Logo BeritaSatu

Ferdy Sambo Dimutasi Jadi Pati Yanma Polri, Apa Tugasnya?

Jumat, 5 Agustus 2022 | 11:09 WIB
Oleh : Stefani Wijaya / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Buntut kasus kematian Brigadir Nopryansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Kapolri Jenderal Sigit Prabowo, memutasi 10 anggotanya termasuk Irjen Ferdy Sambo.

Mutasi jabatan tersebut tertuang dalam TR 1628/VIII/KEP/2022/ 4 Agustus 2022. Berdasarkan keputusan Kapolri ini, Irjen Ferdy Sambo yang merupakan Kadiv Propam Polri digeser menjadi Pati Yanma Polri.

Advertisement

Sebenarnya, apa itu Yanma Polri?

Pelayanan Markas Kepolisian Negara Republik Indonesia (Yanma Polri) merupakan unsur pelayanan yang bertugas menyelenggarakan fungsi pembinaan dan pelayanan umum dan urusan dalam di lingkungan Mabes Polri, khususnya menyangkut fasilitas Markas.

Yanma Polri berada pada tingkat Mabes Polri dan berada di bawah Kapolri. Sedangkan Pada tingkat Kepolisan Daerah disebut Yanma Polda.

Pimpinan Yanma Polri disebut Kayanma dan dijabat oleh Perwira Menengah berpangkat Komisaris Besar Polisi. Kayanma Polri saat ini dijabat oleh Kombes Pol Hari Nugroho.

Dalam melaksanakan tugasnya, Yanma Polri menyelenggarakan fungsi. Sebagai berikut:

1. Pemberian bimbingan dan arahan teknis pelaksanaan pelayanan markas atau kantor kepada penyelenggara urusan dalam pada semua Satker di lingkungan kepolisian.

2. Memberikan pembinaan, pengadministrasian, perencanaan program dan anggaran, pelayanan tata usaha dan materiil di lingkungan Yanma Polri serta pengaturan perumahan di lingkungan Polri.

3. Pelayanan markas yang bersifat umum.

4. Pelayanan angkutan personel.

5. Pemeliharaan dan perbaikan sarana angkutan.

6. Pemeliharaan fasilitas umum perkantoran.

7. Pembinaan Korps musik Polri.

Yanma kerap dianggap sebagai tempat mutasi perwira yang terlibat masalah atau kasus. Jenderal polisi lain yang pernah dimutasi ke Yanma salah satunya Brigjen Prasetijo Utomo.

Prasetijo yang saat itu menjabat sebagai Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim Mabes Polri dicopot dan dimutasi ke Yanma Polri. Ia terbukti menandatangani surat jalan untuk buronan kasus cessie Bank Bali, Djoko Tjandra.

Irjen Ferdy Sambo dicopot dari jabatan Kadiv Propam Polri mulai malam ini, Kamis (4/8/2022), oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Perihal Irjen Ferdy Sambo dicopot dari jabatannya tertuang dalam telegram rahasia (TR) 1628/VIII/KEP/2022/ 4 Agustus 2022. Dalam TR itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga memutasi sejumlah perwira polisi lainnya setelah Ferdy Sambo dicopot dari jabatannya.

"Irjen Pol Ferdy Sambo, Kadiv Propam Polri dimutasikan sebagai Pati Yanma Polri," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan.

Kemudian, jabatan Kadiv Propam Polri tersebut saat ini diduduki oleh Wakil Kepala Bareskrim Polri, Irjen Syahardiantono.

Sebelumnya, Sigit mengatakan bahwa ia telah mengeluarkan TR khusus untuk memutasi sejumlah pejabat Polri, termasuk Irjen Ferdy Sambo yang dicopot dari jabatannya.

"Malam hari ini saya keluarkan TR khusus untuk memutasi dan tentunya harapan saya proses penanganan tindak pidana terkait meninggalnya Brigadir Yosua ke depan akan berjalan baik," tutur Sigit.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Senin, Komnas HAM Tinjau TKP Tewasnya Brigadir J

Komnas HAM menargetkan laporan kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J diselesaikan dalam dua minggu.

NEWS | 13 Agustus 2022

Deolipa: Bharada E Dijanjikan Uang oleh Ferdy Sambo

Pengacara Deolipa Yumara menyebut, ada sejumlah uang yang dijanjikan Ferdy Sambo kepada mantan kliennya Richard Eliezer atau Bharada E.

NEWS | 13 Agustus 2022

Partai Pelita Ungkap Mayoritas Internalnya Generasi Muda

Partai Pelita menjadi salah satu yang mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini, Sabtu (13/8/2022), sebagai calon peserta Pemilu 2024.

NEWS | 13 Agustus 2022

3 Laporan Terkait Kasus Brigadir J, 2 Telah Dihentikan

Sejak kejadian kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J ada tiga laporan polisi yang ditangani oleh Bareskrim Polri.

NEWS | 13 Agustus 2022

BMKG: 27 Titik Panas Terpantau Berada di Sumatera Utara

BMKG menyatakan terdapat 27 titik panas atau hotspot di sejumlah wilayah di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) pada Sabtu (13/8/2022).

NEWS | 13 Agustus 2022

Kasus Harian Covid-19 di Korsel Turun Tiga Hari Berturut-turut

Kasus harian Covid-19 Korea Selatan (Korsel) turun selama tiga berturut-turut pada Sabtu (13/8/2022).

NEWS | 13 Agustus 2022

BMKG Komitmen Tingkatkan Keselamatan Nelayan Lewat SLCN

Melalui Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN), BMKG berupaya meningkatkan pemahaman dan pengetahuan nelayan terhadap informasi cuaca maritim.

NEWS | 13 Agustus 2022

Orang Terakhir Terinfeksi Sembuh, Ghana Klaim Bebas Virus Marburg

Ghana mengumumkan, tidak ada kasus aktif virus Marburg yang mirip Ebola setelah orang terakhir yang terinfeksi dinyatakan sembuh.

NEWS | 13 Agustus 2022

Soal Kuasa Bharada E, Deolipa Klaim Ada Intervensi Jenderal

Advokat Deolipa Yumara mengklaim bahwa hak kuasa hukumnya selaku pengacara Bharada E dicabut akibat intervensi seorang jenderal petinggi di Bareskrim.

NEWS | 13 Agustus 2022

Deolipa: Tanda Tangan Surat Pemecatan Dipalsukan

Mantan kuasa hukum Bharada E, Deolipa Yumara ada kejanggalan di balik pemecatan dirinya, salah satunya adalah bukti tanda tangan dalam surat pemecatan.

NEWS | 13 Agustus 2022


TAG POPULER

# OTT Bupati Pemalang


# Brigadir J


# Bharada E


# Putri Candrawathi


# Prabowo Subianto


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Messi Tak Masuk Nominasi Ballon d'Or, Ini Penyebabnya

Messi Tak Masuk Nominasi Ballon d'Or, Ini Penyebabnya

BOLA | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings