiri.

Dua orang yang diberi pengarahan tentang serangan itu mengkonfirmasi kepada NBC News bahwa serangan yang menewaskan al Zawahiri dilakukan oleh CIA.

Seorang pejabat senior administrasi Biden, yang berbicara dengan syarat anonim untuk berbagi rincian serangan itu, mengatakan analis intelijen AS mengidentifikasi lokasi al Zawahiri awal tahun ini.

Pejabat itu mengatakan AS mengawasi pergerakan al Zawahiri selama berbulan-bulan dan memutuskan bahwa dia tinggal di rumah aman di Kabul bersama keluarganya.

"Kami mengidentifikasi al Zawahiri pada beberapa kesempatan untuk waktu yang lama di udara di tempat dia akhirnya diserang," kata pejabat itu.

“Anggota keluarga Al Zawahiri hadir di bagian lain dari rumah persembunyian pada saat serangan dan dengan sengaja tidak menjadi sasaran dan tidak bersenjata. Kami tidak memiliki indikasi bahwa warga sipil terluka dalam serangan ini,” tambah pejabat itu.

Pejabat itu mengatakan Biden menerima pengarahan intelijen terakhirnya tentang masalah itu pada 25 Juli sebelum menyetujui serangan yang melibatkan drone atau kendaraan udara nirawak dan dua rudal Hellfire.

Al Zawahiri adalah seorang dokter dan pendiri Jihad Islam Mesir sebelum naik ke peringkat teratas dalam jaringan al Qaeda. Dia salah satu arsitek di balik serangan teroris 11 September yang menghancurkan di World Trade Center dan Pentagon.

Dalam minggu-minggu setelah serangan 11 September, Taliban memberikan perlindungan bagi al-Qaeda sementara Amerika memobilisasi untuk apa yang akan menjadi perang terpanjangnya.

Al Zawahiri menggantikan Osama bin Laden sebagai kepala al Qaeda pada tahun 2011. Departemen Luar Negeri AS sebelumnya telah menawarkan hadiah hingga US$25 juta (Rp 370 miliar) untuk informasi yang mengarah pada penangkapannya.

Al Zawahiri sebelumnya didakwa oleh pemerintah AS atas dugaan perannya dalam pemboman tahun 1998 di Kedutaan Besar AS di Dar es Salaam, Tanzania, dan Nairobi, Kenya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pantau Dampak Gempa, PMI Kota Sukabumi Patroli Keliling

PMI Kota Sukabumi dikerahkan untuk melakukan patroli keliling memantau dampak gempa dengan magnitudo 5,8, Kamis (8/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

KPK Menahan Bupati Bangkalan dan 5 Tersangka Kasus Lelang Jabatan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan enam tersangka kasus dugaan suap lelang jabatan di Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

NEWS | 8 Desember 2022

Gempa Sukabumi, Ini Pengalaman Netizen

Gempa Sukabumi dan sekitarnya yang terjadi Kamis (8/12/2022) pagi 07.50 WIB terasa hingga Jakarta dan Bandar Lampung.

NEWS | 8 Desember 2022

Gempa M 5,8 Landa Kota Sukabumi, Belum Ada Laporan Kerusakan

Menurut BPBD Kota Sukabumi, hingga saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa yang melanda daerah itu, Kamis (6/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Bom Bunuh Diri, Jalan Depan Polsek Astana Anyar Sudah Dibuka

Ruas Jalan Astana Anyar yang berada di depan Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat, kembali bisa dilalui, usai bom bunuh diri, Rabu (7/12/2022) kemarin.

NEWS | 8 Desember 2022

Wakil Ketua DPR Minta Masyarakat Tidak Takut Lawan Terorisme

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta masyarakat bersatu untuk melawan terorisme, menyusul aksi teror bom bunuh diri yang terjadi di Bandung.

NEWS | 8 Desember 2022

Gempa Sukabumi Terasa hingga Jakarta dan Bandar Lampung

BMKG menyebut gempa berkekuatan magnitudo 5,8 di Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (/8/12/2022) pagi, terasa hingga Jakarta juga Bandar Lampung.

NEWS | 8 Desember 2022

BMKG: Gempa Sukabumi Akibat Deformasi Lempeng Indo-Australia

BMKG menyampaikan bahwa gempa berkekuatan magnitudo 5,8 di Sukabumi terjadi karena deformasi atau patahan batuan dalam Lempeng Indo-Australia.

NEWS | 8 Desember 2022

Gunung Semeru Masih Terus "Batuk-batuk" Setiap Hari

Gunung Semeru di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur masih terus "batuk-batuk" alias erupsi setiap hari.

NEWS | 8 Desember 2022

Menteri Agama Kutuk Keras Bom Bunuh Diri di Bandung

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengutuk keras aksi bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar, Kota Bandung.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pantau Dampak Gempa, PMI Kota Sukabumi Patroli Keliling

Pantau Dampak Gempa, PMI Kota Sukabumi Patroli Keliling

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE