Logo BeritaSatu

Trump Tolak Jawab Interogasi Kejaksaan Agung New York

Kamis, 11 Agustus 2022 | 11:07 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Mantan presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menolak untuk menjawab pertanyaan di bawah sumpah saat hadir di hadapan jaksa agung negara bagian New York dalam investigasi atas urusan bisnisnya.

Seperti dilaporkan Al Jazeera, Rabu (10/8/2022), investigasi sipil yang berjalan lama sedang menyelidiki apakah perusahaan mantan presiden menyesatkan pemberi pinjaman dan otoritas pajak dalam menilai aset.

Trump telah muncul di kantor Jaksa Agung negara bagian Letitia James pada Rabu pagi untuk bersaksi dalam penyelidikan sipil jangka panjang atas keuangan Organisasi Trump.

"Saya menolak untuk menjawab pertanyaan di bawah hak dan hak istimewa yang diberikan kepada setiap warga negara di bawah Konstitusi Amerika Serikat," kata Trump.

Amandemen Kelima Konstitusi AS memberikan hak untuk tetap diam ketika ditanyai oleh pihak berwenang untuk melindungi diri dari tuduhan.

Deposisi Trump di New York terjadi kurang dari dua hari setelah agen FBI menggeledah rumahnya di Florida sebagai bagian dari penyelidikan terpisah untuk mencari kemungkinan kesalahan penanganan dokumen rahasia oleh mantan presiden, menurut beberapa media AS.

Jaksa Agung New York meluncurkan penyelidikan sipil pada 2019 setelah mantan pengacara pribadi Trump Michael Cohen bersaksi di Kongres bahwa mantan presiden melebih-lebihkan asetnya "ketika itu memenuhi tujuannya".

James mengatakan dalam pengajuan pengadilan bahwa kantornya telah menemukan bukti "signifikan" bahwa perusahaan Trump "menggunakan penilaian aset yang curang atau menyesatkan untuk mendapatkan sejumlah manfaat ekonomi, termasuk pinjaman, pertanggungan asuransi, dan pengurangan pajak."

Sebelumnya, Trump akan mencalonkan diri sebagai presiden lagi pada tahun 2024. Dia telah menolak penyelidikan New York, penyelidikan federal dan komite kongres yang menyelidiki serangan 6 Januari 2021 di Capitol oleh para pendukungnya sebagai bermotif politik.

Pada Rabu, Trump mengulangi bahwa dia "tidak melakukan kesalahan." Dia menekankan tanpa bukti bahwa otoritas federal, jaksa negara bagian dan apa yang dia sebut "media berita palsu" menargetkannya dengan tuduhan yang tidak berdasar.

"Jika ada pertanyaan dalam pikiran saya, penggerebekan rumah saya, Mar-a-Lago, pada hari Senin oleh FBI, hanya dua hari sebelum deposisi ini, menghapus segala ketidakpastian," kata Trump.

Trump dimakzulkan dua kali sebagai presiden, termasuk pada awal 2021 karena menghasut kerusuhan di US Capitol ketika legislator mengesahkan kemenangan pemilihan Biden. Namun dia dibebaskan oleh Senat dalam pemungutan suara di sepanjang garis partai.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hadiah Kursi Roda dari Puan Bahagiakan Ibu dari Anak Penderita Polio

Petani bunga di Badung, Bali, Ni Ketut Ratko sangat gembira menerima bantuan kursi roda untuk anaknya yang menderita polio.

NEWS | 30 September 2022

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

Pemprov DKI Jakarta mengatakan, pembangunan rusun (rumah susun) di Pulau G kemungkinan akan dilakukan oleh pihak swasta.

NEWS | 30 September 2022

Ali Ibrahim Undang Presiden Jokowi Buka Sail Tidore 2022

Ali Ibrahim mengundang dan meminta secara khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk hadir dan membuka acara Puncak Sail Tidore pada November 2022.

NEWS | 29 September 2022

DPR Siap Tunjukkan Komitmen Indonesia Kurangi Emisi

DPR siap menjadi tuan rumah perhelatan The 8th G-20 Parliamentary Speaker Summit (P-20) yang akan diselenggarakan pekan depan.

NEWS | 29 September 2022

UBK Kerja Sama dengan Persatuan Alumni GMNI

UBK melakukan kerja sama dengan Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia

NEWS | 29 September 2022

Moeldoko Dorong Swasta Terlibat Percepatan Vaksinasi Covid-19

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mendorong keterlibatan pihak swasta dalam percepatan vaksinasi Covid-19.

NEWS | 29 September 2022

Komnas HAM Harap Jaksa Maksimal Dakwa Ferdy Sambo Cs

Komnas HAM berharap jaksa bisa menyusun dakwaan terhadap para tersangka secara maksimal.

NEWS | 29 September 2022

Peraturan Menkumham, Masa Berlaku Paspor Menjadi 10 Tahun

Masa berlaku paspor dari semula lima tahun diubah menjadi 10 tahun. Hal ini diatur dalam Peraturan Menkumham Nomor 18 Tahun 2022.

NEWS | 29 September 2022

Polri Kirim Surat Pemecatan Ferdy Sambo ke Sekmil Presiden

Polri telah mengirim berkas putusan pemecatan mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo ke Sekretariat Militer (Sekmil) Presiden.

NEWS | 29 September 2022

Soal Mobil Dinas Listrik, Pemprov DKI Punya 2 Pilihan

Pemprov DKI akan melakukan 2 pilihan terkait mobil dinas listrik. Dua pilihan itu, adalah memodifikasi kendaraan dinas lama dan membeli mobil listrik.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

NEWS | 4 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings