Logo BeritaSatu

Rusia Tuding NATO Tingkatkan Risiko Konflik Nuklir

Kamis, 11 Agustus 2022 | 12:02 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Moskwa, Beritasatu.com- Rusia menuding NATO telah meningkatkan risiko konflik nuklir. Seperti dilaporkan RT, Selasa (9/8/2022), Rusia mendesak praktik penyebaran senjata nuklir oleh blok pimpinan Amerika Serikat (AS) harus diakhiri.

Penyebaran senjata atom AS di wilayah non-nuklir anggota NATO bertentangan dengan perjanjian nonproliferasi (NPT), meningkatkan risiko konflik, dan menghambat upaya perlucutan senjata.

Pada Selasa, Kementerian Luar Negeri di Moskwa mengatakan peningkatan risiko nuklir adalah pesan yang disampaikan delegasi Rusia ke konferensi PBB tentang nonproliferasi nuklir di New York.

“Secara terbuka, NATO menyatakan dirinya sebagai aliansi nuklir. Ada senjata nuklir AS di wilayah negara-negara sekutu non-nuklir di blok itu,” kata Igor Vishnevetsky, wakil direktur nonproliferasi dan kontrol senjata di Kementerian Luar Negeri Rusia.

Bertentangan dengan Pasal I dan II NPT, anggota non-nuklir NATO ikut serta dalam “pengujian praktis” penggunaan senjata atom, tambah Vishnevetsky. Tindakan semacam itu “tidak hanya terus menjadi faktor signifikan yang berdampak negatif terhadap keamanan internasional dan Eropa, tetapi juga meningkatkan risiko konflik nuklir dan umumnya bertindak sebagai rem upaya di bidang perlucutan senjata nuklir.”

“Posisi Moskwa adalah bahwa senjata nuklir AS harus ditarik ke wilayah nasional, infrastruktur untuk penyebaran senjata nuklir di Eropa harus dihilangkan, dan 'misi nuklir bersama' NATO harus dihentikan,” desak Vishnevetsky pada konferensi PBB, menurut transkrip yang diposting oleh Kementerian Luar Negeri.

Angkatan Udara AS saat ini memiliki sekitar 150 bom nuklir di pangkalan NATO di Italia, Jerman, Turki, Belgia, dan Belanda.

“Delegasi Rusia juga menyinggung AUKUS, kesepakatan September 2021 yang membayangkan AS dan Inggris menyediakan kapal selam bertenaga atom ke Australia. Kemitraan ini menciptakan prasyarat untuk dimulainya perlombaan senjata baru di kawasan Asia-Pasifik,” kata Vishnevetsky.

Penarikan senjata atom AS dari negara-negara non-nuklir NATO adalah salah satu papan utama proposal keamanan Rusia, yang disampaikan kepada AS dan NATO pada Desember 2021. Baik Washington maupun blok militer tidak membahasnya dalam tanggapan yang mereka kirim ke Moskwa pada Januari.

Pada awal konferensi, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menuduh Rusia “sembrono, berbahaya dengan senjata nuklir” yang ditujukan untuk “mereka yang mendukung pertahanan diri Ukraina.”

Diplomat Rusia Andrey Belousov menjawab bahwa Moskwa menempatkan pasukan nuklirnya dalam siaga untuk mencegah agresi NATO, dan bahwa konflik di Ukraina tidak naik ke ambang nuklir Rusia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ricky Rizal Sempat Kepo Saat Brigadir J dan Putri Bertemu di Kamar

Ricky Rizal sempat membeberkan rasa ingin tahu yang dia alami saat Putri Candrawathi bertemu dengan Brigadir J di rumah Magelang.

NEWS | 5 Desember 2022

Cari Anggota Geng, El Salvador Turunkan 10.000 personel Keamanan Tutup Kota

El Salvador menurunkan 10.000 personel tentara dan polisi untuk menutup sebuah kota, untuk mencari anggota geng jalanan.

NEWS | 5 Desember 2022

Hakim Sebut Alasan Ricky Rizal Amankan Senjata Brigadir J Tak Masuk Akal

Hakim PN Jaksel menilai alasan Ricky Rizal atau Bripka RR mengamankan senjata Brigadir J merupakan alasan yang tidak masuk akal. 

NEWS | 5 Desember 2022

Copot Sekda DKI, Heru: Jangan Salah Paham

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta semua pihak tidak salah paham terkait pencopotan Sekda DKI Jakarta, Marullah Matali.

NEWS | 5 Desember 2022

Cak Imin: Indonesia Perlu Buat Aliansi Berbasis Komoditas

Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyatakan Indonesia perlu bangun koalisi berbasis komoditas merespons kekalahan di WTO terkait pelarangan ekspor nikel.

NEWS | 5 Desember 2022

Anggota TNI Tewas dalam Kecelakaan Beruntun di Jalan Dewi Sartika Jaktim

Seorang anggota TNI tewas dalam kecelakaan beruntun di Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur (Jaktim), Senin (5/12/2022) siang.

NEWS | 5 Desember 2022

Balita Asal Depok Tewas di Apartemen, Diduga Dianiaya Pacar Ibunya

Balita perempuan berusia 2 tahun 9 bulan meninggal dunia di sebuah apartemen di Kalibata. Balita asal Depok itu diduga tewas dianiaya pacara ibunya. 

NEWS | 5 Desember 2022

Nilai Ricky Rizal Berbohong, Hakim: Kamu Enggak Sayang Anak?

Majelis hakim PN Jaksel sempat mengingatkan Ricky Rizal atau Bripka RR tentang anaknya. Hal ini karena hakim menilai Ricky Rizal berbohong dalam kesaksiannya.

NEWS | 5 Desember 2022

Perang Ukraina Hari ke-284, 91.150 Tentara Rusia Tewas

Kementerian Pertahanan Ukraina menyatakan sejumlah 91.150 tentara Rusia tewas dalam perang Ukraina.

NEWS | 5 Desember 2022

Status Awas, Aktivitas Gunung Semeru Terus Meningkat Pascaerupsi

Aktivitas Gunung Semeru terus meningkat yang membuat PVMBG telah menaikkan status gunung tersebut ke level empat atau status awas.

NEWS | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Apexindo Kantongi Kontrak Baru dari PGE Rp 240 Miliar

Apexindo Kantongi Kontrak Baru dari PGE Rp 240 Miliar

EKONOMI | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE