Logo BeritaSatu

Perhatikan 5 Hal Ini Saat Bangun Brandingdi Media Sosial

Kamis, 11 Agustus 2022 | 07:40 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Masyarakat Indonesia khususnya pengguna internet diajak membangun branding atau merek yang baik di media sosial.

Ketua Divisi Kemitraan Siberkreasi, Oktora Irahadi mengatakan terdapat empat hal yang perlu diperhatikan jika ingin memiliki branding yang baik di media sosial.

Pertama, kita harus konsisten dalam membuat konten secara terus menerus. Kedua, manfaatkan sosial media sebagai tempat bersosialisasi untuk meningkatkan engagement. Ketiga, selalu objektif terhadap apa yang ingin disampaikan, di mana, dan bagaimana cara menyampaikannya.

"Terakhir, sabar karena membangun brand tidak dapat dilakukan dalam waktu yang singkat dan tetap berusaha,” kata Oktora Irahadi.

Wakil Ketua Umum Siberkreasi, Mira Sahid menyatakan bila ditinjau dari perspektif etis digital, terdapat lima hal yang dapat dilakukan agar media sosial branding tetap baik.

"Pertama, hindari membuat konten yang melanggar kesusilaan. Kedua, jangan menghina atau melakukan pencemaran nama baik. Ketiga, hindari menyebarkan berita hoaks. Keempat, jangan menggunakan sosial media sebagai alat untuk mengancam atau memeras orang. Kelima, hindari membuat dan menyebar konten permusuhan dan mengandung SARA,” ujar Mira Sahid.

Lebih lanjut Ketua Prodi Manajemen Pemasaran Politeknik APP Jakarta & Praktisi Literasi Digital, Aji Kresno mengungkapkan keamanan digital tidak hanya untuk mengamankan data yang dimiliki, melainkan juga melindungi data pribadi yang bersifat rahasia.

"Begitu juga dengan membangun branding di sosial media kita harus berhati hati terhadap keamanan identitas digital, memahami rekam jejak digital serta mewaspadai penipuan digital,” papar Aji Kresno.

Maka dari itu pemerintah melalui Kemenkominfo berfokus pada peningkatan wawasan dan kecakapan digital masyarakat Indonesia yang diukur berdasarkan empat pilar digital, yaitu kecakapan, etika, keamanan dan budaya digital.

“Pada tahun 2022 diberikan pelatihan literasi digital kepada 5,5 juta masyarakat. Kinerja literasi digital pun mulai menunjukkan peningkatan dari segi kualitas. Peluang kecakapan digital tersebut perlu dimanfaatkan secara optimal, mengingat kita memiliki potensi SDM yang besar,” ujar Menkominfo, Johnny G. Plate, dalam keterangannya Rabu (10/8/2022).

Program “Indonesia Makin Cakap Digital 2022”. Program ini bertujuan untuk membangun wawasan dan pengetahuan terkait literasi digital dalam bentuk webinar yang digelar bersama Siberkreasi bertema “Konsep Bisnis Digital: Sosial Media Branding”.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Warga Jakarta, Waspada Hujan Lebat Disertai Petir Hari ini

BMKG memperingatkan warga Jakarta untuk waspada akan potensi hujan lebat yang akan terjadi di Ibu Kota dan beberapa daerah lain.

NEWS | 4 Oktober 2022

Ukraina Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Bersama di Piala Dunia 2030

Ukraina akan bergabung dengan Spanyol dan Portugal dalam upaya mereka untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030.

NEWS | 4 Oktober 2022

Uji Rudal Korut ke Wilayah Jepang,Warga Sempat Diminta Berlindung

Korut menembakkan rudal balistik menuju ke wilayah Jepang pada Selasa (4/10/2022), memicu peringatan bagi penduduk untuk berlindung.

NEWS | 4 Oktober 2022

Pencuri Brankas Kafe Menyamar dengan Pakai Daster Tetangga

Seorang pencuri melakukan aksinya dengan menyamar sebagai perempuan dengan menggunakan daster milik tetangga.

NEWS | 4 Oktober 2022

Sepanjang 2022, 1.153 Orang Tewas Kecelakaan di Sumut

Polda Sumut mencatat, sebanyak 1.153 orang meninggal dunia dari 4.306 kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Sumatera Utara.

NEWS | 4 Oktober 2022

Gara-Gara Tragedi Kanjuruhan, Pos Polisi di Makassar Nyaris Dibakar

Pos polisi di Makassar hendak dibakar dan diduga terkait dengan tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, yang menewaskan lebih seratus orang.

NEWS | 4 Oktober 2022

Riset Gen Manusia Purba, Svante Paabo Diganjar Hadiah Nobel Kedokteran 2022

Ilmuwan Svante Paabo memenangkan Hadiah Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran 2022 untuk riset gen manusia purba.

NEWS | 4 Oktober 2022

Buntut Konten Prank KDRT, Baim Wong Dilaporkan ke Polisi

Baim Wong dan Paula Verhoeven dilaporkan ke Polres Metro, Jakarta Selatan terkait konten prank KDRT yang dibuat keduanya.

NEWS | 3 Oktober 2022

Santri Dukung Ganjar Gelar Maulid Nabi di Jakarta

Santri Dukung Ganjar mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan doa bersama untuk Ganjar Pranowo dan Indonesia di Jakarta Utara.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragis, Tragedi Kanjuruhan Buat Alfiansyah Jadi Yatim Piatu

Peristiwa tragedi Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) memaksa bocah 11 tahun M Alfiansyah menjadi anak yatim piatu.

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
<em>Startup</em> Ini Gratiskan Tagihan Listrik 500 Masjid dan Musala

Startup Ini Gratiskan Tagihan Listrik 500 Masjid dan Musala

LIFESTYLE | 19 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings