Logo BeritaSatu

Ridwan Kamil Ungkap 3 Syarat Capai Indonesia Emas 2045

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 16:33 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan tiga syarat yang harus dipenuhi Indonesia untuk mencapai Indonesia Emas pada 2045. Pertama, kata Ridwan Kamil, masyarakat Indonesia harus bersatu dan tidak boleh bertengkar hanya karena perbedaan sikap, pilihan politik atau perbedaan lainnya.

"Satu jangan bertengkar urusan sepak bola, pilpres, urusan beda baju, dan sebagainya. Ini negara kebanyakan bertengkar di dalam dapur, urusannya sendiri sehingga tidak punya waktu untuk mengejar negara-negara yang sudah maju," ujar Ridwan Kamil di acara HUT ke-10 Forum Pemred, di Hotel Raffles Jakarta, Jumat (5/8/2022).

Kedua, kata Ridwan Kamil, Indonesia harus memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, berkarakter dan berkompetitif. Untuk itu, katanya, perlu ada upaya-upaya masif untuk mencegah stunting yang bisa menjadi masalah bagi lahirnya SDM yang berkualitas.

"Kita masih banyak stunting, 25 persen anak-anak kita masih stunting. Jika tidak diatasi, stunting pada tahun 20245 akan melahirkan generasi yang jadi beban negara," tegasnya.

Ketiga, lanjut Ridwan Kamil, Indonesia perlu fokus pada ekonomi masa depan. Menurutnya, langkah-langkah untuk meningkatkan ekonomi Indonesia perlu diperkuat, seperti hilirisasi industri yang dilakukan pemerintah saat ini untuk mengurangi ekspor bahan mentah.

"Jangan lagi ekspor-ekspor bahan-bahan mentah, 4 tahun lalu cuma Rp 15 triliun, gara-gara Pak Jokowi hilirisasi sekarang Rp 280 triliun, itu keren," jelas dia.

Selain itu, kata Ridwan Kamil, Indonesia perlu terus mengembangkan ekonomi digital. Menurut dia, ekonomi digital merupakan ekonomi masa depan dan menjanjikan mengingatkan perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat.

"Lalu ekonomi hijau semua sekarang seperti di Skandinavia dikasih subsidi beli mobil listrik, mereka 2035 sudah tidak ada mobil bensin BBM lagi, kita harus mulai. Kenapa? Karena Allah sudah berikan berkah panas, air, angin, mulai dari 450.000 megawatt dari EBT dan 300 juta penduduk, Indonesia hanya sanggup menghabiskan setengahnya, sisanya kalau kita bisa ekspor suatu hari negeri paling luar biasa Indonesia," kata Ridwan Kamil.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Polisi Rekayasa Lalu Lintas di Lokasi Gempa Cianjur

Polisi memberlakukan lalu lintas satu arah untuk mengantisipasi kemacetan di lokasi episentrum gempa Cianjur di Kecamatan Cugenang, Jalan Raya Cianjur-Puncak.

NEWS | 3 Desember 2022

Sosok Inspiratif Bidang Kesehatan Tampil di HUT Ke-65 Astra

Mengusung tema "Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama", HUT ke-65 Astra ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat berbagi semangat positif dan optimisme. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

Ratusan Korban Banjir Pati Mulai Terserang Penyakit

Ratusan korban banjir pati mulai terserang penyakit. Tim Dokkes Polres Pati bersama Puskesmas Tambakromo pun membuka pengobatan gratis. 

NEWS | 3 Desember 2022

Cerita Petani Jamur Bisa Bikin Wisata Edukasi Berkat Ganjar, Kok Bisa?

Setelah tempat usahanya di Kecamatan Borobudur, Magelang didatangi Gubernur Ganjar Pranowo. Usahanya semakin laris dan dikunjungi hingga 1000-an orang.

NEWS | 2 Desember 2022

Ketua Umum IDI: Vaksinasi Upaya Pencegahan Penyakit Menular

Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi menyatakan, kasus polio di Aceh menjadi pelajaran semua pihak bahwa vaksinasi merupaya upaya pencegahan penyakit menular.

NEWS | 3 Desember 2022

Siapkan SDM Unggul, Jokowi Minta Guru Perhatikan 3 Hal Ini

Dalam sambutan di HUT ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) 2022, Presiden Jokowi meminta para guru memperhatikan tiga hal dalam menyiapkan SDM unggul. 

NEWS | 3 Desember 2022

Lukisan Karya Anak Disabilitas di Bus Transjakarta Buat Orang Tua Bangga

Guru dan para orang tua bangga karena anak-anak disabilitas sudah tuntas melukis di badan bus Transjakarta pada Hari Disabilitas Internasional.

NEWS | 3 Desember 2022

Polda Sulsel Klarifikasi Video Viral Polisi Bongkar Kebobrokan Polri

Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) mengklarifikasi video viral soal pengakuan seorang polisi Tana Toraja, Aipda Aksan yang membongkar kebobrokan institusi Polri.

NEWS | 3 Desember 2022

Jumlah Pengungsi Gempa Cianjur Terus Berkurang

Dua pekan setelah gempa Cianjur pada 21 November lalu jumlah pengungsi yang tinggal di tenda-tenda pengungsian terus berkurang.

NEWS | 3 Desember 2022

IDI: Kasus Polio di Aceh Jadi Pelajaran Pentingnya Vaksinasi

Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi mengatakan kasus polio di Aceh menjadi pelajaran penting bagi pemerintah dan masyarakat akan pentingnya vaksinasi.

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Foto Ronaldo Masih Masuk Kalender Resmi MU 2023

Foto Ronaldo Masih Masuk Kalender Resmi MU 2023

BOLA | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE