Logo BeritaSatu

Bibir Sumbing pada Bayi Dipicu Faktor Genetik hingga Teratogenik

Minggu, 7 Agustus 2022 | 15:20 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Anak yang lahir dengan kelainan bawaan bibir sumbing (cleft palate) dengan munculnya celah pada bibir dipicu mulai dari adanya faktor genetik (riwayat keluarga), ibu yang mengalami infeksi selama masa kehamilan, kelainan sindromik hingga teratogenik.

Ibu hamil kerap menghadapi banyak risiko yang muncul akibat kebiasaan buruk maupun sederet faktor pendukung selama menjalani masa kehamilan. Satu di antara sederet risiko yang dapat dialami ibu hamil adalah memiliki anak yang lahir dengan kelainan bawaan bibir sumbing.

Hal itu dikatakan Residen Bedah sekaligus Founder Let's Share Indonesia, dr Rininta Christabella dalam Webinar Rumah Sakit Sentra Medika Cibinong bertajuk "Mengenal Tatalaksana Celah Bibir dan Langit-langit".

Menurutnya, ada sederet faktor yang dapat mendorong terhambatnya perkembangan janin saat berada dalam kandungan. Sehingga sebagian bayi terlahir dengan kondisi kelainan bawaan, mulai dari faktor genetik hingga konsumsi obat tertentu selama masa kehamilan.

"Seperti yang diketahui secara global, celah bibir sumbing pada umumnya itu bersifat genetik. Kemudian ada penelitian yang mengatakan memang ada kekurangan asam folat, tetapi hal ini masih diteliti secara lebih lanjut. Mungkin kebiasaan ibu merokok, gizi buruk selama kehamilan dan mungkin efek samping obat," jelas dr Bella, Minggu (7/8/2022).

Kemunculan celah pada bibir sumbing ini bervariasi, bisa saja muncul di bagian kiri, kanan maupun tengah bibir. Munculnya kelainan bawaan bibir sumbing kerap disertai pula dengan adanya celah pada langit-langit mulut (langit-langit sumbing).

Menurutnya, sebagian pasien menyebutkan salah satu dari faktor tersebut saat ditanya (anamnesa) lebih lanjut terkait riwayat maupun apa yang dikonsumsi sang ibu saat hamil.

"Tapi dari anamnesa yang kami dapat, dari beberapa pasien memang terdapat salah satu dari yang saya sebutkan tadi, baik yang direct yang disebutkan, atau ketika bertanya anamnesa lebih dalam," papar dr Bella.

Melihat banyaknya anak yang memiliki kelainan bawaan sejak lahir seperti bibir sumbing, ia turut tergerak membantu mereka. Let's Share Indonesia membantu memfasilitasi anak-anak cacat sejak lahir, tidak cuma bibir sumbing, jadi kayak atresia ani, atresia esofagus, dan kelainan jantung bawaan.

Baca selanjutnya
Dokter Bella menjelaskan bahwa sejak awal yayasannya berdiri, dirinya memang telah ...


hal 1 dari 4 halaman

Halaman: 1234selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kebakaran Usaha Laundry di Tangerang, 3 Meninggal Dunia

Tiga orang meninggal dunia akibat kebakaran tempat usaha laundry di Perumahan Taman Cikande, RW02 RT09 Desa Cikande, Kabupaten Tangerang.

NEWS | 1 Desember 2022

Hingga Hari Ini, Total Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur 24.107 Unit

Total rumah rusak akibat gempa Cianjur, Jawa Barat hingga hari ini, Kamis (1/12/2022) sebanyak 24.107 unit.

NEWS | 1 Desember 2022

Pemuda Katolik Siap Berkolaborasi dengan Bawaslu Awasi Pemilu 2024

PP Pemuda Katolik menyatakan kesiapan mereka untuk berkolaborasi dengan Bawaslu dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu 2024. 

NEWS | 1 Desember 2022

Bareskrim Limpahkan 3 Tersangka Korupsi Kredit Bank Jateng

Bareskrim Polri melimpahkan tiga tersangka dan barang bukti kasus dugaan korupsi pemberian kredit proyek BPD Jawa Tengah (Jateng) cabang Jakarta.

NEWS | 1 Desember 2022

Kuasa Hukum Hendra Kurniawan dan Agus Cecar Saksi dari Divisi Propam

Kuasa Hukum terdakwa Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria, Henry Yosodingrat mencecar saksi Radite Hernawa yang merupakan Divisi Propam Polri.

NEWS | 1 Desember 2022

Karang Taruna Dukung Pemerintah Wujudkan Kesejahteraan

Ketua Umum Karang Taruna, Didik Mukrianto pihaknya mendukung dan konsisten bersama pemerintah mengurai persoalan, termasuk mewujudkan kesejahteraan sosial.

NEWS | 1 Desember 2022

Saksi dari Timsus Polri Beberkan Kejanggalan Kasus Brigadir J

Saat hadir sebagai saksi di sidang Hendra Kurniawan, salah satu timsus Polri, Agus Saripul Hidayat membeberkan kejanggalan kasus Brigadir J. 

NEWS | 1 Desember 2022

Kasus Suap, Eks Kepala BPN Riau M Syahrir Ditahan KPK

KPK menahan mantan Kepala Kanwil BPN Riau M Syahrir, tersangka kasus dugaan suap terkait pengurusan dan perpanjangan HGU di Kanwil BPN Riau. 

NEWS | 1 Desember 2022

Bertambah, Pengungsi Gempa Cianjur Mencapai 114.414 Orang

Jumlah pengungsi akibat gempa Cianjur bertambah menjadi sebanyak 114.414 orang sementara sehari sebelumnya 109.386 orang. 

NEWS | 1 Desember 2022

CCTV Rumah Ferdy Sambo 26 Kali Dimatikan secara Paksa

CCTV rumah Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, 26 kali dimatikan secara paksa.

NEWS | 1 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Kroasia Pulangkan Generasi Emas Belgia

Piala Dunia 2022: Kroasia Pulangkan Generasi Emas Belgia

SEMESTA BOLA 2022 | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE