Logo BeritaSatu

DPRD NTT: Tarif Masuk TN Komodo Kewenangan KLHK

Rabu, 3 Agustus 2022 | 21:15 WIB
Oleh : CAR

Kupang, Beritasatu.com - DPRD Nusa Tenggara Timur (NTT) mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Hal ini terkait penetapan tarif masuk kawasan wisata Pulau Komodo dan Pulau Padar. Pasalnya, tarif masuk ke dua lokasi wisata itu masih menjadi kewenangan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Kami berharap Pemprov NTT untuk segera melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat terhadap penetapan tarif baru masuk ke Pulau Komodo yang berlaku Rp 3,75 juta, karena sampai saat ini tarif lama yang ditetapkan pemerintah pusat itu masih berlaku, sehingga tidak ada tumpang-tindih dalam pemberlakuan tarif masuk ke Pulau Komodo,” kata Ketua DPRD NTT Emilia Nomleni, Rabu (3/8/2022).

Ia merespons tarif baru sebesar Rp 3,75 juta untuk masuk ke Pulau Komodo yang ditetapkan Pemprov NTT. Dia mengatakan Pemprov NTT perlu melakukan koordinasi dengan KLHK agar menjadi jelas tentang penetapan tarif masuk ke Pulau Komodo. Walaupun Pemprov NTT sudah menyebutkan porsi masing-masing pihak dari sumber pemasukan dari tarif masuk Pulau Komodo, tetapi harus dikoordinasikan dengan pemerintah pusat.

Menurutnya, Pemprov NTT juga perlu melibatkan masyarakat lokal dalam menetapkan tarif masuk ke Taman Nasional Komodo (TNK). Sebab, masyarakat di ujung Barat Pulau Flores itu merupakan pemilik TNK meskipun dikelola negara.

Dia mengatakan banyak pihak mempertanyakan kewenangan Pemprov NTT dalam menetapkan tarif masuk ke Pulau Komodo. Hal ini dikarenakan Taman Nasional Komodo merupakan kewenangan KLHK.

DPRD NTT mendukung penuh sosialisasi terhadap upaya pelestarian ekosistem di Pulau Komodo. Namun, hal yang perlu diperhatikan, yakni pelibatan masyarakat. Ditegaskan, pemilik Taman Nasional Komodo adalah masyarakat Manggarai Barat.

“Kita sepakat dilakukan konservasi, tentu banyak hal yang perlu dikerjakan, baik itu pembiayaan tetapi juga pembatasan-pembatasan dan itu harus terlindungi, konservasi itu mahal dan ada dampak positifnya bahwa kita melindungi ekosistem dan juga menjaga keseimbangan alam dan juga makanan dari hewan purba, meskipun Pulau Rinca dibuka dengan tarif lama dan masyarakat bisa beralih ke sana, tetapi kita tetap memikirkan fasilitas-fasilitas pendukung, seperti infrastruktur, keamanan, pendampingan wisatawan dari hewan purba yang juga sangat bahaya ini,” kata Emilia.

Emilia mengatakan regulasi mengenai tarif masuk ke Pulau Komodo dan Padar belum pernah dibicarakan dengan DPRD NTT, karena Taman Nasional Komodo dikelola oleh KLHK.

“Artinya Pemerintah Provinsi NTT dan Kabupaten Manggarai Barat tidak mempunyai kewenangan besar untuk menentukan tarif baru tersebut, karena itu Pemerintah Provinsi NTT harus berkoordinasi dengan KLHK yang mengelola TNK sehingga tarif yang ditetapkan ada payung hukum dan tidak terkesan bermain dengan aturan,” kata Emilia Nomleni.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tragis! Semangat Panitia Berujung pada Tragedi Kanjuruhan

Mahfud menuturkan pihak panitia sangat bersemangat, sehingga mengabaikan usulan pihak aparat, akibatnya terjadi tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Studi Baru Temukan Danau Terkubur di Kutub Selatan Planet Mars

Sebuah studi baru memperlihatkan, kemungkinan adanya sebuah danau terkubur di bawah es di kutub selatan Planet Mars.

NEWS | 2 Oktober 2022

Komnas HAM: Korban Tewas dalam Tragedi Kanjuruhan 153 Orang

Komnas HAM mengungkapkan, berdasarkan informasi yang diperoleh hingga Minggu  pagi ini, korban tewas dalam tragedi Kanjuruhan mencapai 153 orang.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Penyelenggara Dapat Dipidanakan

Tragedi Kanjuruhan, pihak penyelenggara bisa dipidanakan karena kelalaian menyebabkan tewasnya pihak lain.

NEWS | 2 Oktober 2022

Gaji dan Tunjangan Makan PMI di Hong Kong Resmi Naik

Per 1 Oktober 2022 resmi gaji minimum dan uang tunjangan PMI yang bekerja di Hong Kong mengalami kenaikan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Polri Turunkan Tim DVI ke Malang

Mabes Polri menurunkan Tim DVI ke Malang untuk mengusut tragedi di Stadion Kanjuruhan yang menewaskan 127 orang.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Mahfud MD Ungkap Panitia Abaikan Usulan Aparat

Mahfud MD mengungkapkan adanya faktor ulah panitia dalam Tragedi Kanjuruhan usai pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Sedia Payung, Cuaca Jakarta Bakal Hujan dari Pagi hingga Malam

Cuaca Jakarta pada hari ini Minggu (2/10/2022) akan diwarnai hujan yang turun hujan ringan hingga sedang seharian.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Mahfud Sebut Korban Tewas karena Terinjak-injak

Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan korban yang berjatuhan dalam traegid di Stadion Kanjuruhan, Malang, akibat para korban terinjak-injak.  

NEWS | 2 Oktober 2022

Usut Tragedi Kanjuruhan, Mabes Polri: Tim Sedang Bekerja

Mabes Polri sebut tim dari kepolisian, TNI, dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur sedang bekerja mengusut tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tragis! Semangat Panitia Berujung pada Tragedi Kanjuruhan

Tragis! Semangat Panitia Berujung pada Tragedi Kanjuruhan

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings