Logo BeritaSatu

Ukraina Peringatkan Bahaya Bom Atom di Pembangkit Nuklir

Minggu, 7 Agustus 2022 | 22:31 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Kyiv, Beritasatu.com- Ukraina memperingatkan bahaya bom atom di pembangkit listrik tenaga nuklir (NPP) Zaporizhzhia pada Jumat (5/8/2022). Seperti dilaporkan Newsweek, Sabtu (6/8), serangan Rusia terhadap pembangkit listrik tenaga nuklir bisa disamakan dengan pengunaan bom atom.

Rusia melancarkan invasi ke negara Eropa Timur pada akhir Februari, mengklaim itu untuk "membebaskan" wilayah Donbas yang separatis dan menyingkirkan pemerintah Ukraina dari Nazi—meskipun Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky adalah orang Yahudi.

Lebih dari lima bulan perang, pertahanan Ukraina yang lebih kuat dari yang diantisipasi telah memaksa pertempuran dipusatkan di Ukraina Timur, yang merupakan lokasi fasilitas nuklir terbesar di Eropa, PLTN Zaporizhzhia.

Kekhawatiran militer Rusia dapat menyebabkan kerusakan pada pabrik, sehingga meningkatkan risiko krisis nuklir, telah berlangsung sejak Maret. Saat itu, pasukan Moskwa merebut pabrik dan penembakan dimulai. Kekhawatiran ini diperbarui pada hari Jumat ketika pasukan diduga menembaki pabrik itu lagi.

Kementerian Luar Negeri Ukraina mengutuk dugaan penembakan itu. Sejak invasi Rusia, Kementerian memperingatkan bahwa setiap tindakan yang diambil terhadap rencana tersebut bisa memiliki efek yang berpotensi menghancurkan.

"Konsekuensi yang mungkin terjadi dari menabrak reaktor yang beroperasi setara dengan penggunaan bom atom," tulis kementerian itu, seraya menambahkan bahwa Rusia memindahkan truk militer dan SUV yang diisi dengan senjata ke pabrik awal bulan ini.

Kementerian menyatakan penembakan yang diduga menyebabkan kerusakan pada jalur pasokan tegangan tinggi pembangkit. Serangan juga merusak stasiun nitrogen-oksigen pabrik dan "bangunan tambahan gabungan," menurut perusahaan tenaga nuklir negara Ukraina Energoatom.

“Serangan itu juga menyebabkan risiko kebocoran hidrogen, percikan zat radioaktif, dan bahaya kebakaran yang tinggi,” kata perusahaan itu.

Zelensky mengatakan dalam pidato nasional bahwa setiap penembakan terhadap fasilitas itu adalah "kejahatan yang terbuka dan kurang ajar."

“Rusia harus bertanggung jawab atas fakta menciptakan ancaman terhadap pembangkit listrik tenaga nuklir,” tambahnya.

Tindakan Rusia di PLTN telah menarik kecaman internasional. Pada bulan-bulan setelah invasi Rusia, para pemimpin dunia lainnya telah menyuarakan keprihatinan tentang kurangnya pembenaran untuk invasi serta laporan seputar kejahatan perang.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Perubahan Jam Kerja di DKI, Bogor Ingin Ada Kajian Bersama

Pemkot Bogor ingin ada kajian bersama dengan daerah penyangga terkait rencana perubahan jam kerja sebagai upaya mengatasi kemacetan di DKI.

NEWS | 25 September 2022

Gempa Bumi Magnitudo 5,5 Guncang Melonguane Sulawesi Utara

Gempa bumi dengan magnitudo 5,5 yang mengguncang Melonguane, Sulawesi Utara itu terjadi pukul 18.16.33 WIB.

NEWS | 25 September 2022

MAKI: Lukas Enembe Cukup Sehat Jalani Pemeriksaan KPK

MAKI menilai Gubernur Papua Lukas Enembe cukup sehat sehingga dapat menjalani pemeriksaan yang diagendakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

NEWS | 25 September 2022

Tak Masuk Prolegnas, Ini Pasal Kontroversial RUU Sisdiknas

RUU Sisdiknas batal masuk dalam Prolegnas prioritas tahun 2022, berikut berbagai pasal kontroversial yang tercantum di dalamnya.

NEWS | 25 September 2022

Kasus Lukas Enembe, KSP Tegaskan Tak Ada Kaitan dengan Politik

Tenaga Ahli Utama KSP Theo Litaay menegaskan kasus Lukas Enembe murni kasus hukum dan tak ada kaitannya dengan masalah politik.

NEWS | 25 September 2022

Cerita Rektor UGM Saat Jadi Mahasiswa Almarhum Samekto

Rektor UGM Ova Emilia menceritakan kisahnya saat masih menjadi mahasiswa almarhum Samekto Wibowo. 

NEWS | 25 September 2022

Mendag Zulhas Usulkan Rp 100 Triliun Serap Hasil Petani

Mendag Zulkifli Hasan mengusulkan anggaran sebesar Rp 100 triliun per tahun untuk menyerap komoditas bahan pokok hasil para petani.

NEWS | 25 September 2022

32 Pasien Covid-19 Jalani Perawatan di RSDC Wisma Atlet

Pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, hingga hari ini Minggu (25/9/2022) tersisa 32 orang.

NEWS | 25 September 2022

Puisi Terakhir Karya Prof Samekto Dibacakan, Pelayat Menitikkan Air Mata

Saat puisi terakhir karya Prof Samekto dibacakan, para pelayat menitikkan air mata. Samekto Wibowo meninggal karena terseret ombak.

NEWS | 25 September 2022

Guru Besar UGM Meninggal Terseret Ombak, Ini Imbauan BNPB

Terkait periwisata guru besar UGM yang meninggal terseret ombak, BNPB mengingatkan masyarakat terkait keamanan berwisata di pantai.

NEWS | 25 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Romelu Lukaku Tak Berpikir untuk Kembali ke Chelsea

Romelu Lukaku Tak Berpikir untuk Kembali ke Chelsea

BOLA | 3 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings