Logo BeritaSatu

PBB Nyatakan Senjata Nuklir Hanya Membawa Kematian

Minggu, 7 Agustus 2022 | 16:42 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Tokyo, Beritasatu.com- Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menyatakan senjata nuklir hanya membawa kematian dan kehancuran. Seruan itu disampaikan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada Sabtu (6/8/2022), yang ikut bergabung dalam doa di Taman Perdamaian Hiroshima.

“Senjata nuklir adalah omong kosong. Senjata nuklir tidak menjamin keselamatan, hanya kematian dan kehancuran,” kata Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, yang bergabung dalam doa di Taman Perdamaian Hiroshima.

Seperti dilaporkan AP, pada Sabtu, Hiroshima mengenang bom atom 77 tahun lalu. Para pejabat, termasuk sekjen PBB, memperingatkan terhadap penumpukan senjata nuklir dan ketika kekhawatiran tumbuh akan serangan serupa lainnya di tengah perang Rusia di Ukraina.

“Tiga perempat abad kemudian, kita harus bertanya apa yang telah kita pelajari dari awan jamur yang membengkak di atas kota ini pada tahun 1945,” katanya.

AS menjatuhkan bom atom pertama di dunia di Hiroshima pada 6 Agustus 1945, menghancurkan kota dan membunuh 140.000 orang. AS menjatuhkan bom kedua tiga hari kemudian di Nagasaki, menewaskan 70.000 lainnya. Jepang menyerah pada 15 Agustus, mengakhiri Perang Dunia II dan hampir setengah abad agresi Jepang di Asia.

Kekhawatiran akan bom atom ketiga telah tumbuh di tengah ancaman serangan nuklir Rusia sejak perangnya di Ukraina dimulai pada Februari.

“Krisis dengan kuburan nada nuklir menyebar dengan cepat di Timur Tengah dan Semenanjung Korea. Kami adalah satu kesalahan, satu kesalahpahaman, satu kesalahan perhitungan dari Armagedon,” kata Guterres.

Wali Kota Hiroshima Kazumi Matsui, dalam deklarasi perdamaian, menuduh Putin “menggunakan rakyatnya sendiri sebagai instrumen perang dan mencuri kehidupan dan mata pencaharian warga sipil tak berdosa di negara lain.”

Perang Rusia di Ukraina membantu membangun dukungan untuk pencegahan nuklir, kata Matsui, mendesak dunia untuk tidak mengulangi kesalahan yang menghancurkan kotanya hampir delapan dekade lalu.

Pada Sabtu (6/8), hadirin termasuk para pemimpin pemerintah dan diplomat mengheningkan cipta dengan suara lonceng perdamaian pada pukul 08.15, saat B-29 AS menjatuhkan bom di kota tersebut. Sekitar 400 ekor merpati, yang dianggap sebagai simbol perdamaian, dilepaskan.

Guterres bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida setelah upacara dan meningkatkan kekhawatiran atas kemunduran global dalam perlucutan senjata nuklir.

“Guterres menekankan pentingnya Jepang, satu-satunya negara di dunia yang menderita serangan nuklir, untuk mengambil kepemimpinan dalam upaya tersebut,” kata Kementerian Luar Negeri Jepang.

Menurut Kishida, dunia terus menghadapi ancaman dari senjata nuklir di peringatan itu.

"Saya harus mengangkat suara saya untuk mengimbau orang-orang di seluruh dunia bahwa tragedi penggunaan senjata nuklir tidak boleh terulang. Jepang akan berjalan menuju dunia tanpa senjata nuklir, tidak peduli seberapa sempit, curam atau sulitnya itu," katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BMKG: Jakarta Berpeluang Diguyur Hujan hingga Selasa Malam

BMKG memperingatkan hujan deras disertai petir dan angin kencang berpeluang terjadi hingga Selasa (4/10/2022) malam.

NEWS | 4 Oktober 2022

Polda: Lesti Kejora Terbaring Lemah dengan Leher Digips

Lesti Kejora terbaring lemah dengan leher digips. Kondisi itu terlihat dari foto yang tersebar di media sosial. Foto itu saat Lesti dirawat di rumah sakit.

NEWS | 4 Oktober 2022

Jokowi Minta TGIPF Selesaikan Tragedi Kanjuruhan Kurang dari Sebulan

TGIPF tragedi Kanjuruhan diminta untuk menyelesaikan investigasi peristiwa yang memakan ratusan korban jiwa dalam waktu kurang satu bulan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Anggota DPR Hillary Lasut Laporkan Komika Mamat Alkatiri

Polda Metro Jaya telah menerima laporan yang dibuat anggota DPR Fraksi Nasdem, Hillary Brigitta Lasut, Hillary Lasut melaporkan komika Mamat Alkatiri.

NEWS | 4 Oktober 2022

Prakiraan Cuaca, Ada 25 Titik Genangan di DKI Jakarta

Prakiraan cuaca di Ibu Kota DKI Jakarta pada hari ini bakal turun hujan di lima wilayah kota madya.

NEWS | 4 Oktober 2022

Dibanting Rizky Billar, Leher Lesti Kejora Alami Pergeseran

Lesti kejora mengalami pergeseran pada lehernya akibat ulah Rizky Billar yang mencekik dan membantingnya. Lesti pun memakai gips di lehernya.

NEWS | 4 Oktober 2022

Army Indonesia Galang Dana untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Dana yang telah dikumpulkan Army Indonesia untuk korban tragedi Kanjuruhan telah mencapai lebih dari Rp 400 juta.

NEWS | 4 Oktober 2022

Redam Inflasi, Pemda Diminta Pakai Anggaran Tak Terduga

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta pemerintah daerah (pemda) fokus menganggarkan penanganan dan pengendalian inflasi di daerah.

NEWS | 4 Oktober 2022

Catat, Mulai Hari Ini Transjakarta Berlakukan Tap In dan Tap Out

Transjakarta mulai memberlakukan kebijakan satu kartu untuk satu penumpang atau one passenger-one card, sehingga penumpang wajib melakukan tap in dan tap out.

NEWS | 4 Oktober 2022

KPK Duga Lukas Enembe Naik Pesawat Pribadi dengan Layanan First Class

KPK mendalami dugaan Gubernur Papua Lukas Enembe menggunakan private jet atau pesawat pribadi dengan layanan first class.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BMKG: Jakarta Berpeluang Diguyur Hujan hingga Selasa Malam

BMKG: Jakarta Berpeluang Diguyur Hujan hingga Selasa Malam

NEWS | 27 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings