Logo BeritaSatu

DPR Sindir Mahfud soal Kasus Brigadir J: Menteri Koordinator, Bukan Komentator

Kamis, 11 Agustus 2022 | 11:27 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Komisi III DPR, Bambang Wuryanto menyindir Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD soal kasus pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Hal ini karena Bambang menilai Mahfud MD belakangan ini kerap mengomentari lebih awal kasus Brigadir J sebelum Polri menyampaikan secara resmi.

Bahkan, Mahfud sempat menyebut akan ada tersangka ketiga kasus Brigadir J, sebelum Polri mengumumkan secara resmi tersangka tersebut.

"Tersangka belum diumumkan dia (Mahfud MD) sudah ngumumkan dulu. Apakah yang begitu itu jadi tugas menko polhukam. Saya bertanya sebagai ketua Komisi III, apakah itu masuk di dalam tupoksi menteri koordinator politik hukum dan keamanan? Koordinator loh, bukan komentator. Menteri koordinator bukan menteri komentator," ujar Bambang kepada wartawan, Kamis (11/8/2022).

Bambang juga merespons pernyataan Mahfud MD soal diamnya DPR dalam kasus Brigadir J yang melibatkan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo. Bambang menegaskan DPR diam karena tahu diri akan fungsi dan tugasnya.

"Jadi kalau menko polhukam ngomong bahwa itu DPR kok tidak ribut justru karena DPR sadar posisi. Kita malah justru bertanya apakah menko polhukam itu punya posisinya memang tukang komentar?," tegas politikus PDIP ini.

Menurut Bambang, DPR mempunyai forum khusus untuk meminta penjelasan dan keterangan dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo atas kasus tewasnya Brigadir J. Forum tersebut adalah rapat kerja atau rapat dengar pendapat dengan Kapolri yang rencananya digelar setelah reses.

"Nanti Pak Kapolri pasti kita undang ke Komisi III untuk menjelaskan ini semua," tutur Bambang.

Terpisah, Wakil Ketua Komisi III DPR Adies Kadir juga menyindir Mahfud MD yang menyebut DPR irit bicara soal kasus tewasnya Brigadir J. Menurut Adies, Komisi III DPR belum memanggil Kapolri Jenderal Listyo Sigit terkait kasus Brigadir J lantaran masih masa reses DPR.

"Pak Mahfud itu ngerti enggak kita lagi reses. Reses masa boleh kita panggil-panggil! Kalau sudah masuk pasti kita panggil. Suruh pelajari dulu dia (Mahfud MD) UU MD3 lah, baru ngomong," kata Adies.

Adies mengatakan Komisi III selama ini selalu berkomunikasi dengan Kapolri dan Kabareskrim Komjen Agus Andrianto terkait kasus ini. Hanya saja, kata dia, DPR menyerahkan penanganan kasus ini sepenuhnya kepada Polri.

"Kita selalu minta perkembangan, jadi kita tunggu saja hasil penyelidikan dari Kabareskrim, Kapolri," pungkas Adies.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kapolri dan Gubernur DKI Hadiri Peresmian Kantor Pemuda Pancasila

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri peresmian kantor MPP Pemuda Pancasila.

NEWS | 1 Oktober 2022

Hari Kesaktian Pancasila, Nadiem: Jadikan Nilai Pancasila sebagai Petunjuk

Memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Mendikbudristek Nadiem Makarim mengajak jadikan nilai Pancasila sebagai petunjuk dan tujuan hidup.

NEWS | 1 Oktober 2022

Ikut Lapak Ganjar, Penjualan UMKM Lampu Hias Naik 50%

Penjualan UMKM lampu hias milik Ahmad Sholikin berhasil meningkat 50% karena mengikuti program Lapak Ganjar.

NEWS | 1 Oktober 2022

Perwira Senior Pengawal Revolusi Iran Tewas dalam Bentrokan

Pengawal Revolusi Iran mengumumkan pada hari Sabtu, bahwa seorang perwira senior tewas dalam bentrokan di tenggara negara itu.

NEWS | 1 Oktober 2022

Jelang KTT G-20, BMKG Siapkan Skenario Terburuk Potensi Bencana

BMKG telah menyiapkan berbagai langkah mitigasi guna mengantisipasi skenario terburuk apabila terjadi bencana alam saat pelaksanaan KTT G-20.

NEWS | 1 Oktober 2022

Jalan ke Lokasi Wisata Salib Putih Tertutup Longsor Seusai Gempa Tapanuli Utara

Gempa Tapanuli Utara magnitudo 5,8 menyebabkan longsor dan tanah retak selain kerusakan rumah dan fasilitas umum.

NEWS | 1 Oktober 2022

Waspada Gempa Susulan, BMKG: Jangan Tinggal di Rumah yang Rusak

BMKG mengingatkan kepada warga korban gempa Tapanuli Utara untuk mewaspadai gempa susulan, dan meminta warga tidak tinggal di rumah yang rusak akibat gempa.

NEWS | 1 Oktober 2022

"Tuhan! Tuhan!" Ini Video Detik-detik Gempa Tapanuli Utara

Viral video gempa memperlihatkan kepanikan warga Tapanuli Utara ketika merasakan gempa bumi tektonik dengan kekuatan magnitudo (M) 6,0 pada Sabtu (1/10/2022).

NEWS | 1 Oktober 2022

Gempa Tapanuli Utara Terjadi Saat Warga Sedang Tertidur Lelap

Gempa berkekuatan magnitudo (M) 6 yang mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) terjadi saat itu banyak warga sedang tertidur lelap.

NEWS | 1 Oktober 2022

Kembangkan Food Estate, Suharso Gandeng Airlangga dan Prabowo

Guna mengembangkan food estate, Menteri PPN Suharso Monoarfa berkolaborasi dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menhan Prabowo Subianto.

NEWS | 1 Oktober 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kapolri dan Gubernur DKI Hadiri Peresmian Kantor Pemuda Pancasila

Kapolri dan Gubernur DKI Hadiri Peresmian Kantor Pemuda Pancasila

NEWS | 15 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings