Logo BeritaSatu

Milad ke-22 Masyarakat Ekonomi Syariah, Erick: Terus Perkuat Industri Halal

Kamis, 4 Agustus 2022 | 22:36 WIB
Oleh : Claudia Ramadhani / CLA

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Erick Thohir mengatakan, MES terus menjalankan ikhtiar dalam memperkuat perannya untuk mengembangkan dan memperkuat perekonomian dan keuangan syariah di Bumi Indonesia. Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi yang besar terhadap perekonomian syariah serta ekosistem industri halal.

"Jangan sampai bangsa kita hanya menjadi market bagi negara lain, jangan sampai bangsa kita hanya jadi penonton. Inilah yang harus kita rajut dan perkuat," ujar Erick dalam Milad ke-22 Tahun Masyarakat Ekonomi Syariah.

Dengan market dan sumber daya yang besar, Erick bertekad menjadikan Indonesia sebagai pemain besar dalam industri halal dunia. Erick menyampaikan, selama ini, Indonesia bahkan tak masuk dalam sepuluh besar produsen industri halal dunia. Justru Indonesia menempati peringkat keempat sebagai negara dengan konsumsi produk halal dunia.

"Mau sampai kapan market kita hanya menjadi sumber bagi pertumbuhan ekonomi negara lain. 10 besar kita tidak masuk, malah yang masuk Brasil, Amerika Serikat (AS), bahkan Taiwan. Ini harus menjadi introspeksi kita bersama," ungkap Erick.

Erick menyebut hal ini selaras dengan tema ulang tahun Masyarakat Ekonomi Syariah ke-22, yakni akseleratif, kolaboratif, dan kontributif. Erick berkeyakinan, Masyarakat Ekonomi Syariah dapat membangun sistem ekonomi dan keuangan syariah yang inklusif, dan mampu menjadi pendorong bagi wirausaha-wirausaha muslim untuk menjadi muslimpreneur yang produktif, dan menjadi roda penggerak umat di Indonesia.

Untuk merealisasikan dan mengakselerasikan hal tersebut, MES bersama BUMN dan masyarakat harus bisa bergotong royong dan berkolaborasi, sehingga bisa bersama-sama memberikan manfaat dan kontribusi yang lebih besar lagi bagi bangsa. Dengan gotong royong, Erick optimistis umat yang mayoritas di negeri ini tidak hanya menjadi buih, melainkan sebagai ombak dalam ekonomi bagi seluruh masyarakat Indonesia.

"Tujuannya untuk mewujudkan Indonesia yang Maju, Makmur, dan Mendunia. Sekali lagi, saya ucapkan selamat ulang tahun ke-22 untuk Masyarakat Ekonomi Syariah (MES)," kata Erick menambahkan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tanggap Darurat Bencana di Lumajang Diperpanjang 2 Pekan

Masa tanggap darurat bencana, erupsi Gunung Semeru, di Kabupaten Lumajang, diperpanjang hingga empat belas hari ke depan.

NEWS | 5 Desember 2022

Hakim Cecar Ricky Rizal: Sudah Membunuh, Mau Disuruh Mencuri

Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan mencecar Ricky Rizal terkait kesaksian mengenai 2 rekening atas namanya dan rekening Brigadir J.

NEWS | 5 Desember 2022

Cegah Penyalahgunaan, Pakar: Awasi Distribusi Fentanyl

Guna mencegah penyalahgunaan Fentanyl, Dicky Budiman meminta pemerintah memperhatikan distribusi obat tersebut.

NEWS | 5 Desember 2022

Infografik Kasus Covid-19 pada 28 November sampai 4 Desember

Infografik kasus Covid-19 pada 28 November sampai 4 Desember 2022 berdasarkan data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

NEWS | 5 Desember 2022

Kuasa Hukum Bharada E: Keterangan Ricky Rizal Cuma Benar 30%

Kuasa hukum Bharada E, Ronny Talapessy menilai, kesaksian Ricky Rizal banyak yang tidak sesuai, hanya benar 30%.

NEWS | 5 Desember 2022

Meski Ditolak Masyarakat, RUU KUHP Bakal Tetap Disahkan

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menegaskan RUU KUHP segera disahkan dalam waktu dekat, meski sebagian masyarakat masih menolak RUU tersebut. 

NEWS | 5 Desember 2022

Menkumham: Jika Tidak Setuju KUHP Baru, Silakan Gugat ke MK

Menkumham Yasonna Laoly mengimbau pihak yang protes dengan RUU KUHP untuk menggugat ke MK setelah RUU KUHP disahkan. 

NEWS | 5 Desember 2022

Ini Profil Erina Gudono, Calon Istri Kaesang Pangarep

Erina Gudono belakangan jadi pembicaraan lantaran menjadi calon istri putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep.

NEWS | 5 Desember 2022

Pemkab Pati Tetapkan Tanggap Darurat Bencana Selama 2 Pekan

Pemkab Pati menetapkan status tanggap darurat bencana selama 2 pekan menyusul terjadinya bencana alam di wilayah tersebut.

NEWS | 5 Desember 2022

RUU KUHP Disahkan Besok, Yasonna: Sudah Akomodasi Aspirasi Masyarakat

Menkumham Yasonna H Laoly menegaskan Rancangan Undang-Undang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RUU KUHP) telah mengakomodasi aspirasi masyarakat. 

NEWS | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tanggap Darurat Bencana di Lumajang Diperpanjang 2 Pekan

Tanggap Darurat Bencana di Lumajang Diperpanjang 2 Pekan

NEWS | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE