Logo BeritaSatu

KPK Cecar Bendahara DPC Demokrat soal Aliran Uang ke Bupati PPU

Jumat, 5 Agustus 2022 | 11:19 WIB
Oleh : Fana F Suparman / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencecar Bendahara DPC Partai Demokrat Kota Balikpapan, Nur Afifah Balqis soal aliran uang ke Bupati nonaktif Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Mas'ud. Uang itu diduga dipergunakan untuk kepentingan pribadi Abdul Gafur Mas'ud.

Pendalaman mengenai aliran uang ke Abdul Gafur Mas'ud dilakukan tim penyidik KPK saat memeriksa Nur Afifah Balqis, Kamis (4/8/2022). Nur Afifah diperiksa sebagai saksi kasus dugaan penyalahgunaan wewenang pada penyertaan modal di BUMD di Kabupaten Penajam Paser Utara tahun 2019 hingga 2021 yang menjerat Abdul Gafur Mas'ud.

Selain Nur Afifah, tim penyidik juga memeriksa Direktur PT Transwisata Prima Aviation, Rustam Suhanda terkait kasus ini. Rustam juga dicecar tim penyidik KPK mengenai aliran uang ke Abdul Gafur Mas'ud.

"Kedua saksi hadir dan dikonfirmasi antara lain terkait dugaan penggunaan aliran sejumlah uang oleh AGM (Abdul Gafur Mas'ud) yang diduga untuk keperluan pribadi," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat (5/8/2022).

Diketahui, KPK sedang mengusut kasus dugaan penyalahgunaan wewenang terkait penyertaan modal di BUMD di Kabupaten Penajam Paser Utara oleh Bupati nonaktif Penajam Paser Utara (PPU), Abdul Gafur Mas'ud. Penyidikan kasus ini merupakan pengembangan dari kasus dugaan suap yang menjerat Abdul Gafur sebelumnya.

"Dugaan tindak pidana tersebut berupa penyalahgunaan wewenang pada penyertaan modal di Perusahaan Umum Daerah di Kabupaten Penajam Paser Utara tahun 2019 sampai dengan 2021," kata Ali dalam keterangannya, Senin (1/8/2022).

Ali menekankan pihaknya bakal segera mengumumkan para tersangka, uraian dugaan pidana, hingga pasal-pasal yang disangkakan. Hal-hal tersebut bakal diumumkan KPK ke publik saat penyidikan dinilai sudah cukup.

Abdul Gafur saat ini sedang menjalani persidangan perkara dugaan suap proyek dan perizinan di Kabupaten PPU.

Abdul Gafur didakwa menerima suap Rp 5,7 miliar terkait proyek dan perizinan di Kabupaten PPU. Suap itu diterima Abdul Gafur yang juga ketua DPC Partai Demokrat Balikpapan melalui sejumlah orang kepercayaannya dari berbagai perusahaan dan kontraktor.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Penasihat Hukum: Saksi Aditya Cahya Pelapor Atau Timsus?

Penasihat hukum Arif Rachman mempertanyakan keberadaan saksi Kompol Aditya Cahya, apakah bertindak sebagai pelapor atau sebagai Timsus di Dittipidsiber.

NEWS | 26 November 2022

Update Gempa Cianjur: 318 Jiwa Orang Meninggal Dunia

Jumlah korban meninggal akibat gempa Cianjur, hingga hari ini, Sabtu (26/11/2022) pukul 17.00 WIB terus bertambah menjadi 318 orang.

NEWS | 26 November 2022

Segera Dibuka, Intibios Hang Tuah Hadirkan Layanan Kesehatan Satu Atap

Intibios Hang Tuah yang akan segera beroperasi memberikan layanan kesehatan satu atap yaitu laboratorium, klinik sekaligus farmasi di satu tempat.

NEWS | 26 November 2022

Enggartiasto: Intibios Utamakan Experience Layanan Kesehatan

Enggartiasto Lukita menyatakan bahwa layanan kesehatan Intibios ingin memberikan pengalaman pelayanan kesehatan yang berbeda kepada masyarakat.

NEWS | 26 November 2022

Kendarai Motor, Mahasiswa UMM Jatuh dari Jembatan Setinggi 25 Meter

Mahasiswa UMM Irfaan Hafids Akbar jatuh dari atas jembatan Soekarno Hatta, Kota Malang. Korban jatuh dari ketinggian 25 meter.

NEWS | 26 November 2022

Antar Bantuan Korban Gempa Cianjur, BNPB Gunakan Motor

BNPB menggunakan sepeda motor untuk mengantarkan bantuan bagi korban gempa Cianjur yang berada di daerah yang susah dijangkau.

NEWS | 26 November 2022

Jokowi Tegaskan Reputasi Global Indonesia Patut Dijaga

Presiden Jokowi mengatakan reputasi global yang diraih Indonesia saat ini patut dijaga keberlanjutannya oleh kepemimpinan berikutnya.

NEWS | 26 November 2022

Guru Diminta Ciptakan Lingkungan Belajar Menyenangkan

Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim mengajak guru berinovasi menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan.

NEWS | 26 November 2022

Warga Rembang Bergerak Membantu Korban Gempa Cianjur

Masyarakat di Rembang terus bergerak membantu para korban gempa Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Mereka dengan menggalang bantuan di jalan protokol di Rembang.

NEWS | 26 November 2022

BPKH Menyerahkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menyerahkan bantuan kemaslahatan senilai Rp 2,2 miliar untuk para korban gempa Cianjur.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hujan, Publik Soundrenaline Antusias Tonton Plain White T's

Hujan, Publik Soundrenaline Antusias Tonton Plain White T's

LIFESTYLE | 14 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE