Logo BeritaSatu

Latvia Juluki Rusia sebagai Negara Sponsor Terorisme

Jumat, 12 Agustus 2022 | 12:30 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Riga, Beritasatu.com- Latvia menjuluki Rusia sebagai negara sponsor negara terorisme. Seperti dilaporkan RT, Kamis (11/8/2022), parlemen negara anggota Uni Eropa (UE) menyatakan langkah itu merupakan tanggapan terhadap “kekerasan” Moskwa di Ukraina.

Parlemen Latvia, Saeima, menjuluki Rusia sebagai sponsor negara terorisme pada Kamis (11/8), atas konflik di Ukraina. Anggota parlemen di negara Baltik “mengakui kekerasan Rusia terhadap warga sipil [di Ukraina] sebagai terorisme dan Rusia sebagai negara sponsor terorisme,” bunyi pengumuman parlemen di situsnya.

Di tengah invasi Rusia, Saeima juga telah meminta negara-negara lain yang berpikiran sama untuk mengungkapkan pandangan yang sama. Sementara Saeima juga mendesak Uni Eropa untuk segera menangguhkan penerbitan visa turis dan masuk ke warga Rusia dan Belarusia.

Rihards Kols, yang memimpin komite urusan luar negeri parlemen, mengklaim bahwa “Rusia telah bertahun-tahun mendukung dan mendanai rezim dan organisasi teroris dengan berbagai cara – secara langsung dan tidak langsung.”

Sebagai contoh tindakan Moskwa, Kols menyebutkan bantuan militer Rusia kepada pemerintah Suriah dan dugaan jatuhnya penerbangan MH-17 di atas Ukraina timur pada tahun 2014, serta keracunan agen ganda Sergei Skripal (yang putrinya juga diracuni) di Inggris pada tahun 2018.

Pemerintah Barat, yang telah menyalahkan Rusia atas dua insiden terakhir, tidak pernah dapat memberikan bukti yang meyakinkan tentang dugaan keterlibatan Moskwa di dalamnya. Para pejabat Rusia telah bersikeras bahwa negara itu tidak ada hubungannya dengan urusan Skripal dan MH17, sambil mengecam tuduhan itu sebagai bermotif politik.

Pada September 2015, Rusia melakukan intervensi di Suriah atas undangan pemerintah di Damaskus, ketika hampir 70% negara itu berada di tangan teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) atau milisi lainnya yang sering digambarkan oleh media Barat sebagai “pemberontak moderat.”

Sejak awal operasi militer di Ukraina, Moskwa bersikeras bahwa pasukannya tidak menyerang infrastruktur sipil. Militer Rusia hanya menargetkan pasukan Ukraina dan infrastruktur militer.

Pada akhir Juli, Senat AS dengan suara bulat menyetujui resolusi tidak mengikat yang menyerukan diplomat top negara itu Antony Blinken untuk menunjuk Rusia sebagai sponsor terorisme.

Departemen Luar Negeri AS sejauh ini enggan memenuhi permintaan anggota parlemen, dengan alasan bahwa sanksi besar yang telah dijatuhkan pada Moskwa atas konflik dengan Kyiv sudah cukup.

Rusia mengirim pasukan ke Ukraina pada 24 Februari, dengan alasan kegagalan Kyiv untuk mengimplementasikan perjanjian Minsk, yang dirancang untuk memberi wilayah Donetsk dan Lugansk status khusus di dalam negara Ukraina. Protokol, yang ditengahi oleh Jerman dan Prancis, pertama kali ditandatangani pada 2014.

Mantan presiden Ukraina Pyotr Poroshenko sejak itu mengakui bahwa tujuan utama Kyiv adalah menggunakan gencatan senjata untuk mengulur waktu dan “menciptakan angkatan bersenjata yang kuat.”



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Biden Anugerahi Medali Kemanusiaan pada Elton John

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Jumat (23/9/2022) memberi Sir Elton John Medali Kemanusiaan Nasional.

NEWS | 25 September 2022

Temukan "Harta Karun Batavia", Ini yang Akan Dilakukan MRT

MRT Jakarta berusaha menyelamatkan dan memastikan agar cagar budaya tersebut tidak rusak dan bisa selamat.

NEWS | 25 September 2022

BBM Naik Bukan Hambatan Wisatawan, Jalur Puncak Tetap Macet

Pascakenaikan harga BBM naik, arus kendaraan di kawasan Jalur Puncak terpantau macet di beberapa titik.

NEWS | 25 September 2022

Bangkitkan Wisata, Perusahaan Ini Donasikan Cat untuk Pecinan Kembang Jepun

Wisata Pecinan Kembang Jepun merupakan representasi kembalinya budaya Arek yang lekat dengan nilai-nilai toleransi dan gotong royong yang kuat.

NEWS | 25 September 2022

Momen "Kalibata Fashion Week" ala Puan Maharani dan Cak Imin

Puan Maharani bersama Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sempat berjalan di zebra cross ala catwalk fashion week.

NEWS | 25 September 2022

Zelensky Klaim Ukraina Kehilangan 50 Tentara Per Hari

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan pasukan Ukraina kehilangan 50 tentara per hari.

NEWS | 25 September 2022

Tawa Puan Ketika Johan Budi Sebut Dewan Kolonel Saat Ziarah

Puan Maharani tertawa terhadap celetukan Johan Budi soal Dewan Kolonel ketika ziarah bersama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

NEWS | 25 September 2022

Swedia Catat Tahun Kekerasan Senjata Paling Mematikan

Swedia mencatat tahun kekerasan senjata paling mematikan. Sejumlah 48 orang sejauh ini telah ditembak mati di Swedia pada tahun 2022.

NEWS | 25 September 2022

Iran Ancam Respons Balasan untuk Ukraina setelah Dubes Diusir

Iran menjanjikan respons balasan yang tepat untuk Ukraina atas tindakan pengusiran duta besarnya.

NEWS | 25 September 2022

Wapres Ma'ruf Amin Akan Hadiri Pemakaman Shinzo Abe

Wakil Presiden Ma'ruf Amin berangkat ke Tokyo, Jepang, untuk menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan mantan PM Jepang Shinzo Abe.

NEWS | 25 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menjauh dari Kanye West, Kim Kardashian Beli Mansion Rp 1 T

Menjauh dari Kanye West, Kim Kardashian Beli Mansion Rp 1 T

LIFESTYLE | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings