Logo BeritaSatu

Man City dan Liverpool Kembali Bersaing di Liga Inggris?

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 09:16 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / AB

London, Beritasatu.com – Kompetisi sepak bola Liga Inggris atau Premier League musim 2022/2023 segera dimulai. Perebutan gelar juara dan juga posisi tiga terbawah (terdegradasi) menjadi sisi menarik dari kompetisi yang disebut-sebut paling ketat di dunia ini.

Masih teringat persaingan ketat perebutan gelar juara di musim lalu yang bisa dibilang berakhir dramatis. Manchester City dan Liverpool harus menuntaskan persaingan untuk menjadi juara hingga laga terakhir. "The Citizens" julukan Manchester City meraih gelar juara Liga Inggris 2021/2022 setelah melalui comeback dramatis melawan Aston Villa di Stadion Etihad, Minggu (22/5/2022) waktu setempat. Kemenangan 3-2 atas Villa membuat Manchester City berhasil meraih 93 poin dari 38 pertandingan di Liga Inggris musim ini.

Advertisement

Mereka hanya unggul satu poin dibanding Liverpool yang menang 3-1 atas Wolverhampton Wanderers pada saat yang sama. Peringkat ketiga ditempati Chelsea dengan margin 18 poin dari pimpinan klsaemen.

Lalu, ada Tottenham Hotspur di peringkat keempat sekaligus mengamankan tiket terakhir di Liga Champions, diikuti Arsenal di peringkat kelima dan Manchester United tercecer di peringkat keenam.

Rivalitas Manchester City dan Liverpool sepertinya akan berlanjut di musim baru 2022/2023. City dan Liverpool telah membuat perubahan pada squad mereka selama musim panas. City mendatangkan Erling Haaland dari Borussia Dortmund untuk menambah kekuatan serangan. Musim lalu, lini serang City sudah mumpuni dengan mencetak 99 gol.

Untuk memberi ruang bagi Haaland, Raheem Sterling pergi ke Chelsea dan Gabriel Jesus bergabung dengan Arsenal. Ini menunjukkan seberapa besar kepercayaan yang dimiliki Pep Guardiola terhadap squad-nya, sehingga bersedia melepas dua pemain ke rival.

Man City dan Liverpool Kembali Bersaing di Liga Inggris?
Grafis transfer musim panas Manchester City.

Jika ada yang akan menghentikan "Citizens" untuk memenangi gelar kelima dalam enam tahun, kemungkinan paling besar berada pada kubu Liverpool. Pasukan Juergen Klopp tak henti mengejar pemimpin klasemen selama minggu-minggu terakhir musim lalu. Liverpool menang dalam 15 dari 17 pertandingan terakhir mereka.

Sayangnya, mereka harus puas sebagai runner up dan memenangi dua piala domestik sebelum Real Madrid mengalahkan mereka 1-0 di final Liga Champions di Paris.

Darwin Nunez telah bergabung dengan harga awal £64 juta dari Benfica untuk menebus kepergian Sadio Mane ke Bayern Muenchen. Belum lagi kehadiran pemain muda potensial Fabio Carvalho yang menawarkan Klopp opsi serangan baru setelah didatangkan dari Fulham. Lini serang Liverpool yang diisi Mohamed Salah, Luis Diaz, ditambah Darwin Nunez dan Carvalho kian menebar ancaman buat pertahanan lawan, termasuk City.

Lanjutan rivalitas keduanya sudah dimulai di Community Shield. Hasilnya, Liverpool menuntaskan pembalasan dengan meraih kemenangan 3-1 di Stadion King Power, Leicester, Sabtu (30/7/2022), sekaligus berhak mengangkat trofi Community Shield ke-16 mereka.

Meski kalah, pelatih City, Pep Guardiola mengaku kepercayaan dirinya untuk bisa bersaing di Premier League tidak menurun.

“Tidak ada alasan untuk tidak percaya diri,” ujar Guardiola.

Man City dan Liverpool Kembali Bersaing di Liga Inggris?
Pelatih Manchester City Pep Guardiola mencium trofi Liga Inggris.

Juru taktik asal Spanyol itu meyakini bahwa para pemainnya selama ini selalu menunjukkan level kompetitif, baik dalam Liga Premier, piala-piala domestik, maupun kompetisi Eropa.

“Saya tidak tahu apa yang terjadi sepanjang musim nanti, tetapi saya mengenal para pemain. Tak sedetik pun keraguan tebersit,” katanya.

“Beberapa hari lalu kami bermain melawan Bayern Muenchen dan tampil sangat baik, dan melawan Liverpool kami juga melakukan hal-hal baik. Saya pikir kami tidak terlalu jauh,” kata Guardiola.

Man City dan Liverpool Kembali Bersaing di Liga Inggris?
Grafis transfer musim panas Liverpool.

Legenda Inggris, Alan Shearer juga memprediksi musim 2022/2023 masih akan menjadi milik Manchester City atau Liverpool.

“Piala Dunia yang digelar pada musim dingin berarti ini akan menjadi musim Liga Inggris yang tiada duanya, tetapi satu hal akan tetap sama, yakni Manchester City dan Liverpool masih akan bersaing untuk gelar juara,” tutur Shearer.

“Ketika saya melihat kelompok tim yang berada tepat di bawah mereka, Tottenham dan Arsenal telah meningkat pesat, tetapi saya masih berpikir itu belum cukup bagi salah satu dari mereka untuk memberikan tantangan,” lanjutnya.

Menurut Shearer, ada kesenjangan antara dua tim teratas dan yang lainnya, bukan hanya karena kualitas, juga karena keyakinan dan dorongan tanpa henti untuk sukses yang berasal dari pelatih.

“City mengincar hat-trick gelar. Itu adalah pencapaian yang hanya bisa dicapai Manchester United di era Liga Premier, yang memberi tahu Anda betapa sulitnya itu, tetapi itu ada dalam pandangan Pep sekarang," kata Shearer.

Selain itu, kompetisi musim ini juga akan menghadirkan tiga tim promosi. Mereka adalah Fulham, Nottingham Forest, dan Bournemouth.

Fulham hanya butuh semusim untuk comeback ke Premier League atau terakhir kali tampil di divisi teratas pada musim 2020/2021. Sementara Bournemouth membutuhkan waktu dua musim untuk kembali ke Premier League.

Sedangkan bagi Forest, keberhasilan promosi ini merupakan penantian panjang setelah 23 tahun lamanya. Forest promosi setelah memenangi final playoff Divisi Championship dengan mengalahkan Huddersfield Town 1-0 di Stadion Wembley, Minggu (29/5/2022) malam WIB.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Senin, LPSK Tentukan Status Istri Irjen Ferdy Sambo

Keputusan LPSK terhadap permohonan perlindungan istri mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi akan ditentukan pada Senin, 15 Agustus 2022.

NEWS | 13 Agustus 2022

Senin, Komnas HAM Tinjau TKP Tewasnya Brigadir J

Komnas HAM menargetkan laporan kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J diselesaikan dalam dua minggu.

NEWS | 13 Agustus 2022

Deolipa: Bharada E Dijanjikan Uang oleh Ferdy Sambo

Pengacara Deolipa Yumara menyebut, ada sejumlah uang yang dijanjikan Ferdy Sambo kepada mantan kliennya Richard Eliezer atau Bharada E.

NEWS | 13 Agustus 2022

Partai Pelita Ungkap Mayoritas Internalnya Generasi Muda

Partai Pelita menjadi salah satu yang mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini, Sabtu (13/8/2022), sebagai calon peserta Pemilu 2024.

NEWS | 13 Agustus 2022

3 Laporan Terkait Kasus Brigadir J, 2 Telah Dihentikan

Sejak kejadian kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J ada tiga laporan polisi yang ditangani oleh Bareskrim Polri.

NEWS | 13 Agustus 2022

BMKG: 27 Titik Panas Terpantau Berada di Sumatera Utara

BMKG menyatakan terdapat 27 titik panas atau hotspot di sejumlah wilayah di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) pada Sabtu (13/8/2022).

NEWS | 13 Agustus 2022

Kasus Harian Covid-19 di Korsel Turun Tiga Hari Berturut-turut

Kasus harian Covid-19 Korea Selatan (Korsel) turun selama tiga berturut-turut pada Sabtu (13/8/2022).

NEWS | 13 Agustus 2022

BMKG Komitmen Tingkatkan Keselamatan Nelayan Lewat SLCN

Melalui Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN), BMKG berupaya meningkatkan pemahaman dan pengetahuan nelayan terhadap informasi cuaca maritim.

NEWS | 13 Agustus 2022

Orang Terakhir Terinfeksi Sembuh, Ghana Klaim Bebas Virus Marburg

Ghana mengumumkan, tidak ada kasus aktif virus Marburg yang mirip Ebola setelah orang terakhir yang terinfeksi dinyatakan sembuh.

NEWS | 13 Agustus 2022

Soal Kuasa Bharada E, Deolipa Klaim Ada Intervensi Jenderal

Advokat Deolipa Yumara mengklaim bahwa hak kuasa hukumnya selaku pengacara Bharada E dicabut akibat intervensi seorang jenderal petinggi di Bareskrim.

NEWS | 13 Agustus 2022


TAG POPULER

# OTT Bupati Pemalang


# Brigadir J


# Bharada E


# Putri Candrawathi


# Prabowo Subianto


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Messi Tak Masuk Nominasi Ballon d'Or, Ini Penyebabnya

Messi Tak Masuk Nominasi Ballon d'Or, Ini Penyebabnya

BOLA | 2 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings