Logo BeritaSatu

Pemkab Tangerang Sulap Pesisir Jadi Objek Ekowisata Aquaculture

Jumat, 5 Agustus 2022 | 13:52 WIB
Oleh : Agnes Valentina Christa, Bernadus Wijayaka / DAS

Jakarta, Beritasatu.com – Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Tangerang berhasil menyulap kawasan pesisir Ketapang, Kecamatan Mauk, menjadi permukiman yang tertata rapi dan kawasan konservasi mangrove sekaligus ekowisata atau wisata berwawasan lingkungan.

Keberhasilan penataan dan pembangunan di kawasan yang dinamakan ekowisata Ketapang Aquaculture di mana terdapat konservasi mangrove itu bakal menjadi salah satu tempat kunjungan peserta Partnership in Environmental Management for the Seas of East Asia (PEMSEA) Network of Local Government (PNLG) Meeting Summit 2022.

Pemkab Tangerang Sulap Pesisir Jadi Objek Ekowisata Aquaculture
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar (kiri) memberikan kenang-kenangan kepada CEO BeritaSatu Media Holdings (BSMH) Rio Abdurachman (kedua kiri), disaksikan Excecutive Chairman BSMH Enggartiasto Lukita (kedua kanan), dan Direktur Pemberitaan BSMH Primus Dorimulu, di kantor BeritaSatu di Jakarta, Kamis, 4 Agustus 2022.

PEMSEA merupakan kemitraan dalam pengelolaan lingkungan hidup untuk Asia Timur yang bertujuan untuk mendorong dan mempertahankan kesehatan laut, pantai, masyarakat, dan perekonomian di sekitar kawasan.

Anggota kemitraan ini mencapai 53 kota dari 12 negara. Jakarta termasuk salah satunya.

“Kami berharap konsep penataan di Ketapang Aquaculture ini bisa menjadi pilot project dari 12 negara yang mengikuti PEMSEA Meeting Summit 2022, dan juga penataan pesisir di Indonesia,” kata Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar di Kantor Redaksi Berita Satu Media Holding, Kamis (4/8/2022).

Pemkab Tangerang Sulap Pesisir Jadi Objek Ekowisata Aquaculture
Penataan Kawasan pesisir Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.

Pemkab Tangerang adalah tuan rumah ajang PEMSEA Meeting Summit 2022 yang pada tahun ini bertema Strengthening Coastal Resilience towards Sustainable Local Blue Economies. Pertemuan tersebut akan digelar pada 25-29 Oktober 2022. Bupati Ahmed Zaki Iskandar adalah Wakil Presiden PEMSEA.

Menjadi salah satu lokasi kunjungan tamu-tamu asing, kawasan Ketapang Aquaculture memiliki perbedaan signifikan sebelum dan sesudah penataan. Yang menarik, penataan di Ketapang, Mauk, ini bukan hanya berupa pembangunan fisik melainkan juga lingkungan beserta daya dukung ekonomi demi keberlanjutan kawasan.

“Selain membangun kawasan desa nelayan, infrastruktur di sekitar kawasan, menata rumah-rumah, kami juga membangun pusat usaha, pujasera, tempat pelelangan ikan, pasar ikan, dan konversi mangrove yang saat ini menjadi highlight penting," kata Ahmed Zaki Iskandar yang sudah dua periode menjabat bupati.

Pemkab Tangerang Sulap Pesisir Jadi Objek Ekowisata Aquaculture
Penataan Kawasan pesisir Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.

Ditambahkan, saat kebanyakan tempat hanya fokus di penataan kawasan Pemkab Tangerang bisa menjangkau faktor ekonomi dan lingkungan hidup di kawasan tersebut

Menurut Zaki, Pemkab Tangerang berhasil menanam mangrove di kawasan tersebut. Saat ini, terdapat 16 jenis tanaman mangrove yang telah berhasil dikembangkan di Ketapang Aquaculture.

Jenis-jenis mangrove tersebut antara lain, Xylocarpus granatum, Bruguiera gymnoriza, Bruguiera cylindrica, Rhizopora mucronata, Rhizopora apiculate, Rizophora stilosa, Ceriop tagal, dan Sonneratia alba.

Penanamannya dimulai sejak 2016 dan sudah ada ribuan tanaman mangrove yang hidup.

Pemkab Tangerang Sulap Pesisir Jadi Objek Ekowisata Aquaculture
Penataan Kawasan pesisir Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.

Lebih jauh dia menuturkan, tanaman mangrove multiguna. Semua bisa dimanfaatkan, mulai dari batang hingga buahnya dapat diolah menjadi beragam produk.

Hal itu menunjukkan bahwa konservasi mangrove yang dilakukan tidak hanya membantu meningkatkan kualitas lingkungan hidup di sekitar pesisir, tetapi juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi bagi masyarakat lokal.

Dikatakan, seluruh kegiatan pemanfaat hutan mangrove di Ketapang Aquaculture hampir semuanya dilakukan oleh masyarakat sekitar pesisir. Hal ini terjadi karena adanya kerja sama PEMSEA dan Pemkab Tangerang dalam mengikutsertakan dan memberikan pelatihan UMKM bagi warga setempat.

Pemkab Tangerang Sulap Pesisir Jadi Objek Ekowisata Aquaculture
Kawasan pesisir Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.

Dia juga menambahkan, hutan mangrove tidak hanya dimanfaatkan untuk diolah menjadi berbagai produk, tetapi juga menjadi tempat hidup kepiting mangrove.

“Ini menjadi nilai tambah bagi para nelayan dan warga setempat dalam meningkatkan kegiatan perekonomian di Ketapang Aquaculture,” katanya.

Mangrove membuat kualitas air laut dari sungai yang semula kotor dan kurang layak sebagai tempat hidup dan berkembangbiak ikan dan udang, saat ini sudah membaik.

Setelah ada mangrove, produksi ikan dan udang di Ketapang Aquaculture menjadi meningkat. Sekali panen bisa mencapai 1,2 ton, dan dalam setahun bisa dilakukan sebanyak 3 kali panen.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jokowi Gelar Rapat untuk Matangkan Persiapan KTT G-20

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan rapat untuk mematangkan persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20.

NEWS | 3 Oktober 2022

Anies Capres, Ridwan Kamil Ucapkan Selamat sebagai Sahabat

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan ucapan selamat kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres yang diusung Partai Nasdem.

NEWS | 3 Oktober 2022

DPR Pilih 9 Komisioner Komnas HAM, Ini Daftarnya

Komisi III DPR telah memilih sembilan komisioner Komnas HAM periode 2022-2027, Senin (3/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Usut Tragedi Kanjuruhan, Itsus dan Propam Periksa 18 Polisi

Inspektorat Khusus (Itsus) dan Divisi Propam Polri memeriksa 18 anggota Polri berkaitan dengan tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Polri Dalami Penggunaan Gas Air Mata

Polri saat ini tengah mendalami penerapan prosedur tetap (protap) pengunaan gas air mata untuk membubarkan massa di Stadion Kanjuruhan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Andika Akan Sanksi Pidana Oknum Prajurit TNI yang Diduga Tendang Suporter

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menegaskan oknum prajurit TNI yang diduga menendang suporter dalam tragedi Kanjuruhan, bakal disanksi pidana.

NEWS | 3 Oktober 2022

Eksepsi Ditolak, Sidang Korupsi Rp 86,5 Triliun Surya Darmadi Dilanjutkan

Eksepsi atau keberatan bos PT Duta Palma Group Surya Darmadi alias Apeng ditolak oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat.

NEWS | 3 Oktober 2022

Evaluasi Total Tragedi Kanjuruhan, Mahfud Minta Menpora Panggil PSSI

Menko Polhukam Mahfud MD meminta Menpora Zainudin Amali untuk segera memanggil Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

NEWS | 3 Oktober 2022

Elektabilitas Puan Meningkat, Serangan Buzzer Tak Berpengaruh

Elektabilitas Puan Maharani berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia, terus meningkat.

NEWS | 3 Oktober 2022

Surya Paloh Beri Otoritas Penuh kepada Anies Tentukan Cawapres

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh memberikan otoritas penuh kepada Anies Baswedan untuk memilih sendiri calon wakil presiden (cawapres).

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi Gelar Rapat untuk Matangkan Persiapan KTT G-20

Jokowi Gelar Rapat untuk Matangkan Persiapan KTT G-20

NEWS | 51 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings