Logo BeritaSatu

Saiful Mujani Nyinyir Prabowo dan Cak Imin yang Daftar Bareng ke KPU

Senin, 8 Agustus 2022 | 16:43 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Partai Gerindra dan PKB mendaftarkan diri sebagai calon peserta Pemilu 2024 akan bersama-sama ke KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta, Senin (8/8/2022). Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin rencananya akan memimpin langsung pendaftaran ini.

Menanggapi pendaftaran Gerindra-PKB secara bersamaan ini, Pendiri Lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saiful Mujani, memberikan komentar melalui akun Twitter miliknya. Dengan merujuk link berita dari salah satu situs online, Saiful memberikan komentar di luar substansi.

Cak Imin @GusMuhaimin, bukannya sahabat kepercayaan anda, Faisol Reza, pernah jadi korban penculikan prabowo?,” tulis Saiful dalam akun Twitter-nya.

Terpisah, Direktur Eksekutif Skala Survei Indonesia (SSI) Abdul Hakim MS, memberikan tanggapan terkait pendaftaran Gerindra-PKB yang dilakukan secara bersamaan ini.

“Pendaftaran yang dilakukan secara bersamaan ini, hemat saya, menunjukkan bahwa Gerindra-PKB ingin menunjukkan keseriusan berkoalisi menghadapi pemilu 2024. Setelah sempat menyatukan pandangan beberapa waktu lalu, pendaftaran Gerindra-PKB yang dilakukan secara bersamaan ini mempertegas keseriusan mereka," kata Hakim saat dihubungi, Senin (8/8/2022).

Hakim melanjutkan, keseriusan koalisi ini tak lain untuk bisa memenuhi ambang batas presidensial threshold 20 persen yang menjadi syarat minimum untuk bisa mengusung capres-cawapres pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

“Kursi mereka berdua kalau digabungkan sudah memadai. Jumlahnya sudah 23,7 persen. Itu sudah lebih dari cukup untuk mengusung pasangan capres-cawapres” tambahnya.

Dikonfirmasi terkait komentar pendiri SMRC Saiful Mujani, yang nyinyir dengan langkah Prabowo dan Cak Imin memimpin pendaftaran koalisi Gerindra dan PKB ke KPU, Hakim enggan memberikan komentar. Namun Hakim mengharapkan, lembaga survei akan lebih elok jika berbicara substansi.

"Ada baiknya lembaga survei menahan diri untuk memberikan komentar di luar ranah keahliannya. Sudah saatnya lembaga survei harus lebih banyak bicara substansi, memberikan data faktual tentang realitas politik yang ada kepada masyarakat berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh masing-masing lembaga. Sikap nyinyir itu jauh dari semangat lembaga survei yang kredibel, akademis, dan berdasarkan data," kata Hakim.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pamer Robot Humanoid, Elon Musk Janji Tak Akan Jadi Ancaman Umat Manusia

Elon Musk pada hari Jumat memamerkan versi terbaru dari robot humanoid (seperti manusia) yang dijanjikannya tak akan jadi ancaman umat manusia.

NEWS | 1 Oktober 2022

Musim Hujan Tiba, Ini Ancaman Bencana di Wilayah Bogor

Musim hujan tiba, ada berbagai ancaman bencana yang patut diwaspadai di wilayah Bogor, apa saja?

NEWS | 1 Oktober 2022

Tanggal Muda, Jalur Puncak Kembali Diserbu Wisatawan

Hari libur akhir pekan Sabtu (1/10/2022) ini, kawasan wisata Puncak kembali diserbu ribuan pengunjung dari wilayah Jabotabek.

NEWS | 1 Oktober 2022

Ini Sejarah Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober

Setiap tanggal 1 Oktober, bangsa Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila, yang dilakukan setelah pemerintah saat itu menumbangkan Gerakan 30 September.

NEWS | 1 Oktober 2022

SiCepat dan Indonesia Pasti Bisa Bantu Rumah Pejuang Kanker Ambu

SiCepat Ekspres berkolaborasi dengan Indonesia Pasti Bisa untuk memberikan bantuan kepada Rumah Pejuang Kanker Ambu.

NEWS | 1 Oktober 2022

Isak Tangis Iringi Pemulangan 4 Jenazah Korban Pembantaian TPNPB

Empat jenazah korban pembantaian di oleh TPNPB dipulangkan ke kampung halaman diiringi isak tangis.

NEWS | 1 Oktober 2022

Viral, Video Pembantaian Mengerikan oleh TPNPB di Papua Barat

Video pembantaian 4 dari 14 pekerja proyek oleh TPNPB di Teluk Bintuni, Papua Barat, Kamis (29/9/2022) malam, beredar di media sosial.

NEWS | 1 Oktober 2022

Arkeolog Tiongkok Temukan Tengkorak Manusia Berusia 1 Juta Tahun di Hubei

Arkeolog Tiongkok mengumumkan, menemukan tengkorak manusia yang hampir lengkap berusia sekitar 1 juta tahun dari sebuah situs penggalian di provinsi Hubei.

NEWS | 1 Oktober 2022

Puan: P-20 Beri Dampak Positif untuk Pariwisata Indonesia

Ketua DPR RI Puan Maharani meyakini, forum P-20 atau The 8th G20 Parliamentary Speaker Summit akan berdampak positif terhadap pariwisata Indonesia.

NEWS | 1 Oktober 2022

DPRD Kota Bogor Serap Aspirasi Warga Pascakenaikan BBM

Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto menjelaskan bahwa reses memungkinkan masyarakat berpartisipasi dalam pembuatan keputusan.

NEWS | 1 Oktober 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
10 Pembalap Lolos ke Q2 MotoGP Thailand

10 Pembalap Lolos ke Q2 MotoGP Thailand

SPORT | 18 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings