Logo BeritaSatu

Kasus Kematian Brigadir J, Komnas HAM Periksa 5 CCTV

Rabu, 10 Agustus 2022 | 17:59 WIB
Oleh : Mikael Niman / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - ‎Komnas HAM memeriksa lima unit digital video recorder (DVR) kamera pengawas (CCTV) yang merekam terkait peristiwa kematian Brigadir J. DVR merupakan perangkat elektronik yang berisi rekaman video dari kamera pengawas.

Kelima DVR CCTV didapatkan Komnas HAM dari Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri‎ dari berbagai titik lokasi.

"Kaitannya dengan rekaman CCTV, ada lima DVR yang disampaikan datanya, informasinya kepada Komnas HAM," kata Komisioner Komnas HAM Beka Ulung di kantornya pada Rabu (10/8/2022).

Menurutnya, Komnas HAM telah meminta kepada Tim Puslabfor Polri untuk memeriksa rekaman CCTV yang berkaitan dengan kematian Brigadir J.

Lebih lanjut, Komisioner Komnas HAM Choirul Anam menambahkan, Tim Puslabfor Polri secara jelas telah menerangkan kondisi DVR CCTV yang disita penyidik.

‎"DVR CCTV ini memang pernah kami minta saat digital forensik datang ke Komnas HAM dan tadi kami diberikan hasilnya. Apakah itu rusak, kondisinya rusak atau tidak rusak kami tadi diberitahu dari Labfor," sambung Choirul Anam.

Saat dikonfirmasi, titik pemasangan CCTV di mana saja, Anam tidak mau menjawab. ‎"Seperti yang kami sampaikan ada DVR lima. Sekarang sudah diproses, hasilnya disampaikan kepada kami. Nanti, kami akan sampaikan di kesimpulan," imbuhnya.

Menurutnya, Komnas HAM akan membuat kesimpulan, apakah kasus kematian Brigadir J ini telah terjadi pelanggaran hak asasi manusia atau tidak. ‎



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ismail Bolong Tegaskan Tidak Pernah Bertemu Kabareskrim

Melalui pengacaranya, Ismail Bolong menegaskan tidak pernah bertemu dengan Kabareskrim Komjen Agus Andrianto terkait kasus tambang ilegal di Kaltim. 

NEWS | 7 Desember 2022

Perwira Polda Banten Dikeroyok di Depan Rumahnya di Serang

Seorang perwira Polri, Ipda MD yang bertugas di Ditkrimsus Polda Banten dikeroyok sekelompok orang di depan rumahnya di Serang, Banten. 

NEWS | 7 Desember 2022

Kesaksian Ferdy Sambo Dinilai Bisa Bebaskan Eliezer

Ronny Talapessy, kuasa hukum Richard Eliezer atau Bharada E menilai kesaksian Ferdy Sambo bisa membebaskan kliennya dari kasus pembunuhan Brigadir J.

NEWS | 7 Desember 2022

Bom Bunuh Diri Bandung: Kapolri Minta Jajaran Tetap Semangat

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo meminta jajarannya tetap semangat dalam melayani masyarakat saat menjenguk korban bom bunuh diri.

NEWS | 7 Desember 2022

Bertahan di Pengungsian, Korban Gempa Cianjur Takut Pulang

Para korban gempa Cianjur banyak yang memilih bertahan di pengungsian. Korban gempa Cianjur mengaku trauma dan masih takut untuk pulang ke rumah mereka.

NEWS | 7 Desember 2022

Bantah Tembak Brigadir J, Ferdy Sambo Dicecar Hakim

Ferdy Sambo dicecar oleh majelis hakim PN Jaksel karena terus membantah turut menembak Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 7 Desember 2022

Tahanan Polsek Astana Anyar Dipindahkan Usai Bom Bunuh Diri

Pelayanan dan tahanan Polsek Astana Anyar dipindahkan ke Mapolrestabes Bandung usai bom bunuh diri yang menghancurkan Mapolsek Astana Anyar. 

NEWS | 7 Desember 2022

Terpidana Bom Bali I, Umar Patek Bebas Bersyarat Hari Ini

Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham menyatakan, Hisyam bin Alizein alias Umar Patek, terpidana bom Bali I bebas bersyarat mulai hari ini, Rabu (7/12/2022).

NEWS | 7 Desember 2022

Setelah Menikah, Kaesang dan Erina Tak Akan Tunda Momongan

Kaesang Pangarep mengaku akan langsung tancap gas untuk punya momongan setelah resmi menikah dengan Erina Gudono.

NEWS | 7 Desember 2022

Mengaku Tak Jujur, Ferdy Sambo Tak Sudi Disebut Pembohong

Ferdy Sambo tidak sudi disebut pembohong, meski hasil poligraf atau uji kebohongan terkait kasus pembunuhan Brigadir J menyatakan Ferdy Sambo tidak jujur.

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Awas Tertipu Perangkat Bodong, Begini Cara Cek IMEI HP

Awas Tertipu Perangkat Bodong, Begini Cara Cek IMEI HP

EKONOMI | 19 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE