Logo BeritaSatu

Sejuta Anak di London Dapat Tawaran Vaksin Booster Polio

Kamis, 11 Agustus 2022 | 11:41 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

London, Beritasatu.com- Anak-anak yang tinggal di London, Inggris mendapat tawaran dosis tambahan vaksin polio. Seperti dilaporkan CNN, Rabu (10/8/2022), penawaran diberikan menyusul penemuan virus polio di saluran pembuangan di ibu kota Inggris.

Komite Gabungan Inggris untuk Vaksinasi dan Imunisasi menyatakan dosis penguat vaksin polio yang ditargetkan harus ditawarkan kepada semua anak antara usia 1 dan 9 tahun di semua wilayah London.

"Ini akan memastikan perlindungan tingkat tinggi dari kelumpuhan dan membantu mengurangi penyebaran virus lebih lanjut," kata Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) yang mengumumkan langkah tersebut.

Menurut data terbaru dari Kantor Statistik Nasional Inggris, sekitar sejuta anak dari usia itu tinggal di wilayah London, Inggris.

UKHSA menyatakan total 116 isolat virus diidentifikasi dalam 19 sampel limbah yang dikumpulkan di London antara Februari dan Juli.

Saat sebagian besar sampel mengandung virus mirip vaksin, beberapa menunjukkan "mutasi yang cukup untuk diklasifikasikan sebagai virus polio turunan vaksin."

UKHSA menyatakan kondisi ini lebih memprihatinkan karena virus tersebut berperilaku lebih mirip dengan "polio liar dan mungkin, pada kesempatan langka, menyebabkan kasus kelumpuhan pada individu yang tidak divaksinasi."
Pihak berwenang menekankan upaya vaksinasi adalah tindakan pencegahan.

"Tidak ada kasus polio yang dilaporkan dan untuk sebagian besar populasi, yang telah divaksinasi lengkap, risikonya rendah. Tapi kita tahu daerah di London di mana virus polio ditularkan memiliki beberapa tingkat vaksinasi terendah," kata Vanessa Saliba, konsultan epidemiologi di UKHSA.

Polio disebabkan oleh enterovirus yang disebut virus polio. Itu adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti di dunia sampai Jonas Salk menemukan vaksin polio dan menguji keamanannya pada tahun 1954.

Pada tahun 1988, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kasus polio yang dilaporkan di seluruh dunia mencapai puncaknya 350.000.

Sekitar 1 dari 4 orang yang terinfeksi memiliki gejala seperti flu termasuk sakit tenggorokan, demam, kelelahan, mual, sakit kepala dan sakit perut. Sebanyak 1 dari 200 akan mengembangkan gejala yang lebih serius yang meliputi kesemutan dan mati rasa di kaki, infeksi otak atau sumsum tulang belakang dan kelumpuhan, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS.

Tidak ada obat untuk polio. Perawatan untuk mengatasi gejala mungkin termasuk obat untuk mengendurkan otot dan panas dan terapi fisik untuk merangsang otot. Namun, kelumpuhan yang disebabkan oleh polio bersifat permanen. Menurut pernyataan UKHSA, kasus polio terakhir di Inggris terjadi pada tahun 1984.

"Beberapa dekade yang lalu sebelum kami memperkenalkan program vaksinasi polio, sekitar 8.000 orang akan mengalami kelumpuhan setiap tahun," tambah Saliba.

Ada tiga jenis virus, dua di antaranya telah dieliminasi di dunia, menurut Inisiatif Pemberantasan Polio Global, satu program WHO. Salah satu jenis virus polio liar masih beredar di Pakistan dan Afghanistan. Penularan juga dapat terjadi bila tidak cukup banyak anak yang divaksinasi di suatu daerah.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ketua KPK Ungkap Lukas Enembe Pernah Dirawat di RSPAD

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan KPK telah mendapatkan data bahwa Lukas Enembe pernah dirawat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

NEWS | 8 Desember 2022

Bupati Bangkalan Diduga Patok Rp 50-150 Juta Terkait Lelang Jabatan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menduga tersangka Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron mematok tarif Rp 50-150 juta terkait lelang jabatan.

NEWS | 8 Desember 2022

Wapres Ma’ruf Minta KBPP Polri Lebih Banyak Berkontribusi

Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta Keluarga Besar Putra Putri (KBPP) Polri lebih banyak berkontribusi melalui program-program kemasyarakatan.

NEWS | 8 Desember 2022

Pantau Dampak Gempa, PMI Kota Sukabumi Patroli Keliling

PMI Kota Sukabumi dikerahkan untuk melakukan patroli keliling memantau dampak gempa dengan magnitudo 5,8, Kamis (8/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

KPK Menahan Bupati Bangkalan dan 5 Tersangka Kasus Lelang Jabatan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan enam tersangka kasus dugaan suap lelang jabatan di Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

NEWS | 8 Desember 2022

Gempa Sukabumi, Ini Pengalaman Netizen

Gempa Sukabumi dan sekitarnya yang terjadi Kamis (8/12/2022) pagi 07.50 WIB terasa hingga Jakarta dan Bandar Lampung.

NEWS | 8 Desember 2022

Gempa M 5,8 Landa Kota Sukabumi, Belum Ada Laporan Kerusakan

Menurut BPBD Kota Sukabumi, hingga saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa yang melanda daerah itu, Kamis (6/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Bom Bunuh Diri, Jalan Depan Polsek Astana Anyar Sudah Dibuka

Ruas Jalan Astana Anyar yang berada di depan Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat, kembali bisa dilalui, usai bom bunuh diri, Rabu (7/12/2022) kemarin.

NEWS | 8 Desember 2022

Wakil Ketua DPR Minta Masyarakat Tidak Takut Lawan Terorisme

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta masyarakat bersatu untuk melawan terorisme, menyusul aksi teror bom bunuh diri yang terjadi di Bandung.

NEWS | 8 Desember 2022

Gempa Sukabumi Terasa hingga Jakarta dan Bandar Lampung

BMKG menyebut gempa berkekuatan magnitudo 5,8 di Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (/8/12/2022) pagi, terasa hingga Jakarta juga Bandar Lampung.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Maroko Bawa Sepak Bola Arab ke Level Tertinggi

Maroko Bawa Sepak Bola Arab ke Level Tertinggi

SEMESTA BOLA 2022 | 38 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE