Logo BeritaSatu

Tindakan Brigadir J kepada Istri Irjen Ferdy Sambo Terjadi di Magelang

Kamis, 11 Agustus 2022 | 21:29 WIB
Oleh : Achmad Fauzi, Dwi Argo Santosa / DAS

Jakarta, Beritasatu.com - Tindakan yang melukai harkat dan martabat keluarga oleh Brigadir J kepada istri Irjen Ferdy Sambo, PC, dilakukan di Magelang, Jawa Tengah. Atas laporan sang istri, Ferdy Sambo marah sehingga merencanakan pembunuhan terhadap Brigadir J atau Nopryansyah Yosua Hutabarat.

Hal itu diungkapkan Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi pada jumpa pers di Mako Brimob, Kamis (11/8/2022). Andi Rian Djajadi menyampaikan pengakuan tersangka Irjen Ferdy Sambo sesuai dalam berita acara pemeriksaan (BAP).

Seperti diberitakan, pembunuhan terhadap Brigadir J diduga terjadi di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo, Kompleks Polri Duren Tiga, Jalan Duren Tiga Barat 005/001, Pancoran, Jaksel pada Jumat (8/7/2022).

Kasus ini pada mulanya disebut berawal dari pelecehan seksual dan penodongan senjata oleh Brigadir J kepada PC di rumah dinas tersebut. PC berteriak sehingga Bharada Richard Eliezer yang juga ajudan Ferdy Sambo menanyakan ada apa gerangan. Pertanyaan Richard Eliezer dijawab dengan tembakan oleh Brigadir J.

Menurut keterangan resmi polisi, kemudian terjadi saling tembak antara Bharada Eliezer dengan Brigadir J yang berakhir dengan tewasnya Brigadir J.

Namun keterangan resmi yang dirilis tiga hari setelah kejadian tersebut memuat banyak kejanggalan sehingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membentuk tim khusus guna membongkar kasus ini.

Setelah sebulan lebih sehari, Irjen Sambo yang pada awalnya disebutkan tidak ada di lokasi penembakan, ditetapkan sebagai tersangka.

Tiga tersangka lainnya adalah dua ajudan yakni Bharada Richard Eliezer dan Bripka Ricky Rizal, serta seorang asisten rumah tangga, Kuat Ma'ruf.

"Dalam keterangannya, tersangka FS (Ferdy Sambo) megatakan bahwa dirinya menjadi marah dan emosi sertelah mendapat laporan dari istrinya, PC, yang mengalami tindakan yang melukai harkat dan martabat keluarga yang terjadi di Magelang," kata Andi Rian Djajadi tanpa menyebut lebih detail mengenai tindakan yang dimaksud.

Lokasi yang disebutkan, Magelang, adalah kota di mana rombongan keluarga mantan Kadiv Propam itu, termasuk para ajudan dan Brigadir J, pergi sebelum peristiwa penembakan di Duren Tiga, Jaksel.

Dari kronologi rekaman CCTV yang diungkapkan oleh Komnas HAM, rombongan dari Magelang tiba di Jakarta pada Jumat (8/7/2022). Irjen Sambo disebutkan sudah datang lebih dulu.

Brigadir J masih terlihat dalam rekaman CCTV tiba di Duren Tiga dan mengikuti tes PCR. Rekaman ini membantah dugaan bahwa ia dihabisi dalam perjalanan antara Magelang-Jakarta. Namun demikian, tidak ada rekaman CCTV di rumah dinas Sambo. CCTV dilaporkan rusak sejak dua minggu sebelum kejadian.

Menurut Andi Rian Djajadi, FS diperiksa selama tujuh jam, sejak pukul 11.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB, sebagai tersangka pembunuhan berencana terhadap Brigadir J.

Diungkapkan, Irjen Sambo memanggil tersangka RE (Bharada Richard Eliezer) dan tersangka RR (Bripka Ricky Rizal) untuk melakukan perencanaan pembunuhan terhadap Brigadir J setelah mendapat laporan dari PC.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Penjilat Kue HUT TNI Dikurung dalam Rutan Polda Papua Barat

Dua anggota polantas penjilat kue HUT TNI telah dikurung dalam rumah tahanan (rutan) Polda Papua Barat.

NEWS | 6 Oktober 2022

2 Polisi Jilat Kue HUT TNI, Dirlantas Polda Papua Barat Minta Maaf

Dua anggota polantas menjilat kue HUT TNI. Video perbuatan tak terpuji itu menjadi viral di media sosial.

NEWS | 6 Oktober 2022

Iwan Setiawan Minta Camat Antisipasi Geng Motor di Bogor

Iwan Setiawan meminta camat memperketat keamanan wilayah untuk mengantisipasi segala bentuk gangguan keamanan dari geng motor di Bogor.

NEWS | 6 Oktober 2022

KBRI Sofia Promosi Wisata Indonesia di Halte Bus Bulgaria

KBRI Sofia promosi wisata Indonesia di Bulgaria melalui tampilan gambar-gambar di halte bus Kota Sofia.

NEWS | 6 Oktober 2022

Kuota Perempuan Minim, Pendaftaran Panwascam Kota Bekasi Diperpanjang

Pendaftaran panwascam Kota Bekasi diperpanjang, karena kuota keterwakilan perempuan masih minim.

NEWS | 6 Oktober 2022

Tiongkok Keluarkan Peringatan Waspada Gelombang Dingin

Pusat Meteorologi Nasional Tiongkok (NMC) mengeluarkan peringatan kewaspadaan terhadap gelombang dingin di berbagai wilayah negara tersebut.

NEWS | 6 Oktober 2022

Pengguna Layanan MySiloam dan Homecare SILO Semakin Meningkat

PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO) mencatat ada peningkatan yang signifikan dalam adopsi platform digital MySiloam selama pandemi Covid-19.

NEWS | 6 Oktober 2022

Istri Lukas Enembe Mangkir, KPK Sampaikan Wanti-wanti

Istri Lukas Enembe, Yulce Wenda dan anaknya, Astract Bona Timoramo Enembe mangkir dari panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

NEWS | 6 Oktober 2022

Kasus Lukas Enembe, KPK Ingatkan Jangan Ada yang Pengaruhi Saksi

KPK mengingatkan agar jangan ada pihak yang memengaruhi saksi untuk tidak menghadiri agenda pemeriksaan terkait kasus Lukas Enembe

NEWS | 6 Oktober 2022

Fauci: Varian Baru Covid-19 Mungkin Muncul di Musim Dingin

Anthony Fauci baru-baru ini memperingatkan, bahwa "masyarakat tidak perlu terkejut" jika varian baru Covid-19 muncul di musim dingin.

NEWS | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Erik ten Hag Akui Ronaldo Tak Senang Tidak Bermain Reguler

Erik ten Hag Akui Ronaldo Tak Senang Tidak Bermain Reguler

BOLA | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings