Logo BeritaSatu

PBB Nyatakan Senjata Nuklir Hanya Membawa Kematian

Minggu, 7 Agustus 2022 | 16:42 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Tokyo, Beritasatu.com- Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menyatakan senjata nuklir hanya membawa kematian dan kehancuran. Seruan itu disampaikan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada Sabtu (6/8/2022), yang ikut bergabung dalam doa di Taman Perdamaian Hiroshima.

“Senjata nuklir adalah omong kosong. Senjata nuklir tidak menjamin keselamatan, hanya kematian dan kehancuran,” kata Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, yang bergabung dalam doa di Taman Perdamaian Hiroshima.

Seperti dilaporkan AP, pada Sabtu, Hiroshima mengenang bom atom 77 tahun lalu. Para pejabat, termasuk sekjen PBB, memperingatkan terhadap penumpukan senjata nuklir dan ketika kekhawatiran tumbuh akan serangan serupa lainnya di tengah perang Rusia di Ukraina.

“Tiga perempat abad kemudian, kita harus bertanya apa yang telah kita pelajari dari awan jamur yang membengkak di atas kota ini pada tahun 1945,” katanya.

AS menjatuhkan bom atom pertama di dunia di Hiroshima pada 6 Agustus 1945, menghancurkan kota dan membunuh 140.000 orang. AS menjatuhkan bom kedua tiga hari kemudian di Nagasaki, menewaskan 70.000 lainnya. Jepang menyerah pada 15 Agustus, mengakhiri Perang Dunia II dan hampir setengah abad agresi Jepang di Asia.

Kekhawatiran akan bom atom ketiga telah tumbuh di tengah ancaman serangan nuklir Rusia sejak perangnya di Ukraina dimulai pada Februari.

“Krisis dengan kuburan nada nuklir menyebar dengan cepat di Timur Tengah dan Semenanjung Korea. Kami adalah satu kesalahan, satu kesalahpahaman, satu kesalahan perhitungan dari Armagedon,” kata Guterres.

Wali Kota Hiroshima Kazumi Matsui, dalam deklarasi perdamaian, menuduh Putin “menggunakan rakyatnya sendiri sebagai instrumen perang dan mencuri kehidupan dan mata pencaharian warga sipil tak berdosa di negara lain.”

Perang Rusia di Ukraina membantu membangun dukungan untuk pencegahan nuklir, kata Matsui, mendesak dunia untuk tidak mengulangi kesalahan yang menghancurkan kotanya hampir delapan dekade lalu.

Pada Sabtu (6/8), hadirin termasuk para pemimpin pemerintah dan diplomat mengheningkan cipta dengan suara lonceng perdamaian pada pukul 08.15, saat B-29 AS menjatuhkan bom di kota tersebut. Sekitar 400 ekor merpati, yang dianggap sebagai simbol perdamaian, dilepaskan.

Guterres bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida setelah upacara dan meningkatkan kekhawatiran atas kemunduran global dalam perlucutan senjata nuklir.

“Guterres menekankan pentingnya Jepang, satu-satunya negara di dunia yang menderita serangan nuklir, untuk mengambil kepemimpinan dalam upaya tersebut,” kata Kementerian Luar Negeri Jepang.

Menurut Kishida, dunia terus menghadapi ancaman dari senjata nuklir di peringatan itu.

"Saya harus mengangkat suara saya untuk mengimbau orang-orang di seluruh dunia bahwa tragedi penggunaan senjata nuklir tidak boleh terulang. Jepang akan berjalan menuju dunia tanpa senjata nuklir, tidak peduli seberapa sempit, curam atau sulitnya itu," katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

MHU Sabet 5 Penghargaan Kaidah Pertambangan Terbaik dari ESDM

MHU meraih 5 penghargaan sekaligus pada ajang Prestasi Keberhasilan Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik.

NEWS | 1 Oktober 2022

Data Positivity Rate Covid-19 sampai 1 Oktober 2022

Infografik positivity rate Covid-19 sampai 1 Oktober 2022 berdasarkan data Kementerian Kesehatan.

NEWS | 1 Oktober 2022

Pemecatan Hakim MK, DPR Dinilai Langgar Konstitusi dan UU

DPR dinilai telah melanggar konstitusi dan UU Nomor 7 Tahun 2020 tentang Mahkamah Konstitusi (UU MK) dalam pemecatan hakim konstitusi Aswanto.

NEWS | 1 Oktober 2022

Riza Berharap Program Sumur Resapan Diteruskan Penjabat Gubernur DKI

Riza Patria mengatakan, program sumur resapan diharapkan dapat diteruskan oleh penjabat gubernur DKI Jakarta selanjutnya.

NEWS | 1 Oktober 2022

Ini Aturan Pemberhentian Hakim Konstitusi Berdasarkan UU

Pemberhentian hakim konstitusi harus berdasarkan UU Nomor 7 Tahun 2022 tentang perubahan ketiga atas UU Nomor 24 Tahun 2003 tentang Mahkamah Konstitusi.

NEWS | 1 Oktober 2022

Sebanyak 872 Rumah Rusak Dampak Gempa Tapanuli Utara

Sebanyak 873 rumah mengalami kerusakan dampak gempa Tapanuli Utara, Sumatera Utara dengan kekuatan magnitudo 5,8 yang terjadi pada Sabtu (1/10/2022) dini hari.

NEWS | 1 Oktober 2022

Pemilu 2024, Kapolri Serukan Jaga Persatuan dan Kesatuan

Kapolri Sigit menyerukan pentingnya persatuan dan kesatuan menjelang Pemilihan Umum atau Pemilu 2024.

NEWS | 1 Oktober 2022

PBNU Apresiasi Penghargaan Internasional yang Diraih Kejagung

PBNU mengapresiasi kinerja Kejagung dalam penerapan restorative justice hingga meraih penghargaan dari Asosiasi Jaksa Internasional. 

NEWS | 1 Oktober 2022

Ibu Kandung Gading Marten Meninggal Dunia

Ibu kandung Gading Marten, Farida Sabtijastuti meninggal dunia. Hal itu diungkapkan Gading Marten dalam akun instagram story.

NEWS | 1 Oktober 2022

Catherine Wilson Resmi Dinikahi Anggota DPRD Sidrap

Catherine Wilson resmi menikah dengan anggota DPRD Kabupaten Sidrap dan pengusaha, Idham Mase.

NEWS | 1 Oktober 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BMKG: Kota Padang Rawan Terjadi Gempa Bumi dan Tsunami

BMKG: Kota Padang Rawan Terjadi Gempa Bumi dan Tsunami

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings