Logo BeritaSatu

Bangun Transmisi SUTT di Tigaraksa, PLN UIP JBB Gelar Konsultasi Publik

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:07 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (PLN UIP JBB) menggelar konsultasi publik terkait pembangunan proyek transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Tigaraksa II, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.

General Manager PLN UIP JBB, Octavianus Padudung mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk mendapatkan kesepakatan dari pemilik lahan yang dibebaskan guna pembangunan SUTT 150 kV Tigaraksa II, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.

Ia berharap dengan adanya konsultasi publik tersebut pihaknya berharap masyarakat bisa menyetujui dan memahami manfaat positif atas pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang merupakan proyek strategis nasional.

"Kegiatan konsultasi publik sendiri merupakan salah satu rangkaian kegiatan pengadaan tanah yang menggunakan mekanisme penetapan lokasi yang berdasarkan UU Nomor 2 Tahun 2012 tentang pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum," ujar Octavianus Padudung, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/8/2022).

Octavianus menerangkan konsultasi publik tersebut merupakan tindak lanjut kegiatan sosialisasi dan pendataan awal yang dilaksanakan pada Juli 2022 lalu.

"Proses pengadaan tanah ini kami laksanakan sesuai dengan peraturan yang ada dan untuk mekanisme penetapan lokasi pembangunan akan diajukan kepada Bupati Tangerang setelah tahapan konsultasi publik selesai," tambah Octavianus Padudung.

Tahapan selanjutnya setelah kegiatan konsultasi publik adalah penerbitan penetapan lokasi oleh Bupati Tangerang. “Setelah tahapan konsultasi publik selesai maka akan dilanjutkan dengan pengajuan permohonan penetapan lokasi," kata Octavianus.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kasih atas kehadiran para pemilik lahan dan mengapresiasi atas dukungan positif yang diberikan oleh seluruh stakeholder.

"Semoga pembangunan proyek ini dapat berjalan lancar dan bermanfaat untuk menyokong kebutuhan masyarakat, pemerintah, dan industri di Kabupaten Tangerang,” pungkas Octavianus Padudung.

Kegiatan Konsultasi Publik yang dilaksanakan akhir pekan lalu di Aula Kantor Kecamatan Tigaraksa. tersebut dihadiri juga oleh Tim Persiapan Pengadaan Tanah.

Mereka di antaranya yakni Kepala Bidang Pertanahan dan Pemakaman Dinas Perkim Kabupaten Tangerang Dadan Darmawan, Kepala Seksi Pengadaan Tanah Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang M Didi Ali Subandi, para pemilik tanah, tim PLN UIP JBB, didampingi oleh Koordinator Kejaksaan Tinggi Banten Mochamad Novel.

Dadan Darmawan mengungkapkan pentingnya kegiatan konsultasi publik ini sebagai bagian dari tahapan proses pengadaan tanah.

“Konsultasi publik ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2021 terkait proses pengadaan tanah untuk kepentingan umum. Untuk itu kami turut mengundang para pemilik lahan dan juga pihak yang terlibat dalam proses pengadaan tanah untuk hadir dalam kegiatan ini,” kata Dadan.

Sementara itu, Mochamad Novel selaku perwakilan dari Kejaksaan Tinggi Provinsi Banten menyebutkan dengan kegiatan tersebut seluruh elemen yang berkepentingan diharapkan berpartisipasi dan mendukung rencana pembangunan infrastuktur ketenagalistrikan. "Sehingga kita bisa mendapatkan input dan feedback atas rencana pembangunan proyek ini,” kata Novel.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Berkas Perkara Dinyatakan Lengkap Polri Serahkan Sambo Cs ke Jaksa

Ferdy Sambo dan 11 tersangka lain kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J dan obstruction of justice segera diserahkan ke jaksa.

NEWS | 29 September 2022

Kasus dan Kematian Covid-19 Jakarta sampai 28 September 2022

Infografik tentang data kasus dan jumlah kematian Covid-19 di Jakarta sampai tanggal 28 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Jumlah Penerima Vaksin Covid-19 sampai 28 September 2022

Infografik tentang data jumlah penerima vaksin Covid-19 di Indonesia sampai dengan tanggal 28 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia sampai 28 September 2022

Infografik tentang data dan tren kasus aktif Covid-19 di Indonesia sampai dengan tanggal 28 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Prevalensi Covid-19 di 10 Provinsi pada 28 September 2022

Infografik tentang data angka prevalensi Covid-19 di 10 provinsi di Indonesia pada tanggal 28 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Partai Demokrat Tetap Ingin AHY Ikut Pilpres 2024

Koordinator Juru bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menegaskan partainya terbuka mengusung Anies Baswedan sebagai capres.

NEWS | 29 September 2022

Puan Tanam Padi Bareng Petani dan Borong Sayur-Mayur di Bali

Dalam kunjungan kerjanya di Bali, Ketua DPR Puan Maharani meninjau lokasi pertanian di Kabupaten Badung. Ia juga ikut menanam padi bersama petani.

NEWS | 29 September 2022

Puan Maharani Tegaskan PDIP Siap Usung Calon Presiden Sendiri

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani menyatakan partainya siap mengusung calon presiden (capres) sendiri pada Pilpres 2024.

NEWS | 29 September 2022

Data Positivity Rate Covid-19 sampai 28 September 2022

Infografik tentang data positivity rate Covid-19 di Indonesia sampai dengan tanggal 28 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Tim Putri BIN O2C Berpeluang ke Babak Kedua Livoli

Tim putri BIN O2C Bandung dan PLN Batam berpeluang ke babak delapan besar kompetisi bola voli Livoli Divisi I.

NEWS | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Berkas Perkara Dinyatakan Lengkap Polri Serahkan Sambo Cs ke Jaksa

Berkas Perkara Dinyatakan Lengkap Polri Serahkan Sambo Cs ke Jaksa

NEWS | 47 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings