Logo BeritaSatu

Trump Tolak Jawab Interogasi Kejaksaan Agung New York

Kamis, 11 Agustus 2022 | 11:07 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Mantan presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menolak untuk menjawab pertanyaan di bawah sumpah saat hadir di hadapan jaksa agung negara bagian New York dalam investigasi atas urusan bisnisnya.

Seperti dilaporkan Al Jazeera, Rabu (10/8/2022), investigasi sipil yang berjalan lama sedang menyelidiki apakah perusahaan mantan presiden menyesatkan pemberi pinjaman dan otoritas pajak dalam menilai aset.

Trump telah muncul di kantor Jaksa Agung negara bagian Letitia James pada Rabu pagi untuk bersaksi dalam penyelidikan sipil jangka panjang atas keuangan Organisasi Trump.

"Saya menolak untuk menjawab pertanyaan di bawah hak dan hak istimewa yang diberikan kepada setiap warga negara di bawah Konstitusi Amerika Serikat," kata Trump.

Amandemen Kelima Konstitusi AS memberikan hak untuk tetap diam ketika ditanyai oleh pihak berwenang untuk melindungi diri dari tuduhan.

Deposisi Trump di New York terjadi kurang dari dua hari setelah agen FBI menggeledah rumahnya di Florida sebagai bagian dari penyelidikan terpisah untuk mencari kemungkinan kesalahan penanganan dokumen rahasia oleh mantan presiden, menurut beberapa media AS.

Jaksa Agung New York meluncurkan penyelidikan sipil pada 2019 setelah mantan pengacara pribadi Trump Michael Cohen bersaksi di Kongres bahwa mantan presiden melebih-lebihkan asetnya "ketika itu memenuhi tujuannya".

James mengatakan dalam pengajuan pengadilan bahwa kantornya telah menemukan bukti "signifikan" bahwa perusahaan Trump "menggunakan penilaian aset yang curang atau menyesatkan untuk mendapatkan sejumlah manfaat ekonomi, termasuk pinjaman, pertanggungan asuransi, dan pengurangan pajak."

Sebelumnya, Trump akan mencalonkan diri sebagai presiden lagi pada tahun 2024. Dia telah menolak penyelidikan New York, penyelidikan federal dan komite kongres yang menyelidiki serangan 6 Januari 2021 di Capitol oleh para pendukungnya sebagai bermotif politik.

Pada Rabu, Trump mengulangi bahwa dia "tidak melakukan kesalahan." Dia menekankan tanpa bukti bahwa otoritas federal, jaksa negara bagian dan apa yang dia sebut "media berita palsu" menargetkannya dengan tuduhan yang tidak berdasar.

"Jika ada pertanyaan dalam pikiran saya, penggerebekan rumah saya, Mar-a-Lago, pada hari Senin oleh FBI, hanya dua hari sebelum deposisi ini, menghapus segala ketidakpastian," kata Trump.

Trump dimakzulkan dua kali sebagai presiden, termasuk pada awal 2021 karena menghasut kerusuhan di US Capitol ketika legislator mengesahkan kemenangan pemilihan Biden. Namun dia dibebaskan oleh Senat dalam pemungutan suara di sepanjang garis partai.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Prabowo Hanya Tertawa Saat Ditanya Elektabilitasnya Stagnan

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto hanya tertawa saat ditanya mengenai elektabilitasnya di beberapa lembaga survei stagnan. 

NEWS | 6 Desember 2022

Fenomena Langka, Jutaan Klaper Membuat Puluhan Pengendara Kecelakaan

Musim hujan dan cuaca yang lembab membuat jutaan hewan mirip laron yang lazim disebut klaper berkumpul di atas Jembatan Ngrame.

NEWS | 6 Desember 2022

Gempa M 6,2 Landa Jember, Dirasakan di Bali dan Yogyakarta

Gempa berkekuatan Magnitudo (M) 6,2 melanda Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa (6/12/2022). Gempa itu juga dirasakan di Bali dan Yogyakarta.

NEWS | 6 Desember 2022

Gempa M 6,2 Guncang Jember

BMKG melaporkan telah terjadi gempa magnitudo 6,2 berlokasi di 284 km Barat Daya Jember, Jawa Timur pada Selasa (6/12/2022) pukul 13.07 WIB.

NEWS | 6 Desember 2022

Buruh Tewas Tergiling di Pabrik Gula di Lampung

Sobari (40), warga Dusun IV Desa Sukadana Udik, Kecamatan Bunga Mayang, Kabupaten Lampung Utara tewas tergiling mesin penggilingan tebu PTPBN VII.

NEWS | 6 Desember 2022

8 TKI Asal Pontianak Jadi Korban Trafficking dan Penyiksaan di Laos

Sedikitnya delapan TKI asal Pontianak Kalimantan Barat (Kalbar) menjadi korban trafficking dan penyiksaan di Laos sejak Oktober 2022 lalu. 

NEWS | 6 Desember 2022

Polresta Lampung Uji Balistik Peluru Nyasar yang Mengenai Balita

Sat Reskrim Polresta Bandar Lampung, Lampung melakukan uji balistik peluru nyasar yang melukai pergelangan kaki seorang balita Ibrahim El Rahman (1,5).

NEWS | 6 Desember 2022

KKB Bunuh 2 Tukang Ojek di Pegubin, Papua Pegunungan

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua dilaporkan membunuh dua tukang ojek yang mangkal di pangkalan Kali Digoel, Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan.

NEWS | 6 Desember 2022

RUU KUHP Disahkan, Menkumham Yasonna: Momen Bersejarah

Menkumham Yasonna H Laoly menyatakan, pengesahan RUU KUHP menjadi UU merupakan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia. 

NEWS | 6 Desember 2022

4 RT di Daerah Pesisir Terendam Banjir Pasang Air Laut

Saat ini, Selasa (06/12/2022) terjadi pasang air laut yang berpotensi menyebabkan banjir pesisir (ROB) di beberapa titik di wilayah DKI Jakarta.

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pernikahan Kaesang, Benteng Vastenburg Dijadikan Kantong Parkir

Pernikahan Kaesang, Benteng Vastenburg Dijadikan Kantong Parkir

LIFESTYLE | 18 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE