Logo BeritaSatu

Agung Laksono: Japnas Harus Ikut Tingkatkan Nilai Tambah Ekspor Indonesia

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 15:48 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Dewan Pertimbangan Presiden 2019-2024, Agung Laksono, meminta Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) turut meningkatkan nilai tambah ekspor Indonesia.

Indonesia terkenal sebagai negara yang kaya dengan sumber daya alam. Dan sudah sejak jaman dahulu kala Indonesia menjadi negara yang dilirik dunia sebagai negara pengekspor beragam komoditi yang dibutuhkan dunia.

Advertisement

Namun begitu, sebagian besar komoditi yang diekspor masih berupa bahan mentah. Padahal produk jadi memiliki nilai lebih dibandingkan barang mentah ketika diekspor.

Karenanya, Agung Laksono, mengatakan bahwa sudah waktunya ekonomi Indonesia memiliki nilai tambah yang tinggi. Salah satunya dengan mempercepat transformasi ekonomi Indonesia dari kebiasaan mengekspor barang mentah menjadi barang jadi.

"Kita harus merubah pola sistem untuk tidak lagi mengekspor bahan mentah tetapi barang jadi," ujar Agung Laksono saat menerima audiensi para Pengurus Pusat Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) di Jakarta, Sabtu (6/8/2022).

Lebih lanjut kata Agung, terkait Japnas, diharapkan wadah para pengusaha ini turut mempercepat terciptanya peningkatan pengusaha Indonesia baik secara kualitatif dan kuantitatif.

"Japnas harus bisa berbuat banyak untuk negeri ini, karena Indonesia kaya akan sumber daya alam," imbuh Agung Laksono yang juga mengapresiasi tema dan tagline Munas Japnas yaitu "Bangkit Bersinergi".

Dalam kesempatan itu Ketua Umum Japnas Bayu Djokosoetono didampingi Ketua Harian Japnas Widiyanto Saputro menyampaikan terkait Munas Japnas yang akan digelar pada 25 Agustus 2022 mendatang serta sejumlah langkah yang telah dilakukan Japnas.

"Pada tahun 2019 Japnas melakukan business matching dengan dengan pengusaha dari berbagai negara di Asia Tenggara dan berhasil mencatat capaian MoU Rp 3,2 triliun," beber Bayu. Bayu menjelaskan juga bahwa Japnas adalah organisasi di bawah Kadin yang telah berdiri sejak tahun 2015.

"Japnas sudah ada di 20 provinsi dan akan segera berkembang ke seluruh provinsi," ujar Bayu didampingi juga jajaran pengurus pusat lainnya di antaranya Boncau Fakkari Maza, Ritchie, Dukut, Benyamin Prayogo, dan Rizky Diansyah

Agung Laksono pun menyatakan kesediaannya untuk hadir di acara pembukaan Munas tanggal 25 Agustus 2022 nanti. Agung berharap Japnas segera melengkapi provinsi yang belum terbentuk pengurus wilayah dalam waktu dekat Agung juga mengusulkan kehadiran perwakilan wilayah di Munas nanti untuk provinsi yang belum terbentuk pengurus wilayah.

Ditambahkan juga oleh Ketua Harian Japnas Widiyanto Saputro bahwa fokus organisasi ini mengusung kebersamaan dan sinergi.

"Dan akan menjadi pasar yang bagus kalau mendapat akses dari pemerintah untuk eksekusi program pemerintah di lapangan," kata Widiyanto.

Di kesempatan yang sama, Boncau Fakkari Maza menyampaikan sejumlah program acara yang akan digelar dalam Munas nanti termasuk Japnas Economic Table Talk dengan tema Akselerasi Ekonomi Indonesia untuk menghadapi resesi global,

"Dalam kesempatan table talk itu, dari sejumlah aspirasi kawan-kawan di daerah ingin ada unsur pemerintah untuk bisa menjadi pembicara dalam talkshow tersebut," terang Boncau.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BRIN: Pandemi Covid-19 Jadi Pembelajaran Perkuat Riset

Pandemi Covid-19 menjadi pembelajaran berharga untuk pengembangan riset mulai dari sumber daya manusia (SDM) yakni tim periset hingga infrastruktur.

NEWS | 11 Agustus 2022

TNI Perlu Bangun Sistem Pertahanan Udara yang Andal

TNI perlu membangun pertahanan udara yang modern, andal, dan dapat menghadapi berbagai perkembangan ancaman udara pada masa mendatang.

NEWS | 11 Agustus 2022

Anggota Diperiksa dalam Kasus Brigadir J, Polda Metro Angkat Bicara

Polda Metro Jaya angkat bicara terkait anggotanya yang diperiksa dalam kasus meninggalnya Brigadir J. Anggota itu diperiksa terkait dugaan pelanggaran etik.

NEWS | 11 Agustus 2022

Diburu KPK dan Kejagung, Surya Darmadi Dicegah ke Luar Negeri

Bos PT Duta Palma Group, Surya Darmadi alias Apeng yang merupakan buronan KPK dan Kejagung dicegah ke luar negeri oleh Ditjen Imigrasi Kemenkumham.

NEWS | 11 Agustus 2022

BRIN: Vaksin Merah Putih untuk Booster dan Vaksinasi Anak

BRIN menyatakan vaksin Merah Putih yang sedang dikembangkan dengan platform protein rekombinan untuk vaksinasi booster Covid-19 dan vaksin anak usia 0-5 tahun.

NEWS | 11 Agustus 2022

AKP Rita Yuliana Masih Berdinas di Polda Metro Jaya

AKP Rita Yuliana, seorang polwan cantik yang viral di media sosial, sampai saat ini masih berdinas di Polda Metro Jaya.

NEWS | 11 Agustus 2022

Anggota TNI AU Jadi Otak Pembunuhan Bendahara KONI Kayong Utara

Anggota TNI AU menjadi otak pembunuhan Bendahara KONI Kayong Utara, Ahmad Nurcholys yang jasadnya ditemukan terikat di Kabupaten Bogor.  

NEWS | 11 Agustus 2022

Beredar Bambang Widjojanto Ditangkap, Polri: Tidak Ada

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo membantah adanya penangkapan mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto

NEWS | 11 Agustus 2022

Ajudan Ferdy Sambo Bripka Martius Marey, Ini Sosoknya

Mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo saat ini memiliki tujuh ajudan yang berasal dari berbagai satuan Polri.

NEWS | 11 Agustus 2022

Update Covid-19: Kasus Positif Hari Ini Capai 5.532

Update Covid-19, kasus positif harian Covid-19 di Indonesia Kamis (11/8/2022) ini, masih di bawah angka 6.000, yakni sebanyak 5.532. 

NEWS | 11 Agustus 2022


TAG POPULER

# Puan Maharani


# Pohon Koka


# Brigadir J


# Ferdy Sambo


# Mahfud MD


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Terungkap, Motif Pembunuhan yang Diotaki Oknum TNI AU

Terungkap, Motif Pembunuhan yang Diotaki Oknum TNI AU

NEWS | 14 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings