Logo BeritaSatu

Lestarikan Obat Herbal, Kemendikbudristek Gandeng Komunitas Adat Turilenrang

Kamis, 11 Agustus 2022 | 13:34 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / CLA

Gowa, Beritasatu.com - Masyarakat adat merupakan pemilik dan penggerak kebudayaan lokal pada lingkungan masing-masing, yang sangat berpotensi dalam mendukung pemajuan kebudayaan. Untuk melestarikan tanaman obat herbal dan pengobatan tradisional, Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat (Direktorat KMA), Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggandeng komunitas adat Turilenrang Gowa, Sulawesi Selatan.

Direktur KMA Kemendikbudristek, Sjamsul Hadi mengatakan, dalam rangka peningkatan peran masyarakat adat tersebut, Direktorat KMA menempatkan kader perempuan sebagai tulang punggung dalam komunitas masyarakat adat.

“Direktorat KMA memberikan fasilitas dan pembekalan kepada kelompok perempuan adat dan penghayat kepercayaan dalam penyusunan rencana aksi strategis berdasarkan potensi dan tantangan yang dihadapi,” ujarnya dalam keterangan pers tertulis, Kamis, (11/8/2022).

Sjamsul menyebutkan perempuan adat Turilenrang di Komunitas Balassuka menginisiasi ruang dialog yang mengusung tema pelestarian tanaman obat herbal dan pengobatan tradisional. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 9 Agustus 2022, bertepatan dengan momen penting perayaan Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia.

"Tema kegiatan ini dilatari fenomena gaya hidup ‘back to nature’ (kembali ke alam), dimanfaatkan oleh perempuan adat Turilenrang, komunitas Balassuka di Kabupaten Gowa, untuk mengembangkan pengetahuan pengobatan yang mengutamakan tanaman yang tersedia di wilayah adat," ucapnya.

Dikatakan Sjamsul, sinergi kegiatan bersama Direktorat KMA dan Pengurus Harian Komunitas (PHKom) Perempuan Aman Turilenrang di Balassuka telah dimulai sejak bulan Maret 2022. Direktorat KMA memberikan fasilitas dan pembekalan kepada kelompok perempuan adat dan penghayat kepercayaan dalam penyusunan rencana aksi strategis berdasarkan potensi dan tantangan yang dihadapi.

Sjamsul menyebutkan kondisi geografis wilayah tersebut menopang ketersediaan bahan baku herbal seperti jahe merah, jahe putih, temulawak, kunyit, kunyit hitam, serai, dan lainnya.

"Tanaman herbal ini diyakini memiliki khasiat untuk kesehatan. Pengobatan menggunakan tanaman herbal masih sangat terbuka luas, sejalan dengan semakin berkembangnya industri jamu, obat herbal, fitofarmaka, dan kosmetika tradisional," ujarnya.

Sjamsul juga menuturkan, meramu herbal seperti jamuan-jamuan merupakan pengetahuan yang diperoleh dari warisan leluhur berdasarkan pengalaman yang diwariskan dari generasi ke generasi.

"Pengetahuan meracik tanaman obat merupakan salah satu peran perempuan adat Turilenrang untuk memastikan kesehatan anak-anak, orang tua, dan keluarga. Utamanya penyakit yang dapat diatasi secara mandiri oleh perempuan adat, dan belum membutuhkan penanganan medis," paparnya.

Christriyati Ariani selaku perwakilan dari Direktorat KMA-Kemendikbudristek mengatakan, kepercayaan komunitas Turilenrang pada pengobatan herbal dibangun atas dasar pengalaman perempuan adat mempraktikkan pengobatan alami tanpa bahan kimia yang rendah risiko untuk penyakit seperti demam, batuk, dan lainnya.

“Bahan baku herbal yang didapatkan dari wilayah adat turut menjaminkan kepastian akses dan kontrol perempuan adat atas pengetahuan dan wilayah kelolanya," lanjutnya.

Christriyati menuturkan perubahan lingkungan di wilayah adat telah memengaruhi ketersediaan, pengenalan jenis, manfaat, dan habitat dari tanaman herbal. "Perempuan adat Turilenrang hendak mengembangkan, melestarikan, dan meneruskan pengetahuan serta pemanfaatan tanaman obat herbal. Sebagian besar pengetahuan ini masih tersimpan pada generasi sebelumnya," tuturnya.

Christriyati menambahkan bahwa generasi saat ini perlu melakukan upaya pendokumentasian tercatat. Selain itu, PHKom Turilenrang ingin pengetahuan mengenai herbal ini menjadikan wilayahnya sebagai salah satu tujuan wisata kesehatan dan mendorong terjadinya peningkatan pendapatan rumah tangga perempuan adat.

"Harapan dari seluruh rangkaian kegiatan ini adalah semakin kuatnya komunitas perempuan adat Turilenrang sebagai agen-agen perubahan yang mandiri serta terciptanya ekosistem pelestarian tanaman obat dan pengetahuan tradisional yang berkelanjutan," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Update Gempa Cianjur: 318 Jiwa Orang Meninggal Dunia

Jumlah korban meninggal akibat gempa Cianjur, hingga hari ini, Sabtu (26/11/2022) pukul 17.00 WIB terus bertambah menjadi 318 orang.

NEWS | 26 November 2022

Segera Dibuka, Intibios Hang Tuah Hadirkan Layanan Kesehatan Satu Atap

Intibios Hang Tuah yang akan segera beroperasi memberikan layanan kesehatan satu atap yaitu laboratorium, klinik sekaligus farmasi di satu tempat.

NEWS | 26 November 2022

Enggartiasto: Intibios Utamakan Experience Layanan Kesehatan

Enggartiasto Lukita menyatakan bahwa layanan kesehatan Intibios ingin memberikan pengalaman pelayanan kesehatan yang berbeda kepada masyarakat.

NEWS | 26 November 2022

Kendarai Motor, Mahasiswa UMM Jatuh dari Jembatan Setinggi 25 Meter

Mahasiswa UMM Irfaan Hafids Akbar jatuh dari atas jembatan Soekarno Hatta, Kota Malang. Korban jatuh dari ketinggian 25 meter.

NEWS | 26 November 2022

Antar Bantuan Korban Gempa Cianjur, BNPB Gunakan Motor

BNPB menggunakan sepeda motor untuk mengantarkan bantuan bagi korban gempa Cianjur yang berada di daerah yang susah dijangkau.

NEWS | 26 November 2022

Jokowi Tegaskan Reputasi Global Indonesia Patut Dijaga

Presiden Jokowi mengatakan reputasi global yang diraih Indonesia saat ini patut dijaga keberlanjutannya oleh kepemimpinan berikutnya.

NEWS | 26 November 2022

Guru Diminta Ciptakan Lingkungan Belajar Menyenangkan

Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim mengajak guru berinovasi menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan.

NEWS | 26 November 2022

Warga Rembang Bergerak Membantu Korban Gempa Cianjur

Masyarakat di Rembang terus bergerak membantu para korban gempa Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Mereka dengan menggalang bantuan di jalan protokol di Rembang.

NEWS | 26 November 2022

BPKH Menyerahkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menyerahkan bantuan kemaslahatan senilai Rp 2,2 miliar untuk para korban gempa Cianjur.

NEWS | 26 November 2022

Pekan Depan, Sidang Ferdy Sambo Dkk Digelar 3 Hari

Sidang Ferdy Sambo dan kawan-kawan (dkk) digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) pekan depan selama tiga hari.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Tundukkan Tunisia, Australia Buka Peluang ke 16 Besar

Piala Dunia 2022: Tundukkan Tunisia, Australia Buka Peluang ke 16 Besar

SEMESTA BOLA 2022 | 47 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE