Logo BeritaSatu

Diminta Sampaikan Visi, Airlangga: Saya Masih Dibatasi sebagai Menko

Jumat, 5 Agustus 2022 | 18:26 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FFS

Jakarta, Beritasatu.com – Dalam acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 Forum Pemred, ketua umum partai politik yang hadir diminta untuk menyampaikan visinya mengenai Indonesia ke depan. Menanggapi permintaan itu, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengaku tidak bisa menyampaikan visinya sebagai ketua umum partai politik, karena masih dibatasi dengann jabatannya sebagai Menteri Koordinator bidang Perekonomian Kabinet Indonesia Maju.

“Izinkan saya untuk tidak menjawab pertanyaan pak moderator, karena saya hadir di sini sengaja masih dibatasi sebagai Menko Perekonomian. Karena jadwal dari KPU belum keluar. Ini di luar jadwal resmi dari KPU,” kata Airlangga Hartarto dalam acara tersebut yang digelar di Hotel Raffles, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (5/8/2022).

Kemudian, Airlangga Hartarto menyampaikan beberapa hal. Terkait situasi hari ini, Airlangga mengutip pernyataan filsuf Jose Ortega yang mengatakan, "we don't know what is happening". Pernyataan Jose Ortega ini dinilai relevan dengan kondisi yang dialami Indonesia dan negara-negara lain di dunia hari ini.

“Jangankan kita bicara jangka panjang, kita belum tahu apa yang terjadi dalam waktu dekat. Kita menghadapi dunia yang sering disebut sebagai the perfect storm, yaitu 5C, Covid-19 belum selesai, conflict Ukraina-Rusia, melebar ke Taiwan di Laut Tiongkok Timur, kemudian kita bicara climate change yang membuat juga nanti situasi tambah tidak menentu dan kita bisa bicara commodity price. Kemudian juga kita bicara mengenai cost of living atau inflation,” papar Airlangga Hartarto.

Terbukti, lanjutnya, sebuah negara seperti Amerika Serikat bisa gamang menghadapi "gempa tektonik" ini. Dapat dilihat ekonomi Amerika Serikat minus 0,9% pada kuartal kedua 2022.

“Jadi apa yang dikhawatirkan stagflasi, technically terjadi di Amerika. Apa yang terjadi di Tiongkok? kita lihat pertumbuhan ekonominya untuk pertama kali di bawah 1%. Geopolitik menjadi yang real,” ujar Airlangga Hartarto.

Indonesia, menurut Airlangga, diminta untuk menangani dampak perang. Bukan perang secara langsung, tetapi dampak ekonomi.

“Oleh karena itu kita harus bersiap, namun alhamdulillah tadi pagi diumumkan oleh BPS pertumbuhan ekonomi kita extraordinary 5,44%,” terang Airlangga Hartarto



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ketua MA Sebut Kasus Hakim Sudrajad Dimyati Momentum Perbaiki Kinerja Peradilan

Ketua Mahkamah Agung (MA), M Syarifuddin menyatakan kasus Sudrajad Dimyati yang dijerat KPK menjadi momentum untuk memperbaiki kinerja peradilan.

NEWS | 30 September 2022

Alasan Bawaslu Hentikan Laporan Dugaan Pelanggaran Kampanye Anies Baswedan

Anggota Bawaslu Puadi mengungkapkan alasan pihaknya menghentikan laporan dugaan pelanggaran kampanye Anies Baswedan terkait tabloid KBA Newspaper.

NEWS | 30 September 2022

KPK Ungkap Ada Pihak yang Bangun Opini agarLukas Enembe Hindari Pemeriksaan

KPK mengungkapkan adanya pihak yang membangun opini agar Gubernur Papua, Lukas Enembe menghindari pemeriksaan sebagai tersangka. 

NEWS | 30 September 2022

Fadel Muhammad Akhirnya Laporkan La Nyalla ke Badan Kehormatan DPD

Wakil Ketua MPR dari unsur Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Fadel Muhammad akhirnya melaporkan Ketua DPD La Nyalla Mahmud Mattalliti ke BK DPD.

NEWS | 30 September 2022

TPDI Minta KPK Tidak Intimidasi Pengacara Lukas Enembe

Koordinator TPDI Petrus Selestinus meminta KPK tidak mengintimidasi pengacara Gubernur Papua Lukas Enembe, Roy Rening dkk saat menyampaikan pembelaan terhadap kliennya.

NEWS | 30 September 2022

13.809 Mahasiswa Jalani Pendidikan Profesi Guru di 72 LPTK

Kemendikbudristek menyerahkan 13.809 mahasiswa program Pendidikan Profesi Guru (PPG) ke 72 Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

NEWS | 30 September 2022

Lantik 3 Anggota MRP, Wamendagri: Jangan Terjebak Dinamika Politik Praktis

Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo melantik tiga anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) sisa masa jabatan 2017-2022.

NEWS | 30 September 2022

Legislator: RUU Sisdiknas Tak Ikuti Peta Jalan Pendidikan

Syaiful Huda menuturkan bahwa RUU Sisdiknas dibuat tidak berdasarkan peta jalan pendidikan nasional.

NEWS | 30 September 2022

Pemuka Gereja Kingmi Papua Minta Lukas Enembe Jujur ke KPK

Pemuka gereja Kingmi, Yones Wenda meminta Gubernur Papua Lukas Enembe untuk jujur kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

NEWS | 30 September 2022

Moeldoko: Pemerintah Akselerasi Reformasi Fundamental Sektor Kesehatan

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko menegaskan pemerintah sedang mengakselerasi reformasi besar-besaran di sektor kesehatan, terutama di daerah.

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ketua MA Sebut Kasus Hakim Sudrajad Dimyati Momentum Perbaiki Kinerja Peradilan

Ketua MA Sebut Kasus Hakim Sudrajad Dimyati Momentum Perbaiki Kinerja Peradilan

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings