Logo BeritaSatu

Total Kasus Covid-19 di Korea Selatan Tembus 20 Juta

Kamis, 4 Agustus 2022 | 13:42 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Seoul, Beritasatu.com- Total kasus infeksi Covid-19 di Korea Selatan tembus 20 juta pada Rabu (3/8/2022). Seperti dilaporkan Xinhua, Korea Selatan mencatat 119.922 kasus Covid-19 baru selama 24 jam terakhir pada Selasa (2/8) tengah malam.

Menurut Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA), jumlah itu adalah angka harian tertinggi dalam 110 hari sejak pertengahan April di tengah penyebaran cepat subvarian baru Covid-19.

Beban kasus harian dibandingkan dengan 100.245 yang dihitung seminggu sebelumnya dan 76.372 dua minggu sebelumnya. Selama seminggu terakhir, jumlah rata-rata harian kasus yang dikonfirmasi adalah 86.520.

Total kasus Covid-19 mencapai 20.052.305. Angka itu mencapai 20 juta kurang dari lima bulan setelah melampaui 10 juta pada 23 Maret.

Kondisi ini telah menimbulkan kekhawatiran bahwa infeksi di antara orang tua meningkat tajam selama kebangkitan baru-baru ini. Pada pekan yang berakhir 30 Juli, jumlah orang yang terinfeksi berusia 60 atau lebih tua adalah 94.752, dibandingkan dengan 14.215 yang tercatat tiga minggu sebelumnya.

Jumlah orang yang terinfeksi yang berada dalam kondisi serius meningkat menjadi 284, dari 177 seminggu sebelumnya dan 96 dua minggu lalu.

Dari total kasus serius, 48,2 persen adalah orang berusia 80-an atau lebih, 23,6 persen berusia 70-an, dan 10,9 persen berusia 60-an.

Dua puluh enam kematian lagi dikonfirmasi dari pandemi, menjadikan jumlah kematian menjadi 25.110. Tingkat kematian total adalah 0,13 persen.

Komisaris KDCA Peck Kyong-ran mengatakan kepada komite parlemen pada hari Selasa bahwa otoritas kesehatan akan mempertimbangkan pengenalan kembali aturan jarak sosial hanya ketika tingkat kematian melonjak menjadi sekitar 0,8 persen atau akan kekurangan tempat tidur untuk orang yang terinfeksi.

Pemerintah sebelumnya telah mencabut semua tindakan anti-virus corona sejak 18 April, kecuali mandat masker dalam ruangan.

Presiden Yoon Suk-yeol mengatakan bulan lalu bahwa prinsip dasar anti-coronavirus pemerintahnya akan menjadi tanggapan "ilmiah", menekankan kemandirian dan tanggung jawab orang-orang biasa dalam menangani pandemi.

Untuk mengalihkan tanggung jawab memerangi pandemi kepada orang biasa, pemerintahnya mengurangi setengah jumlah orang yang dapat menerima subsidi pemerintah untuk biaya hidup ketika terinfeksi virus corona, memaksa orang yang terinfeksi untuk membayar tes virus dan perawatan di rumah sakit.

Pemerintah sebelumnya membayar semua tagihan medis dan menawarkan subsidi untuk orang yang terinfeksi sebagai bagian dari upaya untuk mendorong masyarakat untuk secara sukarela mengikuti tes dan ditempatkan di bawah karantina sendiri, untuk mengekang penyebaran virus.

Surat kabar lokal Dong-A Ilbo melaporkan bahwa ketidakpuasan meningkat atas keputusan pemerintah Yoon untuk menurunkan dukungan keuangan bagi orang yang terinfeksi, memperingatkan bahwa semakin banyak orang dapat pergi bekerja bahkan setelah dites positif Covid-19 dengan alat tes mandiri.

Dengan datangnya musim liburan musim panas, yang diperkirakan akan menyebabkan pergerakan besar orang, jumlah kasus Covid-19 dapat meningkat lebih lanjut dalam beberapa minggu mendatang.

Dalam penghitungan terbaru, jumlah kasus impor mencapai tertinggi harian baru 600, sehingga total menjadi 45.900.

Angka tersebut tetap dalam tiga digit sejak pemerintah Korea Selatan melonggarkan langkah-langkah anti-coronavirus yang menargetkan pengunjung asing ke negara itu pada 24 Juni.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Layanan RSUD dr Soewandie Lambat, Wali Kota Surabaya Ngamuk

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, marah dan ngamuk saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) pelayanan di RSUD dr Soewandie, Senin (28/11/2022) siang

NEWS | 29 November 2022

Buku Mantra dan Kemenyan Ditemukan di Rumah Keluarga Tewas di Kalideres

Buku mantra hingga kemenyan ditemukan polisi di rumah keluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat.

NEWS | 29 November 2022

Mayoritas Publik Puas dengan Kinerja Jokowi-Ma'ruf Amin

Hasil survei terbaru lembaga Charta Politika Indonesia menunjukkan mayoritas publik puas terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

NEWS | 29 November 2022

Keluarga Tewas di Kalideres Aktif Lakukan Sebuah Ritual

Salah satu korban satu keluarga tewas di Kalideres tersebut, yaitu Budiyanto aktif melakukan sebuah ritual.

NEWS | 29 November 2022

Kemenkes Sebut HIV Masih Jadi Masalah Kesehatan Global

Memperingati Hari AIDS Sedunia 2022, Kemenkes menyampaikan infeksi HIV AIDS masih menjadi masalah kesehatan global dan nasional.

NEWS | 29 November 2022

Elektabilitas Ganjar Pranowo Konsisten Naik

Hasil survei terbaru Charta Politika menunjukkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus menunjukkan tren positif untuk menghadapi Pilpres 2024.

NEWS | 29 November 2022

Soal Tambang Ilegal Kaltim, Kabareskrim Tantang Ferdy Sambo Buka BAP

Kabareskrim menanggapi pernyataan mantan Kadiv Propam Polri yang mengatakan bahwa Agus telah diperiksa terkait kasus tambang ilegal di Kalimantan Timur.

NEWS | 29 November 2022

Survei: Elektabilitas 32,6%, Ganjar Pranowo Jauh Ungguli Anies dan Prabowo

Ganjar Pranowo tetap memperoleh elektabilitas tertinggi sebesar 32,6% dibanding sembilan kandidat lainnya berdasarkan hasil survei Charta Politika.

NEWS | 29 November 2022

Sultan Brunei Sopiri PM Malaysia Anwar Ibrahim ke Putrajaya

Sultan Brunei Hassanal Bolkiah secara mengejutkan mengambil alih kemudi kendaraan dinas dan mengantar Perdana Menteri Anwar Ibrahim ke Seri Perdana, Putrajaya.

NEWS | 29 November 2022

Polisi Pastikan 1 Keluarga Tewas Di Kalideres Bukan Keracunan

Polda Metro Jaya memastikan satu keluarga yang ditemukan meninggal dunia di satu rumah di Kalideres, Jakarta Barat bukan disebabkan keracunan.

NEWS | 29 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menko Luhut <em>Happy,</em> Komitmen Belanja Produk Dalam Negeri Capai Rp 994 T

Menko Luhut Happy, Komitmen Belanja Produk Dalam Negeri Capai Rp 994 T

EKONOMI | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE