Logo BeritaSatu

Presiden Joe Biden Sebut NATO Lebih Kuat dari Sebelumnya

Kamis, 11 Agustus 2022 | 07:30 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyebut NATO lebih kuat dari sebelumnya. Seperti dilaporkan RT, Rabu (10/8/2022), Biden berpendapat Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) sangat diperlukan untuk perdamaian dunia, sambil meratifikasi tawaran keanggotaan Finlandia dan Swedia.

Presiden AS Joe Biden telah menyetujui permohonan Finlandia dan Swedia untuk bergabung dengan NATO. Dia mengatakan bahwa anggota baru aliansi yang potensial akan membuatnya sekuat sebelumnya, sambil bersumpah untuk menantang Rusia dan "otokrat" yang mengancam "tatanan berdasarkan aturan."

Berbicara beberapa saat sebelum menandatangani instrumen ratifikasi AS untuk keanggotaan NATO negara-negara Nordik pada Selasa, Biden memuji kolektif militer yang dipimpin AS. NATO mengklaim itu telah membuat orang Amerika tetap aman dan berfungsi sebagai “dasar keamanan kami di seluruh dunia.”

“Aliansi kami lebih dekat dari sebelumnya. Itu lebih bersatu dari sebelumnya. Dan ketika Finlandia dan Swedia membawa jumlah sekutu menjadi 32, kita akan menjadi lebih kuat dari sebelumnya,” kata presiden.

Biden menambahkan bahwa kedua negara memiliki institusi demokrasi yang kuat, militer yang kuat dan ekonomi yang kuat dan transparan” dan akan “bertemu setiap persyaratan NATO.

Didorong oleh serangan Rusia di Ukraina, Finlandia dan Swedia memutuskan untuk bergabung dengan NATO setelah beberapa dekade netral, secara resmi mengajukan keanggotaan pada bulan Mei.

Secara cepat NATO menerima permintaan itu, dengan Washington dan negara-negara anggota kunci lainnya berjanji untuk menyetujui tawaran mereka sesegera mungkin.

Biden mengutuk Rusia secara langsung dalam sambutannya pada hari Selasa, mengklaim Presiden Vladimir Putin telah “menghancurkan perdamaian dan keamanan di Eropa.”

Biden menambahkan bahwa komitmen Washington untuk NATO “lebih penting daripada sebelumnya” pada saat “otokrat menantang dasar-dasar tatanan berbasis aturan,” yang tampaknya merujuk pada aksi militer Moskwa.

Saat lebih dari 20 dari 30 anggota NATO telah meratifikasi aksesi mereka, Swedia dan Finlandia memerlukan persetujuan bulat dari aliansi untuk bergabung. Keduanya awalnya menghadapi perlawanan keras dari Turki, tetapi muncul telah mencapai kesepakatan tentatif untuk memenuhi kondisi Ankara.

Meskipun Moskwa telah lama menyuarakan keprihatinan tentang perluasan NATO ke arah timur – Finlandia berbagi perbatasan 1.340 kilometer dengan Rusia, Presiden Putin telah menyatakan bahwa Rusia “tidak memiliki masalah” dengan kedua negara. Rusia tidak melihat keanggotaan Swedia dan Finlandia sebagai satu "ancaman langsung".



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

DPR: Penolakan Banding Sambo Bukti Keseriusan Polri

Nasir Djamil menilai penolakan banding Irjen Ferdy Sambo atas sanksi pemecatan tidak dengan hormat, menunjukkan keseriusan Polri menyikapi harapan publik.

NEWS | 25 September 2022

Perubahan Jam Kerja di DKI, Bogor Ingin Ada Kajian Bersama

Pemkot Bogor ingin ada kajian bersama dengan daerah penyangga terkait rencana perubahan jam kerja sebagai upaya mengatasi kemacetan di DKI.

NEWS | 25 September 2022

Gempa Bumi Magnitudo 5,5 Guncang Melonguane Sulawesi Utara

Gempa bumi dengan magnitudo 5,5 yang mengguncang Melonguane, Sulawesi Utara itu terjadi pukul 18.16.33 WIB.

NEWS | 25 September 2022

MAKI: Lukas Enembe Cukup Sehat Jalani Pemeriksaan KPK

MAKI menilai Gubernur Papua Lukas Enembe cukup sehat sehingga dapat menjalani pemeriksaan yang diagendakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

NEWS | 25 September 2022

Tak Masuk Prolegnas, Ini Pasal Kontroversial RUU Sisdiknas

RUU Sisdiknas batal masuk dalam Prolegnas prioritas tahun 2022, berikut berbagai pasal kontroversial yang tercantum di dalamnya.

NEWS | 25 September 2022

Kasus Lukas Enembe, KSP Tegaskan Tak Ada Kaitan dengan Politik

Tenaga Ahli Utama KSP Theo Litaay menegaskan kasus Lukas Enembe murni kasus hukum dan tak ada kaitannya dengan masalah politik.

NEWS | 25 September 2022

Cerita Rektor UGM Saat Jadi Mahasiswa Almarhum Samekto

Rektor UGM Ova Emilia menceritakan kisahnya saat masih menjadi mahasiswa almarhum Samekto Wibowo. 

NEWS | 25 September 2022

Mendag Zulhas Usulkan Rp 100 Triliun Serap Hasil Petani

Mendag Zulkifli Hasan mengusulkan anggaran sebesar Rp 100 triliun per tahun untuk menyerap komoditas bahan pokok hasil para petani.

NEWS | 25 September 2022

32 Pasien Covid-19 Jalani Perawatan di RSDC Wisma Atlet

Pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, hingga hari ini Minggu (25/9/2022) tersisa 32 orang.

NEWS | 25 September 2022

Puisi Terakhir Karya Prof Samekto Dibacakan, Pelayat Menitikkan Air Mata

Saat puisi terakhir karya Prof Samekto dibacakan, para pelayat menitikkan air mata. Samekto Wibowo meninggal karena terseret ombak.

NEWS | 25 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DPR: Penolakan Banding Sambo Bukti Keseriusan Polri

DPR: Penolakan Banding Sambo Bukti Keseriusan Polri

NEWS | 1 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings