Logo BeritaSatu

Ke Bareskrim, Integrity Beberkan Dugaan Korupsi Penerbitan HGU

Jumat, 12 Agustus 2022 | 00:01 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Bareskrim Polri memberi atensi khusus atas laporan dugaan tindak pidana korupsi di areal kerja PT Inhutani II, Kotabaru, Kalimantan Selatan. Dugaan korupsi ini dilaporkan oleh Indrayana Centre for Government, Constitution, and Society (Integrity) Law Firm.

Pelapor pun memenuhi undangan klarifikasi dari Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri pada hari ini, Kamis (11/8/2022) Pukul 13.30 WIB.

“Hari ini, kami hadir atas undangan klarifikasi dari Ditipidkor Bareskrim guna menjelaskan pokok laporan dugaan tindak pidana korupsi atas hilangnya hutan negara sekitar 8.610 hektare di Pulau Laut Tengah, Kotabaru, Kalsel. Hutan itu disinyalir kuat menjadi HGU milik PT MSAM," ujar partner Integrity Law Firm, Harimuddin usai memberikan klarifikasi di Bareskrim Polri.

Dalam klarifikasi tersebut, kata, Harimuddin pihaknya memaparkan sejumlah bukti yang menggambarkan proses perolehan HGU PT MSAM pada tahun 2018 dan berkorelasi dengan hilangnya kawasan hutan di Kotabaru. Akibatnya, tutur Harimuddin, hutan negara menjadi aset korporasi tanpa memenuhi syarat peraturan perundang-undangan.

Padahal, kata dia, kawasan hutan hanya bisa dialihfungsikan ke lahan perkebunan sepanjang menteri lingkungan hidup dan kehutanan menerbitkan keputusan pelepasan kawasan hutan.

Menurut aturan yang berlaku tahun 2018, Pasal 21 huruf a Peraturan Pemerintah Nomor 104 Tahun 2015, keputusan pelepasan kawasan hutan harus diterbitkan setelah menteri LHK menerima permohonan dan meneliti pemenuhan persyaratan administrasi dan teknis.

"Barulah status hamparan daratan itu bukan lagi merupakan kawasan hutan. Jadi, jika ribuan hektare hutan tiba-tiba beralih jadi HGU tanpa keputusan dimaksud, dapat disinyalir ada kaki tangan mafia tanah yang bermain di baliknya,” jelas Harimuddin.

Sebagai informasi, Integrity juga telah mengadukan dugaan korupsi serupa ke Kejaksaan Agung (Kejagung) pada 23 Mei 2022 lalu. Hingga saat ini, proses penanganan di Kejagung memasuki tahap penelaahan oleh Jaksa Bidang Intelijen.

Laporan Integrity ini merupakan satu rangkaian advokasi bersama Sawit Watch terkait dugaan korupsi yang dilaporkan ke KPK pada Januari 2022 dan aduan dugaan adanya mafia tanah di Kementerian ATR/BPN awal Agustus 2022.

Sementara Senior Partner Integrity, Denny Indrayana menyampaikan, advokasi hilangnya hutan negara di Kotabaru bersama Sawit Watch, terus diperluas dengan mengadu ke beberapa aparat penegak hukum (APH) dan kementerian terkait. Secara bertahap, kata Denny, para APH mulai mendalami perkara ini, salah satunya Bareskrim Polri yang mulai meminta penjelasan lanjutan atas laporan Integrity.

“Tentu, penanganan korupsi di bidang agraria ini perlu ditangani secara serius dan efektif. Kami menaruh harapan besar kepada Bareskrim agar segera menyelidik dugaan korupsi ini pasca agenda klarifikasi usai dilaksanakan," kata Denny.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Komnas HAM: Hak Kesehatan Lukas Enembe Harus Diperhatikan

Komnas HAM menegaskan bahwa hak kesehatan terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe harus tetap menjadi perhatian semua pihak.

NEWS | 29 September 2022

SMRC: Ganjar, Anies, dan Prabowo Beri Efek Positif pada Elektabilitas PDIP

Elektabilitas PDIP mengalami peningkatan signifikan apabila mengusung Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, termasuk Prabowo Subianto sebagai capres.

NEWS | 29 September 2022

Putin Besok Resmikan Bergabungnya 4 Wilayah Ukraina ke Rusia

Presiden Putin akan mengadakan upacara penandatanganan di Kremlin pada Jumat besok untuk menambahkan empat wilayah Ukraina ke Rusia.

NEWS | 29 September 2022

Ketua Komisi X DPR Ungkap Penyebab RUU Sisdiknas Batal Masuk Prolegnas 2023

Ketua Komisi X DPR Saiful Huda mengungkap beberapa penyebab sehingga RUU Sisdiknas diputuskan tidak dimasukkan dalam Prolegnas Prioritas 2023.

NEWS | 29 September 2022

SMRC: Ganjar Paling Berpengaruh Tingkatkan Suara PDIP di 2024

SMRC mencatat Ganjar Pranowo akan memberikan pengaruh paling positif bagi peningkatan suara PDIP dalam Pemilu 2024.

NEWS | 29 September 2022

Jokowi: Jangan Gunakan APBN dan APBD untuk Produk Impor

Presiden Jokowi mengingatkan agar dana APBN dan APBD yang berasal dari rakyat tidak digunakan untuk membeli produk impor.

NEWS | 29 September 2022

Dilaporkan Lesti Kejora, Rizky Billar Segera Diperiksa Polisi

Rizky Billar bakal diperiksa polisi setelah dilaporkan istrinya, Lesti Kejora terkait dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

NEWS | 29 September 2022

Komnas HAM Janji Sampaikan Kondisi Kesehatan Lukas Enembe ke KPK

Komnas HAM berjanji bakal menyampaikan aspirasi terkait kondisi kesehatan Lukas Enembe kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

NEWS | 29 September 2022

Laporkan Rizky Billar, Lesti Kejora Bawa Sejumlah Bukti KDRT

Rizky Billar dipolisikan sang istri, penyanyi Lesti Kejora, atas dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

NEWS | 29 September 2022

Diharap Buat Putri Candrawathi Jujur, Ini Kata Febri Diansyah

Febri Diansyah menyambut positif harapan agar bisa membuat Putri Candrawathi dapat berkata jujur terkait kasus pembunuhan Brigadir J.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Putin Besok Resmikan Bergabungnya 4 Wilayah Ukraina ke Rusia

Putin Besok Resmikan Bergabungnya 4 Wilayah Ukraina ke Rusia

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings