Logo BeritaSatu

Tidak Akui Kesalahan di Kasus Asabri, Teddy Tjokro Divonis 12 Tahun Bui

Rabu, 3 Agustus 2022 | 20:28 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Majelis hakim Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat (Jakpus) menjatuhkan vonis terhadap terdakwa kasus korupsi PT Asabri, Teddy Tjokrosapoetro dengan 12 tahun bui. Dia dinyatakan secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan korupsi dan pencucian uang.

“Menjatuhkan pidana terdakwa tersebut dengan pidana penjara 12 tahun dan denda Rp 1 miliar dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama satu tahun,” kata hakim ketua IG Eko Purwanto saat persidangan di PN Jakpus, Jakarta, Rabu (3/8/2022).

Hal-hal yang memberatkan Direktur Utama PT Rimo International Lestari itu adalah tidak mengakui kesalahannya, korupsi yang dilakukan menimbulkan kerugian negara yang masif, tidak mendukung program pemerintah mewujudkan negara bersih dari KKN. Kemudian, perbuatannya menimbulkan rasa tidak percaya masyarakat terhadap aktivitas asuransi dan pasar modal.

Sementara hal yang meringankan, yakni Teddy belum pernah dihukum, kooperatif selama persidangan, serta merupakan tulang punggung keluarga. Terkait vonis tersebut, Teddy maupun jaksa menyatakan pikir-pikir. “Menjatuhkan pidana tambahan untuk membayar uang pengganti kepada negara sebesar Rp 20.832.107.126,” ungkap hakim.

Vonis ini lebih ringan dari tuntutan jaksa yang menghendaki Teddy divonis 18 tahun penjara serta denda Rp 5 miliar. Teddy didakwa merugikan keuangan negara sebesar Rp 22,7 triliun dalam kasus tersebut. Nilai kerugian keuangan negara tersebut berdasarkan laporan hasil pemeriksaan investigatif dalam rangka penghitungan kerugian negara oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Nomor: 07/LHP/XXI/05/2021 tanggal 17 Mei 2021.

“Pengelolaan investasi saham dan reksadana pada PT Asabri tahun 2012 sampai dengan 2019 telah merugikan keuangan negara cq PT Asabri sebesar Rp 22.788.566.482.083,” kata JPU saat membacakan surat dakwaan terhadap Teddy, Selasa (15/3/2022).

Perbuatan Teddy itu dilakukan bersama-sama dengan sejumlah pihak lainnya, salah satunya sang kakak, Komisaris PT Hanson Internasional Tbk, Benny Tjokrosaputro yang juga terdakwa perkara korupsi Asabri. Selain Benny, tindak pidana itu dilakukan Teddy bersama-sama dengan mantan Direktur Utama PT Asabri, Adam Damiri serta Sonny Widjaja; dan Direktur Keuangan PT Asabri periode 2012-2014, Bachtiar Effendi.

Selain itu, Direktur Investasi dan Keuangan PT Asabri 2014-2019, Hari Setianto; dan eks Kepala Divisi Investasi PT Asabri, Ilham Wardhana Bilang Siregar yang sudah wafat sebelum perkara ini disidangkan.

Dari total kerugian tersebut, terdapat kerugian dalam reksa dana pada manajer investasi PT Asia Raya Kapital dan PT Maybank Asset Management. Pengelolaannya dikendalikan oleh Benny Tjokrosaputro yang memiliki portofolio saham RIMO, NUSA dan POSA dengan total perolehan saham seluruhnya sebesar Rp 594.073.705.505.

“Telah memperkaya terdakwa dan orang lain yang di antaranya memperkaya Benny Tjokrosaputro, Jimmy Sutopo, dan terdakwa Teddy Tjokrosaputro sebesar Rp 6.087.917.120.561 dari dana investasi Asabri,” ungkap jaksa.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Anggota DPR Hillary Lasut Laporkan Komika Mamat Alkatiri

Polda Metro Jaya telah menerima laporan yang dibuat anggota DPR Fraksi Nasdem, Hillary Brigitta Lasut, Hillary Lasut melaporkan komika Mamat Alkatiri.

NEWS | 4 Oktober 2022

Prakiraan Cuaca, Ada 25 Titik Genangan di DKI Jakarta

Prakiraan cuaca di Ibu Kota DKI Jakarta pada hari ini bakal turun hujan di lima wilayah kota madya.

NEWS | 4 Oktober 2022

Dibanting Rizky Billar, Leher Lesti Kejora Alami Pergeseran

Lesti kejora mengalami pergeseran pada lehernya akibat ulah Rizky Billar yang mencekik dan membantingnya. Lesti pun memakai gips di lehernya.

NEWS | 4 Oktober 2022

Army Indonesia Galang Dana untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Dana yang telah dikumpulkan Army Indonesia untuk korban tragedi Kanjuruhan telah mencapai lebih dari Rp 400 juta.

NEWS | 4 Oktober 2022

Redam Inflasi, Pemda Diminta Pakai Anggaran Tak Terduga

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta pemerintah daerah (pemda) fokus menganggarkan penanganan dan pengendalian inflasi di daerah.

NEWS | 4 Oktober 2022

Catat, Mulai Hari Ini Transjakarta Berlakukan Tap In dan Tap Out

Transjakarta mulai memberlakukan kebijakan satu kartu untuk satu penumpang atau one passenger-one card, sehingga penumpang wajib melakukan tap in dan tap out.

NEWS | 4 Oktober 2022

KPK Duga Lukas Enembe Naik Pesawat Pribadi dengan Layanan First Class

KPK mendalami dugaan Gubernur Papua Lukas Enembe menggunakan private jet atau pesawat pribadi dengan layanan first class.

NEWS | 4 Oktober 2022

AHY Hormati Kedaulatan Partai Nasdem Usung Anies Capres

AHY menegaskan pihaknya menghormati kedaulatan Partai Nasdem yang sudah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres).

NEWS | 4 Oktober 2022

Penjelasan KPK soal Pertemuan dengan BPK Terkait Formula E

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan sudah melakukan koordinasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait penelusuran kasus Formula E.

NEWS | 4 Oktober 2022

Bercanda Soal KDRT Lesti Kejora, Deddy Corbuzier Dikritik Netizen

Pada konten Somasi, Deddy Corbuzier bersama komedian Uus mengangkat kasus KDRT yang dialami penyanyi Lesti Kejora dengan bercanda.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Anggota DPR Hillary Lasut Laporkan Komika Mamat Alkatiri

Anggota DPR Hillary Lasut Laporkan Komika Mamat Alkatiri

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings