Logo BeritaSatu

Didukung KBRI Sofia, Asian Festival 2022 Sedot 10.000 Pengunjung

Selasa, 9 Agustus 2022 | 19:07 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Sofia, Beritasatu.com- Asian Festival 2022 yang didukung Kedutaan Besar Repulik Indonesia (KBRI) Sofia telah berhasil menyedot 10.000 pengunjung. Setelah sempat vakum pada 2020 dan 2021 karena pandemi Covid-19, festival kembali digelar di South Park II, Sofia, Bulgaria pada 2 Juli 2022.

Pada kesempatan itu, Dubes RI untuk Bulgaria Iwan Bogananta melepas merpati perdamaian bersama Wakil Presiden Bulgaria, Iliana Loyova dan para Dubes negara sahabat lainnya.

Berawal dari inisiatif KBRI Sofia pada 2017, Asian Festival sudah menjadi tradisi tahunan di musim panas Bulgaria dan menjadi semakin besar setiap tahunnya. Dengan diselenggarakannya kembali Asian Festival, KBRI Sofia mempromosi produk-produk Indonesia, seni budaya Indonesia, maupun potensi pariwisata Indonesia serta mensosalisasikan Presidensi G-20 Indonesia.

Selain Indonesia, kegiatan Asian Festival diikuti Vietnam, Filipina, Kamboja, Palestina, Pakistan, India, Korea Selatan, Mongolia, Iran, Jepang, dan Uni Emirat Arab. Lebih dari 10.000 pengunjung memadati areal Asian Festival.

Dalam sambutan, Wakil Presiden Bulgaria, Iliana Lotova menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Indonesia yang telah menginisiasi kegiatan ini. Menurut Lotova, acara ini telah berhasil menjadi ajang saling mengenal antara warga Bulgaria dengan negara-negara Asia.

Dubes Iwan juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Bulgaria, yang selalu memberikan dukungan atas penyelenggaraan kegiatan Asian Festival.

“Saya berharap melalui Asian Festival ini, dapat tercipta kerja sama di bidang seni budaya, pariwisata, olahraga maupun ekonomi perdagangan antara negara-negara Asia dengan Bulgaria,” kata Dubes Iwan.

Didukung KBRI Sofia, Asian Festival 2022 Sedot 10.000 Pengunjung
Asian Festival 2022 digelar di South Park II, Sofia, Bulgaria.

Kegiatan Asian Festival 2022 terbagi menjadi tiga aktivitas. Yakni panggung utama, paviliun, dan tenda workshop.

Di panggung utama, KBRI Sofia menampilkan Tari Meras Gandrung oleh Tim Tari Pesona Mawar Nusantara (PMN) asuhan KBRI Sofia, dan Tari Topeng Bujuh. Untuk semakin memeriahkan acara, KBRI Sofia mengundang Tim Kesenian dari Serbia, yakni Tim Tari Bidadari asuhan KBRI Beograd.

Tim Bidadari menampilkan Tari Cendrawasih dan Tari Indang Sumatra. Sebagai kolaborasi antara PMN dan Bidadari, ditampilkan pula Tari 4 Etnis (Makassar, Bugis, Toraja, dan Manado).

Selain itu, Reneta Koleva yang viral di media sosial menyanyikan lagu dari Sumatera Barat, Lah Laruik Sanjo. Seluruh penampilan tim kesenian Indonesia mendapat sambutan yang amat meriah dan hangat dari publik Bulgaria.

Tak hanya itu, untuk KBRI Sofia juga memberikan workshop angklung dan permainan tradisional Indonesia, selain pelajaran Bahasa Indonesia. Melengkapi promosi, KBRI Sofia menghadirkan produk kerajinan UMKM Indonesia di paviliun.

Sementara produk makanan seperti fiber cream, rendang kemasan, Indomie, sardin, tuna kaleng, kopi Indonesia dibagikan secara gratis bagi para pengunjung paviliun.

Di tenda paviliun ini juga, keindahan lokasi wisata Indonesia juga dipamerkan melalui televisi. Para staf KBRI Sofia secara aktif memberikan keterangan informasi kepada para pengunjung mengenai Indonesia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hadiah Kursi Roda dari Puan Bahagiakan Ibu dari Anak Penderita Polio

Petani bunga di Badung, Bali, Ni Ketut Ratko sangat gembira menerima bantuan kursi roda untuk anaknya yang menderita polio.

NEWS | 30 September 2022

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

Pemprov DKI Jakarta mengatakan, pembangunan rusun (rumah susun) di Pulau G kemungkinan akan dilakukan oleh pihak swasta.

NEWS | 30 September 2022

Ali Ibrahim Undang Presiden Jokowi Buka Sail Tidore 2022

Ali Ibrahim mengundang dan meminta secara khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk hadir dan membuka acara Puncak Sail Tidore pada November 2022.

NEWS | 29 September 2022

DPR Siap Tunjukkan Komitmen Indonesia Kurangi Emisi

DPR siap menjadi tuan rumah perhelatan The 8th G-20 Parliamentary Speaker Summit (P-20) yang akan diselenggarakan pekan depan.

NEWS | 29 September 2022

UBK Kerja Sama dengan Persatuan Alumni GMNI

UBK melakukan kerja sama dengan Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia

NEWS | 29 September 2022

Moeldoko Dorong Swasta Terlibat Percepatan Vaksinasi Covid-19

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mendorong keterlibatan pihak swasta dalam percepatan vaksinasi Covid-19.

NEWS | 29 September 2022

Komnas HAM Harap Jaksa Maksimal Dakwa Ferdy Sambo Cs

Komnas HAM berharap jaksa bisa menyusun dakwaan terhadap para tersangka secara maksimal.

NEWS | 29 September 2022

Peraturan Menkumham, Masa Berlaku Paspor Menjadi 10 Tahun

Masa berlaku paspor dari semula lima tahun diubah menjadi 10 tahun. Hal ini diatur dalam Peraturan Menkumham Nomor 18 Tahun 2022.

NEWS | 29 September 2022

Polri Kirim Surat Pemecatan Ferdy Sambo ke Sekmil Presiden

Polri telah mengirim berkas putusan pemecatan mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo ke Sekretariat Militer (Sekmil) Presiden.

NEWS | 29 September 2022

Soal Mobil Dinas Listrik, Pemprov DKI Punya 2 Pilihan

Pemprov DKI akan melakukan 2 pilihan terkait mobil dinas listrik. Dua pilihan itu, adalah memodifikasi kendaraan dinas lama dan membeli mobil listrik.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

NEWS | 3 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings