Logo BeritaSatu

Prof Wiku: Kepatuhan Protokol Kesehatan di Tengah Masyarakat Rendah

Kamis, 4 Agustus 2022 | 21:28 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / CLA

Jakarta, Beritasatu.com - Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito, menyatakan kepatuhan protokol kesehatan (prokes) di tengah masyarakat secara nasional ada kecenderungan rendah.

“Tampak ada kecenderungan sikap setengah disiplin dalam menjalankan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan), yaitu sikap hanya menjalankan satu aspek prokes saja dari tiga aspek yang seharusnya tidak terpisahkan,” kata Wiku pada konferensi pers terkait; “Perkembangan Penanganan Covid-19 di Indonesia,” secara daring, Kamis, (4/8/2022).

Rendahnya kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan ini terlihat dari laporan-laporan kepatuhan di daerah yang juga semakin menurun. Tercatat, hanya 17 dari 34 provinsi yang pada pekan terakhir, yaitu antara tanggal 25--31 Juli 2022, melaporkan kepatuhan protokol kesehatan.

Dikatakan Wiku, berdasarkan laporan dari 17 provinsi tersebut, ada kecenderungan kepatuhan memakai masker yang lebih rendah dibandingkan dengan kepatuhan menjaga jarak. Pasalnya, dari 17 provinsi yang melapor pada pekan terakhir, lebih dari 40% kelurahan/desa tidak patuh memakai masker, sedangkan hanya 20% kelurahan/ desa tidak patuh menjaga jarak.

Selanjutnya, Wiku juga mengungkapkan lima provinsi dengan kasus positif Covid-19 tertinggi, yakni DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Kalimantan Selatan, ternyata memiliki tingkat kepatuhan protokol kesehatan yang harus dievaluasi kembali.

“Salah satu yang terendah yaitu Provinsi Jawa Barat, hanya memiliki angka kepatuhan memakai masker dan menjaga jarak di bawah 20%,” ucapnya.

“Saya berharap ke depan baik masyarakat maupun aparat setempat, yang memiliki kewajiban mengawasi kedisiplinan protokol kesehatan, untuk sama-sama kembali membangun dan mengonsistenkan atmosfer kembali patuh, taat, dan tidak menyepelekan,” sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Wiku menegaskan pentingnya protokol kesehatan dan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Karena selain bisa menularkan orang lain, ketidakpatuhan terhadap PHBS juga berpotensi memiliki dampak jangka panjang atau long Covid-19 di kemudian hari.

“Perlu menjadi perhatian semua, beberapa penelitian sepakat bahwa jika kasus Covid-19 tidak terus ditekan, maka beban kesehatan masyarakat ke depannya akan semakin berat,” ujarnya.

Wiku menerangkan, bahwa beban kesehatan ini terjadi karena peningkatan jumlah kontrol medis lanjutan ke rumah sakit akibat gangguan kesehatan pascasembuh dari Covid-19. Adapun potensi tersebut akan lebih besar, jika sebelumnya pasien tersebut memiliki riwayat gangguan kesehatan mental.

"Jika kondisi ini tidak ditekan, maka akan berpotensi mengganggu kualitas hidup perseorangan,” ucapnya.

Untuk itu, Wiku menuturkan PHBS harus sebagai dasar kesehatan masyarakat jangka panjang. Gaya hidup PHBS ini budaya yang tidak mengenal batasan waktu, dan harus dijalankan dengan konsisten dan sempurna.

Menurutnya, kembali munculnya beberapa penyakit baru maupun yang sudah ada sebelumnya patut menjadi refleksi, pentingnya membudayakan PHBS dalam berbagai ragam aktivitas saat ini dan masa akan datang.

Dikatakan Wiku, negara yang kembali mengalami kenaikan kasus Covis-19 dipicu oleh pembebasan masker dan munculnya kembali gejala setelah sembuh.

Oleh karena itu, Wiku mendorong pemerintah untuk terus berupaya menyesuaikan berbagai kebijakan penanganan Covid-19, sehingga tetap adaptif. Baik dengan membaca data maupun observasi fakta dan menelaah studi ilmiah.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BMKG: Jakarta Berpeluang Diguyur Hujan hingga Selasa Malam

BMKG memperingatkan hujan deras disertai petir dan angin kencang berpeluang terjadi hingga Selasa (4/10/2022) malam.

NEWS | 4 Oktober 2022

Polda: Lesti Kejora Terbaring Lemah dengan Leher Digips

Lesti Kejora terbaring lemah dengan leher digips. Kondisi itu terlihat dari foto yang tersebar di media sosial. Foto itu saat Lesti dirawat di rumah sakit.

NEWS | 4 Oktober 2022

Jokowi Minta TGIPF Selesaikan Tragedi Kanjuruhan Kurang dari Sebulan

TGIPF tragedi Kanjuruhan diminta untuk menyelesaikan investigasi peristiwa yang memakan ratusan korban jiwa dalam waktu kurang satu bulan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Anggota DPR Hillary Lasut Laporkan Komika Mamat Alkatiri

Polda Metro Jaya telah menerima laporan yang dibuat anggota DPR Fraksi Nasdem, Hillary Brigitta Lasut, Hillary Lasut melaporkan komika Mamat Alkatiri.

NEWS | 4 Oktober 2022

Prakiraan Cuaca, Ada 25 Titik Genangan di DKI Jakarta

Prakiraan cuaca di Ibu Kota DKI Jakarta pada hari ini bakal turun hujan di lima wilayah kota madya.

NEWS | 4 Oktober 2022

Dibanting Rizky Billar, Leher Lesti Kejora Alami Pergeseran

Lesti kejora mengalami pergeseran pada lehernya akibat ulah Rizky Billar yang mencekik dan membantingnya. Lesti pun memakai gips di lehernya.

NEWS | 4 Oktober 2022

Army Indonesia Galang Dana untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Dana yang telah dikumpulkan Army Indonesia untuk korban tragedi Kanjuruhan telah mencapai lebih dari Rp 400 juta.

NEWS | 4 Oktober 2022

Redam Inflasi, Pemda Diminta Pakai Anggaran Tak Terduga

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta pemerintah daerah (pemda) fokus menganggarkan penanganan dan pengendalian inflasi di daerah.

NEWS | 4 Oktober 2022

Catat, Mulai Hari Ini Transjakarta Berlakukan Tap In dan Tap Out

Transjakarta mulai memberlakukan kebijakan satu kartu untuk satu penumpang atau one passenger-one card, sehingga penumpang wajib melakukan tap in dan tap out.

NEWS | 4 Oktober 2022

KPK Duga Lukas Enembe Naik Pesawat Pribadi dengan Layanan First Class

KPK mendalami dugaan Gubernur Papua Lukas Enembe menggunakan private jet atau pesawat pribadi dengan layanan first class.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BMKG: Jakarta Berpeluang Diguyur Hujan hingga Selasa Malam

BMKG: Jakarta Berpeluang Diguyur Hujan hingga Selasa Malam

NEWS | 23 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings