Logo BeritaSatu

Cristiano Ronaldo, Solusi atau Problem Manchester United?

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 12:03 WIB
Oleh : Jaja Suteja / AB

Jakarta, Beritasatu.com - Cristiano Ronaldo menjadi nama yang paling kencang disebut dalam bursa transfer menjelang musim baru dimulai. Pemain asal Portugal ini masih terdaftar sebagai anggota squad Manchester United (MU), tetapi statusnya masih meragukan.

Semua berawal dari sikap Cristiano Ronaldo yang mengaku ingin hengkang dari klub yang bermarkas di Old Trafford itu. Alasannya, Manchester United tidak tampil di Liga Champions karena hanya bertengger di posisi keenam kompetisi Premier League 2021/22.

Advertisement

Keengganan Cristiano Ronaldo membela "Setan Merah" sudah dimulai dengan absennya dalam persiapan pramusim. Meski demikian, MU menegaskan kalau Ronaldo akan membela "Setan Merah" di musim ini. Saat itu, MU menyebut Ronaldo absen karena masalah keluarga.

“Cristiano Ronaldo tidak akan menjadi bagian dari Manchester United yang dijadwalkan berangkat untuk tur pramusim kami di Thailand dan Australia pada Jumat. Dia telah diberikan waktu istirahat tambahan untuk menangani masalah keluarga," ujar Manchester United dalam pernyataannya.

Cristiano Ronaldo, Solusi atau Problem Manchester United?
Cristiano Ronaldo bersama rekannya, Harry Maguire.

Kabar ini pun langsung disambut munculnya bahwa rumor beberapa klub yang bisa menjadi pelabuhan Cristiano Ronaldo berikutnya. Klub-klub tersebut tentu bukan tim sembarangan. Nama klub top, seperti Paris Saint-Germain, Chelsea, Bayern Muenchen, bahkan dua klub musuh bebuyutan Ronaldo saat masih memperkuat Real Madrid, yakni Atletico Madrid dan Barcelona ikut disebut-sebut. Namun satu per satu menyatakan penolakannya menerima pemain berusia 37 tahun itu.

Cristiano Ronaldo dikabarkan telah ditawari ke Paris Saint-Germain (PSG), tetapi klub ibu kota Prancis itu menolaknya. Alasannya, PSG tak mau lagi memiliki pemain dengan gaji tinggi.

Sosok yang memiliki ide menawarkan Cristiano Ronaldo ke PSG adalah Jorge Mendes, agen pemain asal yang pernah membela Sporting Lisbon itu. Jorge Mendes mengenal baik Presiden PSG Nasser Al Khelaifi dan penasihat olahraga baru klub, Luis Campos. Namun, menurut media Le Parisien, PSG telah memutuskan untuk menolak Cristiano Ronaldo. Alasannya dalam kondisi saat ini dia tidak akan mendapat tempat di tim.

Kedatangan Cristiano Ronaldo berarti membangun tim di sekelilingnya, tetapi klub telah memutuskan bahwa kunci utama dari rekonstruksinya adalah Kylian Mbappe yang kontraknya baru saja diperbarui. Apalagi, Mbappe baru berusia 23 tahun, sementara Cristiano Ronaldo sudah 37 tahun.

Alasan lainnya adalah masalah keuangan klub juara bertahan Ligue 1 tersebut. Biaya dan gaji striker mantan penyerang Real Madrid itu akan menjadi penghalang, mengingat keuangan PSG telah diperiksa setelah beberapa tuduhan melanggar aturan financial fair play UEFA.

Klub Paris itu juga sudah mengeluarkan dana yang sangat besar untuk perpanjangan kontrak Mbappe. Selain itu PSG juga harus mengeluarkan gaji tinggi untuk bintang lain, seperti Lionel Messi dan Neymar. Beberapa pemain lain juga harus digaji dengan dana yang tidak kecil.

Selain itu, Al Khelaifi mengatakan kepada pers selama presentasi pelatih baru Christopher Galtier bahwa klub sedang mencari komitmen olahraga yang lebih kuat dan menurut Le Parisien, Ronaldo tidak cocok dengan ide baru ini.

Penolakan terhadap Ronaldo juga diungkapkan Bayern Muenchen. Alasannya? Dia dianggap tidak cocok dengan filosofi dengan tim yang bermarkas di Allianz Arena.

CEO Bayern Muenchen, Oliver Kahn, menyatakan merekrut pemain berusia 37 tahun itu tidak "sesuai dengan filosofi kami".

"Setinggi saya menilai Cristiano Ronaldo sebagai salah satu yang terbesar, transfer tak akan sesuai dengan filosofi kami," katanya kepada majalah Jerman, Kicker.

Chelsea yang semula dianggap sebagai klub paling potensial mendapatkan Ronaldo juga kemudian menyatakan tak tertarik lagi terhadap penyerang yang mencetak 18 gol di Premier League musim lalu itu.

Pelatih Thomas Tuchel mengatakan sejauh ini klub sudah senang dengan penandatanganan Raheem Sterling sebagai pemain depan mereka. Menurut Tuchel saat ini yang menjadi fokus adalah memperkuat pertahanan dengan mendatangkan pemain belakang. Dengan demikia, tidak ada lagi rencana Chelsea merekrut pemain depan.

Kabar yang menyebutkan Atletico Madrid menginginkan Cristiano Ronaldo juga dibantah presiden klub tersebut. Selain itu, Ronaldo juga bukan figur yang populer di kalangan suporter Atletico Madrid, terlebih dia pernah membela rival sekota Real Madrid, selama sembilan musim.

Selain itu, Atletico Madrid kini tidak dalam posisi secara finansial untuk merealisasikan proses transfer Cristiano Ronaldo dan memilih untuk mendapatkan pemain yang lebih realistis.

Isu Cristiano Ronaldo akan hengkang ke Atletico sempat kembali merebak setelah pasangan Cristiano Ronaldo, Georgina Rodriguez, mem-follow akun Instagram Carla Pereyra, yang tak lain adalah istri dari pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone. Tindakan sederhana ini telah memicu desas-desus tentang kemungkinan kedatangan Cristiano Ronaldo di Estadio Wanda Metropolitano, markas Atletico.

Namun penolakan terhadap kemungkinan kedatangan Ronaldo kian keras. Sekelompok pendukung Atletico Madrid telah meminta klub ini menyampingkan perekrutan Cristiano Ronaldo dengan menyebut mantan pemain depan Real Madrid itu "antitesis" dari nilai-nilai Atletico.

"Berkaitan dengan kemungkinan perekrutan Ronaldo, jika itu lebih dari sekadar rumor tanpa dasar, kami menyatakan penolakan mutlak kami atas hipotesis dia bergabung dengan klub kita," bunyi pernyataan Persatuan Penggemar Internasional Atletico (Union Internacional de Peñas Atletico de Madrid) seperti dikutip laman ESPN.

Supoter menilai Cristiano Ronaldo adalah antitesis dari nilai-nilai yang menjadi ciri khas Atletico, seperti upaya, kemurahan hati, kesederhanaan dan kerendahan hati. Bahkan, mereka menilai kondisi seorang pemain dengan grafik yang sedang menurun tajam seperti Cristiano Ronaldo tidak bisa menjamin Atletico mendapatkan trofi.

"Kami tetap tak mau menerimanya. Perasaan menjadi bagian dari Atletico tidak ada dalam dirinya dan karena itu dia tidak akan pernah bisa mendapatkan pengakuan dari kami. Untuk itu, kami meminta klub menolak kemungkinan merekrutnya," demikian pernyataan itu.

Sekelompok suporter Atletico mengangkat spanduk menentang perekrutan Ronaldo, termasuk spanduk bertuliskan "CR7 Tidak Diterima" saat pertandingan persahabatan pramusim pertama tim melawan Numancia di Burgo de Osma pada Rabu, 27 Juli 2022.


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Surat Kabar Korservatif Iran Puji Penikam Salman Rushdie

Surat kabar ultra-konservatif Iran Kayhan pada hari Sabtu (13/8/2022) memuji pria yang menikam penulis Inggris Salman Rushdie.

NEWS | 13 Agustus 2022

Senin, LPSK Tentukan Status Istri Irjen Ferdy Sambo

Keputusan LPSK terhadap permohonan perlindungan istri mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi akan ditentukan pada Senin, 15 Agustus 2022.

NEWS | 13 Agustus 2022

Senin, Komnas HAM Tinjau TKP Tewasnya Brigadir J

Komnas HAM menargetkan laporan kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J diselesaikan dalam dua minggu.

NEWS | 13 Agustus 2022

Deolipa: Bharada E Dijanjikan Uang oleh Ferdy Sambo

Pengacara Deolipa Yumara menyebut, ada sejumlah uang yang dijanjikan Ferdy Sambo kepada mantan kliennya Richard Eliezer atau Bharada E.

NEWS | 13 Agustus 2022

Partai Pelita Ungkap Mayoritas Internalnya Generasi Muda

Partai Pelita menjadi salah satu yang mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini, Sabtu (13/8/2022), sebagai calon peserta Pemilu 2024.

NEWS | 13 Agustus 2022

3 Laporan Terkait Kasus Brigadir J, 2 Telah Dihentikan

Sejak kejadian kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J ada tiga laporan polisi yang ditangani oleh Bareskrim Polri.

NEWS | 13 Agustus 2022

BMKG: 27 Titik Panas Terpantau Berada di Sumatera Utara

BMKG menyatakan terdapat 27 titik panas atau hotspot di sejumlah wilayah di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) pada Sabtu (13/8/2022).

NEWS | 13 Agustus 2022

Kasus Harian Covid-19 di Korsel Turun Tiga Hari Berturut-turut

Kasus harian Covid-19 Korea Selatan (Korsel) turun selama tiga berturut-turut pada Sabtu (13/8/2022).

NEWS | 13 Agustus 2022

BMKG Komitmen Tingkatkan Keselamatan Nelayan Lewat SLCN

Melalui Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN), BMKG berupaya meningkatkan pemahaman dan pengetahuan nelayan terhadap informasi cuaca maritim.

NEWS | 13 Agustus 2022

Orang Terakhir Terinfeksi Sembuh, Ghana Klaim Bebas Virus Marburg

Ghana mengumumkan, tidak ada kasus aktif virus Marburg yang mirip Ebola setelah orang terakhir yang terinfeksi dinyatakan sembuh.

NEWS | 13 Agustus 2022


TAG POPULER

# OTT Bupati Pemalang


# Brigadir J


# Bharada E


# Putri Candrawathi


# Prabowo Subianto


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Deolipa: Saya Akan Laporkan Ronny Talapessy ke Peradi

Deolipa: Saya Akan Laporkan Ronny Talapessy ke Peradi

NEWS | 2 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings