Logo BeritaSatu

Pentagon Klaim 80.000 Warga Rusia Tewas atau Luka di Ukraina

Selasa, 9 Agustus 2022 | 18:35 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Sebanyak 80.000 orang Rusia tewas atau terluka di Ukraina sejak perang dimulai pada akhir Februari 2022. Seperti dilaporkan AFP, Senin (8/8/2022), klaim itu dilontarkan Wakil Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Colin Kahl.

“Rusia mungkin telah mengambil 70.000 atau 80.000 korban dalam waktu kurang dari enam bulan,” kata Kahl soal invasi Rusia.

Kahl juga mengatakan pasukan Rusia juga kehilangan "tiga atau empat ribu" kendaraan lapis baja dan bisa kehabisan rudal berpemandu presisi yang tersedia, termasuk rudal jelajah yang diluncurkan dari udara dan laut, setelah menembakkan sejumlah besar sasaran Ukraina sejak meluncurkan invasi pada 24 Februari.

“Kerugian itu sangat luar biasa mengingat Rusia tidak mencapai tujuan Vladimir Putin pada awal perang,” katanya kepada wartawan, merujuk pada presiden Rusia.

Kahl mengatakan perlambatan dalam penggunaan rudal jarak jauh dan presisi dipandu pasukan Rusia merupakan indikator bahwa persediaan mereka telah jatuh mendekati apa yang dibutuhkan Moskwa sebagai cadangan untuk "kontinjensi lainnya."

Kahl mengakui bahwa pihak Ukraina juga mengalami kerugian tenaga kerja yang signifikan di medan perang, tetapi tidak memberikan angka.

"Kedua belah pihak menelan korban. Perang ini merupakan konflik konvensional paling intens di Eropa sejak Perang Dunia Kedua. Tetapi Ukraina memiliki banyak keuntungan, tidak sedikit di antaranya adalah keinginan mereka untuk bertikai," tambahnya.

Menurut laporan Foreignpolicy.com, Senin (8/8), angka tersebut dapat menunjukkan bahwa Ukraina telah menimbulkan lebih dari 10.000 korban di Rusia hanya dalam sebulan terakhir karena beberapa sistem roket baru telah datang ke Kyiv dari Amerika Serikat, Inggris, dan Jerman.

Pada Juli, Direktur CIA William Burns mengatakan Rusia telah menderita sekitar 60.000 korban, termasuk 15.000 tentara tewas dalam aksi. Militer Ukraina memperkirakan bahwa 42.340 tentara Rusia telah tewas dalam pertempuran, hampir tiga kali lipat dari apa yang dikatakan pejabat Barat.

Perkiraan jumlah korban di pihak Rusia datang ketika militer Ukraina telah berusaha untuk memanfaatkan artileri roket berpemandu presisi barunya untuk mengambil kembali petak-petak wilayah di dekat Kherson yang diduduki Rusia.

Kremlin berharap untuk mengadakan referendum palsu untuk memberikannya pembenaran populer untuk mencaplok wilayah berdaulat milik Ukraina, seperti yang dilakukan Moskwa pada 2014 dengan Krimea.

Paket bantuan militer Pentagon yang baru mencakup sejumlah amunisi yang dirahasiakan untuk Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) yang dipasang di truk, 75.000 butir amunisi artileri 155mm, dan amunisi untuk pertahanan udara buatan Norwegia serta 1.000 lebih anti-tank Javelin. sistem rudal.

Amerika Serikat kini telah memberikan hampir US$ 10 miliar bantuan militer ke Ukraina sejak invasi skala penuh Rusia, hampir dua kali lipat anggaran militer Kyiv pada tahun 2021.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Aniaya Remaja, 5 Anggota Geng Motor di Bogor Ditangkap

Satreskrim Polres Bogor mengamankan 5 anggota geng motor di wilayah Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor.

NEWS | 6 Oktober 2022

Gunakan PMN dan KMK, Waskita Karya Kebut Proyek Infrastruktur

PT Waskita Karya (Persero) Tbk mempercepat proyek infrastruktur dengan menggunakan Penyertaan Modal Negara (PMN) dan Kredit Modal Kerja (KMK)

NEWS | 6 Oktober 2022

Terkait Pengelolaan Kebun Raya Bogor, Bima Arya Ancam PT MRN

Wali Kota Bogor Bima Arya mengancam akan mengevaluasi keberadaan pihak swasta PT MNR dalam mengelola cagar budaya Kebun Raya Bogor.

NEWS | 6 Oktober 2022

Dipanggil Hari Ini, Rizky Billar Diminta Kooperatif

Rizky Billar dijadwalkan akan menjalani pemeriksaan di Polres Metro Jakarta Selatan terkait kasus KDRT yang dilaporkan oleh sang istri, Lesti Kejora, hari ini.

NEWS | 6 Oktober 2022

Relawan Emak Muda Deklarasi Dukungan untuk Prabowo

Ibu-ibu muda yang tergabung dalam Relawan Emak Muda (Emud) mendeklarasikan dukungan kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto

NEWS | 6 Oktober 2022

Putin Perintahkan Badan Nuklir Rusia Ambil Alih PLTN Zaporizhzhia

Presiden Vladimir Putin memerintahkan badan nuklir Rusia untuk mengambil alih pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia Ukraina, yang terbesar di Eropa.

NEWS | 6 Oktober 2022

KSP Dorong Percepatan Pengadaan Lahan Jalan Pantai Selatan

KSP mendorong percepatan pengadaan lahan untuk pembangunan Jalan Pantai Selatan (Pansela) sebagai salah satu program strategis nasional

NEWS | 6 Oktober 2022

Laporkan Mamat Alkatiri, Hillary Lasut: Kenapa Harus Heboh?

Anggota DPR Hillary Brigitta Lasut melaorkan komika Mamat Alkatiri ke Polda Metro Jaya, terkait dugaan pencemaran nama baik.

NEWS | 6 Oktober 2022

Anak dan Istri Lukas Enembe Mangkir dari Panggilan KPK

Anak dan istri Gubernur Papua Lukas Enembe mangkir dari panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

NEWS | 6 Oktober 2022

Jelang KTT G-20, Menkes Siapkan PeduliLindungi dalam 13 Bahasa

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyiapkan aplikasi PeduliLindungi dalam 13 bahasa menjelang KTT G-20 di Bali, November mendatang.

NEWS | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gunakan PMN dan KMK, Waskita Karya Kebut Proyek Infrastruktur

Gunakan PMN dan KMK, Waskita Karya Kebut Proyek Infrastruktur

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings