Logo BeritaSatu

Italia Mulai Kampanye Vaksinasi Cacar Monyet

Selasa, 9 Agustus 2022 | 16:57 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Roma, Beritasatu.com- Italia memulai kampanye vaksinasi terhadap cacar monyet pada Senin (8/8/2022). Seperti dilaporkan Reuters, jumlah kasus meningkat di Italia pada saat otoritas kesehatan melaporkan kekurangan vaksin di seluruh dunia.

Italia telah melaporkan 545 kasus cacar monyet, menurut kementerian kesehatan. Kampanye vaksinasinya telah dimulai lebih dari sebulan setelah negara-negara lain yang mengalami jumlah kasus yang lebih tinggi, termasuk Amerika Serikat (AS), Inggris, dan Spanyol.

“Dosis pertama akan diberikan di rumah sakit Spallanzani di Roma,” kata rumah sakit itu dalam satu pernyataan.

Vaksin dan perawatannya terbatas dan penyakit ini sering kali diserahkan kepada klinik kesehatan seksual yang secara historis kekurangan dana untuk dikelola.

Spallanzani mengatakan sudah memiliki 200 orang yang akan divaksinasi mulai Senin dan seterusnya, serta 600 permintaan pemesanan.

“Vaksin yang digunakan adalah Jynneos (MVA-BN), vaksin cacar yang dibuat oleh Bavarian Nordic dan disetujui oleh European Medicines Agency untuk perlindungan terhadap cacar monyet,” kata rumah sakit tersebut.

Pada Kamis, vaksinasi juga akan dimulai di ibu kota keuangan Italia, Milan. Virus ini sebagian besar terus ditularkan di antara pria gay dan biseksual dalam wabah saat ini yang menyebar di luar negara-negara endemik, yang dimulai pada bulan Mei.

Cacar monyet menyebar terutama melalui kontak dekat, menyebabkan luka bernanah dan gejala seperti flu, dan jarang berakibat fatal. Menurut pelacak Reuters, sekarang ada 26.500 kasus di seluruh dunia di luar negara-negara, tempat biasanya menyebar.

Pada Juli, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan cacar monyet sebagai "darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional", tingkat siaga tertinggi.

Menyusul langkah WHO, Amerika Serikat - yang sekarang memiliki kasus terbanyak di dunia - juga menyatakan cacar monyet sebagai darurat kesehatan masyarakat pada 4 Agustus.

Kementerian Kesehatan Italia menyatakan gay, pria biseksual dan transgender yang baru saja berhubungan seks dengan banyak pasangan, baru-baru ini memiliki infeksi menular seksual atau menggunakan obat-obatan kimia saat berhubungan seks, akan memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin. Staf rumah sakit yang menangani kasus cacar monyet juga begitu memenuhi syarat.

Kasus pertama di Italia tercatat pada 20 Mei 2022. Saat ini, tidak ada rencana untuk vaksinasi massal.

Wilayah Lazio di sekitar Roma menerima 1.200 dosis vaksin, sementara Lombardy menerima 2.000 dosis, Emilia-Romagna menerima 600 dan Veneto di sekitar Venesia menerima 400 dosis.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Buntut Konten Prank KDRT, Baim Wong Dilaporkan ke Polisi

Baim Wong dan Paula Verhoeven dilaporkan ke Polres Metro, Jakarta Selatan terkait konten prank KDRT yang dibuat keduanya.

NEWS | 3 Oktober 2022

Santri Dukung Ganjar Gelar Maulid Nabi di Jakarta

Santri Dukung Ganjar mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan doa bersama untuk Ganjar Pranowo dan Indonesia di Jakarta Utara.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragis, Tragedi Kanjuruhan Buat Alfiansyah Jadi Yatim Piatu

Peristiwa tragedi Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) memaksa bocah 11 tahun M Alfiansyah menjadi anak yatim piatu.

NEWS | 3 Oktober 2022

Kasus KDRT Rizky Billar Naik ke Penyidikan

Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) Rizky Billar terhadap istrinya, Lesti Kejora, naik ke penyidikan dari penyelidikan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Pengobatan Kanker Perlukan Tim dari Multidisiplin Ilmu

Keseluruhan pengobatan penyakit kanker membutuhkan tim dari multidisiplin ilmu dalam penatalaksanaannya.

NEWS | 4 Oktober 2022

Tabur Bunga di Kanjuruhan, Pemain dan Pelatih Arema Menangis

Para pemain dan pelatih Arema FC menangis saat tabur bunga di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Senin (3/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Suporter Bola Medan Gelar 1.000 Lilin

Ratusan suporter bola di Kota Medan, Sumatera Utara menyalakan 1.000 lilin dan doa bersama sebagai bentuk belasungkawa atas tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Ini Alasan Sahabat Polisi Indonesia Laporkan Baim Wong dan Paula

Organisasi masyarakat Sahabat Polisi Indonesia resmi melaporkan pasangan artis Baim Wong dan Paula Verhoeven terkait pembuatan konten prank KDRT

NEWS | 4 Oktober 2022

Surya Paloh Ungkap Respons Jokowi soal Pencapresan Anies

Surya Paloh mengungkap respons Jokowi ketika Nasdem hendak mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 202

NEWS | 3 Oktober 2022

TACB: Halte Transjakarta Jatinegara Ganggu Cagar Budaya

Pembangunan revitalisasi Halte Transjakarta yang menghalangi visual ke arah cagar budaya juga terjadi di Jatinegara, Jakarta Timur.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pengumuman Bakal Capres Lebih Dini Dapat Dongkrak Suara Partai

Pengumuman Bakal Capres Lebih Dini Dapat Dongkrak Suara Partai

NEWS | 27 detik yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings