Logo BeritaSatu

Korupsi Proyek IPDN, Eks Petinggi Adhi Karya Divonis 5 Tahun Bui

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:12 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / FFS

Jakarta, Beritasatu.com – Mantan Kepala Divisi Konstruksi VI PT Adhi Karya (Persero) Dono Purwoko divonis lima tahun penjara serta denda Rp 500 juta subsider enam bulan kurungan oleh Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat. Dia dinyatakan bersalah dalam kasus korupsi proyek pembangunan Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) di Minahasa, Sulawesi Utara tahun 2011.

“Menyatakan terdakwa Dono Purwoko telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama sebagaimana dalam dakwaan kesatu penuntut umum,” ujar ketua majelis hakim, Eko Aryanto saat persidangan di PN Jakarta Pusat, Kamis (11/8/2022).

Dalam menjatuhkan hukuman ini, majelis hakim mempertimbangkan sejumlah hal. Untuk hal yang memberatkan, hakim menilai Dono tidak mendukung upaya pemberantasan korupsi oleh pemerintah, mencederai kepercayaan pemerintah serta masyarakat dalam pembangunan kampus IPDN, tidak berterus terang, serta tidak mengakui perbuatannya saat persidangan. Sedangkan hal meringankan yakni bersikap sopan saat persidangan dan belum pernah dipidana.

Vonis ini lebih berat dari tuntutan jaksa. Sebelumnya, jaksa menuntut Dono dengan empat tahun penjara serta denda Rp 500 juta subsider enam bulan kurungan atas perbuatannya korupsinya. Atas vonis tersebut, baik Dono maupun jaksa KPK menyatakan pikir-pikir.

Diketahui, dalam kasus tersebut, Dono didakwa melakukan korupsi pada proyek pembangunan kampus IPDN di Minahasa. Atas ulahnya, negara mengalami kerugian keuangan sebesar Rp 19,74 miliar.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sepeda Lipat hingga Gitar, KPK Lelang Barang-barang Gratifikasi

Hakordia 2022, KPK bersama Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) mengadakan lelang barang eks gratifikasi, Jumat (9/12/2022).

NEWS | 10 Desember 2022

HUT ke-73 Polda Metro Jaya,Semua Pimpinan Blusukan

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman melakukan safari bertemu langsung dengan warga Kelurahan Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

NEWS | 10 Desember 2022

Puncak Hakordia 2022, Ratusan Peserta Hadiri Temu Aksi KPK

Ratusan penyuluh antikorupsi dan ahli pembangun integritas hadiri acara puncak Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022.

NEWS | 10 Desember 2022

2 Jam Sebelum Akad Nikah Kaesang-Erina, Tamu Mulai Berdatangan

Para tamu dan undangan akad nikah Kaesang-Erina sudah mulai berdatangan di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo.

NEWS | 10 Desember 2022

Kapolda Kaltim Resmikan Pos Pengamanan Proyek IKN Nusantara

Menurut Imam, kehadiran pos pengamanan bertujuan untuk mendukung dan mengawal proses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

NEWS | 10 Desember 2022

Ratusan Becak dan Andong Dilibatkan dalam Pernikahan Kaesang-Erina

Ratusan penarik becak dan andong di Solo akan dilibatkan dalam rangkaian pernikahan Kaesang-Erina. Mereka akan mengantarkan tamu. 

NEWS | 10 Desember 2022

Janur Pernikahan Kaesang Hiasi Jalanan Menuju Pura Mangkunegaran

Janur kuning menghiasi jalanan menuju Pura Mangkunegaran menjelang pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Minggu (11/12/2022) besok. 

NEWS | 10 Desember 2022

Warga Solo Berbondong-bondong Melihat Persiapan Pernikahan Kaesang

Sejumlah warga di Kota Solo, Jawa Tengah penasaran ingin melihat sejumlah persiapan jelang resepsi pernikahan Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaran, Solo.

NEWS | 10 Desember 2022

Pernikahan Kaesang, Perajin Karangan Bunga di Solo Kebanjiran Order

Pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gundono menjadi berkah bagi pengusaha karangan bunga di Kota Solo. Para perajin karangan bungan kebanjiran order. 

NEWS | 10 Desember 2022

Tiga Miliarder Kripto Meninggal dalam Sebulan, Kebetulan atau Terencana?

Dalam kurun waktu sebulan, tiga miliarder kripto meninggal dunia. Ketiga kematian itu terjadi secara tidak terduga di tengah anjloknya aset-aset kripto.

NEWS | 10 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sepeda Lipat hingga Gitar, KPK Lelang Barang-barang Gratifikasi

Sepeda Lipat hingga Gitar, KPK Lelang Barang-barang Gratifikasi

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE