Logo BeritaSatu

IDI: Belum Ada Konfirmasi Kasus Cacar Monyet di Indonesia

Jumat, 5 Agustus 2022 | 16:57 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Hingga saat ini belum ada kasus konfirmasi pasien yang terinfeksi cacar monyet atau monkeypox di Indonesia. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Satgas Monkeypox atau Cacar Monyet Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dr Hanny Nilasari/

“Sampai hari ini ternyata belum ada kasus yang terkonfirmasi di Indonesia. Alhamdulilah sekali,” kata Hanny pada acara konferensi pers daring terkait “ Monkeypox atau Cacar monyet” pada Jumat, (5/8/2022).

Hanny menuturkan, hingga saat ini kasus yang terduga atau suspek cacar monyet yang sedang dirawat masih menunggu hasil laboratorium untuk pemeriksaan hasil tes usap polymerase chain reaction (PCR) guna memastikan cacar monyet atau bukan. Sebab, bisa saja itu hanya cacar biasa atau penyakit lain, bukan monkeypox.

Kendati demikian, Hanny menuturkan adanya temuan suspek ini untuk meningkatkan kesadaran semua pihak. Dengan begitu, jika ada kasus, tentu akan lebih cepat ditemukan melalui kontak tracing, sehingga angka kematian karena cacar monyet ini 0-16% bisa tertangani dengan baik.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengkonfirmasi menemukan satu kasus suspek cacar monyet yakni seorang warga di Jawa Tengah (Jateng). Saat ini, pasien yang diduga terinfeksi virus monkeypoxitu sedang menjalani perawatan di salah satu rumah sakit swasta.

"Ya baru suspek. Seorang laki-laki usia 55 tahun dan bukan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN), suspek monkeypox, dan saat ini dirawat isolasi di rumah sakit swasta di Jawa Tengah untuk perawatan dan untuk pemeriksaan lanjut untuk memastikan cacar monyet atau bukan," ujar Juru Bicara Kemenkes, dr Mohammad Syahril, ketika dikonfirmasi Beritasatu.com, Rabu (3/8/2022).

Menurutnya, pasien tersebut akan menjalani tes usap polymerase chain reaction (PCR) guna memastikan cacar monyet atau bukan. Sebab, bisa saja itu hanya cacar biasa atau penyakit lain, bukan monkeypox.

"Jadi kita tunggu saja, ya kelanjutannya," ucap dr Syahril.

Amerika Serikat (AS) pada Kamis (4/8/2022) menyatakan wabah cacar monyet sebagai darurat kesehatan masyarakat. Seperti dilaporkan RT, pengumuman itu dibuat selang dua minggu setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meningkatkan klasifikasi virusnya.

Menteri Kesehatan Xavier Becerra mengumumkan deklarasi tersebut saat briefing kepada wartawan bahwa Gedung Putih. Dia mendesak "setiap orang Amerika untuk menganggap serius cacar monyet."



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bangun Rumah Relokasi Korban Gempa Cianjur, PUPR Galang Dana CSR

Kementerian PUPR menggalang dana corporate social responsibility (CSR) untuk membangun rumah relokasi tahan gempa bagi warga korban Gempa Cianjur.

NEWS | 6 Desember 2022

Menkes Ingatkan Orang Tua Pentingnya Imunisasi Polio

Menkes mengingatkan kepada orang tua mengenai pentingnya imunisasi polio guna mencegah terjadinya lumpuh kayu terhadap anak.

NEWS | 6 Desember 2022

Ruko Bekas Holywings Tanjung Duren Jakbar Kebakaran

Ruko bekas Holywings Tanjung Duren, Jakbar, kebakaran. Eks Holywings itu kini berganti nama menjadi Helens.

NEWS | 5 Desember 2022

Sabtu Menikah, Ini Prosesi Perkawinan Kaesang-Erina

Sejumlah rangkaian acara jelang acara akad nikah akan dijalani Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono dengan rangkaian tradisi pernikahan adat Jawa.

NEWS | 5 Desember 2022

Ricky Tak Dengar Ferdy Sambo Perintahkan Tembak Brigadir J, Bharada E: Terserah

Bharada E menyatakan terserah saat merespons Ricky Rizal yang menyatakan tidak dengar perintah Ferdy Sambo untuk menembak Brigadir J.

NEWS | 5 Desember 2022

Ricky Rizal Jelaskan Kronologi Penembakan Brigadir J

Ricky Rizal, menjelaskan kronologi penembakan Brigadir J berdasarkan sudut pandangnya saat menjalani sidang di PN Jaksel.

NEWS | 5 Desember 2022

Polisi Temukan Penyebab Kematian Satu Keluarga Tewas

Penyidik bersama tim gabungan ahli kedokteran forensik hingga laboratorium forensik telah mengetahui penyebab kematian satu keluarga di Kalideres tersebut.

NEWS | 5 Desember 2022

Jokowi Ungkap Kaesang Tengah Jalani Pingitan

Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa putra bungsunya, Kaesang Pangarep tengah menjalani masa pingitan jelang pernikahannya dengan Erina Gudono

NEWS | 5 Desember 2022

Tersangka Net89 Diduga Kabur, Bareskrim Terbitkan Red Notice

Bareskrim Polri telah menerbitkan red notice terhadap dua tersangka kasus robot trading Net89.

NEWS | 5 Desember 2022

Sidang Ferdy Sambo, Kuat Ma’ruf Sapa Pengunjung dengan Gaya Saranghaeyo

Kuat Ma’ruf, terdakwa kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J, menyapa pengunjung dengan gaya saranghaeyo.

NEWS | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ruko Bekas Holywings Tanjung Duren Jakbar Kebakaran

Ruko Bekas Holywings Tanjung Duren Jakbar Kebakaran

NEWS | 30 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE