Logo BeritaSatu

Amerika Serikat Keluarkan Peringatan Wabah Polio

Minggu, 7 Agustus 2022 | 18:33 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Amerika Serikat (AS) mengeluarkan peringatan wabah polio. Departemen Kesehatan New York memperlakukan satu kasus sebagai "puncak gunung es."

Ratusan orang Amerika mungkin terinfeksi virus polio, otoritas kesehatan negara bagian New York mengklaim pada Jumat (5/8) setelah mengidentifikasi virus dalam sampel air limbah di dua wilayah berbeda.

Menurut Komisaris Kesehatan Negara Bagian Mary Bassett, seperti yang ditunjukkan oleh wabah polio sebelumnya.

“Warga New York harus tahu bahwa untuk setiap satu kasus polio lumpuh yang diamati, mungkin ada ratusan orang lain yang terinfeksi,” tambahnya.

“Ditambah dengan temuan air limbah terbaru, Departemen memperlakukan satu kasus polio hanya sebagai puncak gunung es dari potensi penyebaran yang jauh lebih besar. Saat kita belajar lebih banyak, apa yang kita ketahui menjadi jelas: bahaya polio hadir di New York hari ini,” tambah Bassett.

Menurut Departemen Kesehatan Negara Bagian New York, sampel polio diambil dari dua lokasi berbeda di Orange County pada bulan Juni dan Juli, serta satu lokasi di Rockland County pada bulan Juli.

Pada akhir Juli, pejabat kesehatan New York mengidentifikasi kasus polio pertama dalam hampir satu dekade di AS. Pasien adalah seorang pria berusia 20 tahun yang tidak disebutkan namanya dari Rockland County yang tampaknya tertular jenis virus yang diturunkan dari vaksin dan mulai mengalami kelemahan dan kelumpuhan.

Pihak berwenang mencatat bahwa bukti yang tersedia tidak menunjukkan bahwa pria itu adalah sumber penularan, menambahkan bahwa “penyelidikan tentang asal-usul virus sedang berlangsung.”

Pihak berwenang juga mengatakan mereka sedang bekerja untuk menggelar langkah-langkah pencegahan, terutama di klinik vaksinasi. Otoritas menambahkan bahwa cara terbaik untuk menjaga New York bebas polio adalah dengan mempertahankan kekebalan tinggi di seluruh populasi melalui vaksinasi.

Dihadapkan pada potensi krisis lain yang dapat mengikuti jejak pandemi Covid-19 dan wabah cacar monyet, Departemen Kesehatan mengimbau orang--orang yang belum melakukannya untuk segera divaksinasi.

Dikatakan juga bahwa orang-orang yang tinggal, bekerja, bersekolah di, atau mengunjungi Rockland County, Orange County, dan wilayah metropolitan New York yang lebih besar berada pada risiko tertinggi tertular virus.

AS memberantas polio pada tahun 1979 dan belum melaporkan kasus baru yang berasal di dalam negeri sejak saat itu. Selama empat dekade terakhir, infeksi baru telah dilaporkan hanya pada orang yang membawa virus dari luar negeri.

“Meskipun polio tidak dapat disembuhkan, penyakit ini dapat dicegah melalui vaksinasi," kata otoritas kesehatan.

Vaksin ini 99% efektif pada anak-anak yang menerima semua dosis yang diperlukan, sementara sekitar 93% orang Amerika menerima setidaknya tiga dosis pada saat mereka balita.

Polio, atau poliomielitis, adalah penyakit yang mengancam jiwa dan sangat menular yang dapat ditularkan oleh individu yang tidak menunjukkan gejala. Dalam kasus terburuk, dapat memengaruhi otak dan sumsum tulang belakang, menyebabkan meningitis atau kelumpuhan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jokowi Gelar Rapat untuk Matangkan Persiapan KTT G-20

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan rapat untuk mematangkan persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20.

NEWS | 3 Oktober 2022

Anies Capres, Ridwan Kamil Ucapkan Selamat sebagai Sahabat

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan ucapan selamat kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres yang diusung Partai Nasdem.

NEWS | 3 Oktober 2022

DPR Pilih 9 Komisioner Komnas HAM, Ini Daftarnya

Komisi III DPR telah memilih sembilan komisioner Komnas HAM periode 2022-2027, Senin (3/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Usut Tragedi Kanjuruhan, Itsus dan Propam Periksa 18 Polisi

Inspektorat Khusus (Itsus) dan Divisi Propam Polri memeriksa 18 anggota Polri berkaitan dengan tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Polri Dalami Penggunaan Gas Air Mata

Polri saat ini tengah mendalami penerapan prosedur tetap (protap) pengunaan gas air mata untuk membubarkan massa di Stadion Kanjuruhan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Andika Akan Sanksi Pidana Oknum Prajurit TNI yang Diduga Tendang Suporter

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menegaskan oknum prajurit TNI yang diduga menendang suporter dalam tragedi Kanjuruhan, bakal disanksi pidana.

NEWS | 3 Oktober 2022

Eksepsi Ditolak, Sidang Korupsi Rp 86,5 Triliun Surya Darmadi Dilanjutkan

Eksepsi atau keberatan bos PT Duta Palma Group Surya Darmadi alias Apeng ditolak oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat.

NEWS | 3 Oktober 2022

Evaluasi Total Tragedi Kanjuruhan, Mahfud Minta Menpora Panggil PSSI

Menko Polhukam Mahfud MD meminta Menpora Zainudin Amali untuk segera memanggil Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

NEWS | 3 Oktober 2022

Elektabilitas Puan Meningkat, Serangan Buzzer Tak Berpengaruh

Elektabilitas Puan Maharani berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia, terus meningkat.

NEWS | 3 Oktober 2022

Surya Paloh Beri Otoritas Penuh kepada Anies Tentukan Cawapres

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh memberikan otoritas penuh kepada Anies Baswedan untuk memilih sendiri calon wakil presiden (cawapres).

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
SKK Migas Ajak Investasi, ADPMET Keluhkan Kendala Dana

SKK Migas Ajak Investasi, ADPMET Keluhkan Kendala Dana

EKONOMI | 23 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings