Logo BeritaSatu

Varian Covid-19 Hibrida Ditemukan di Rusia

Jumat, 12 Agustus 2022 | 13:04 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Moskwa, Beritasatu.com- Varian Covid-19, yang menggabungkan fitur varian virus Delta dan Omicron, telah ditemukan di Rusia. Seperti dilaporkan RT, Kamis (11/8/2022)), enam orang sejauh ini telah terinfeksi dengan apa yang disebut varian hibrida, Deltacron.

Pada Kamis, pengawas kesehatan konsumen Rusia, Rospotrebnadzor telah mengonfirmasi keberadaan Deltacron.

“Enam kasus yang disebut jenis Deltacron sejauh ini telah terdaftar, dengan lima di St Petersburg dan satu di Moskwa. Deltacron saat ini merupakan jenis virus yang tidak dominan dan tidak memiliki efek signifikan pada situasi epidemiologis di Rusia,” kata badan tersebut, yang mengutip data yang diunggah di Virus Genome Aggregator of Russia (VGARus).

Menurut Rospotrebnadzor, semua pasien Deltacron mengalami bentuk penyakit yang ringan, tanpa ada yang memerlukan rawat inap.

Ilmuwan genetika Amerika Dmitry Pruss sebelumnya mengatakan kepada kantor berita RBC bahwa virus hibrida itu unik di Rusia dan kemungkinan berasal dari negara itu.

Deltacron pertama kali ditemukan oleh para peneliti di Smorodintsev Institute of Influenza di St Petersburg pada awal Juli. Sebulan kemudian, "kami telah memeriksa dan memeriksa ulang semuanya dan dapat mengatakan dengan yakin bahwa itu bukan kesalahan, tetapi virus hibrida yang sebenarnya," lapor ilmuwan.

Kombinasi varian virus corona seperti 'Deltacron' sangat jarang karena Delta yang lebih parah sekarang hampir sepenuhnya disusul oleh strain Omicron yang lebih menular, tetapi lebih ringan.

"Kami belum mengetahui apakah 'Deltacron Rusia' berbahaya," kata Pruss, seraya menambahkan bahwa penyebaran virus hibrida sejauh ini sangat terbatas.

Pada Januari, hibrida Delta dan Omicron dilaporkan oleh para ilmuwan di Siprus, yang mengatakan 25 orang telah terinfeksi. Namun, pimpinan teknis Organisasi Kesehatan Dunia untuk Covid-19 Maria Van Kerkhove menyarankan bahwa kemungkinan itu adalah kesalahan laboratorium yang disebabkan oleh kontaminasi sampel virus.

Laporan penemuan 'Deltacron' di Rusia datang pada hari ketika vaksin Sputnik V negara itu menandai peringatan dua tahun. Pada 11 Agustus 2020, itu menjadi tembakan pertama melawan virus corona yang terdaftar di mana pun di dunia.

Vaksin Rusia, yang telah dipasok ke 71 negara, telah menunjukkan salah satu respons terkuat terhadap varian Delta dan Omicron yang bermutasi.

Studi bersama Lazzaro Spallanzani National Institute for Infectious Diseases dan pengembang vaksin di Gamaleya Institute yang berbasis di Moskwa, yang diterbitkan pada awal 2022, mengungkapkan bahwa Sputnik V 2,6 kali lebih efektif melawan Omicron daripada vaksin Pfizer buatan AS.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Telkom Telah Salurkan Bantuan Senilai Rp 1 Miliar Pasca Gempa Cianjur

Bantuan itu terdiri dari dukungan sarana komunikasi pada posko juga sarana publik serta kompensasi pelanggan atas layanan yang terganggu pasca gempa.

NEWS | 30 November 2022

Telkom Sabet Gelar Global Best Practice - Sustainability di Taipei

Ajang bergengsi Global Corporate Sustainability Awards (GCSA) 2022 menganugerahkan Best Practice Award (World Class) Great Practice of 2022 untuk PT Telkom.

NEWS | 30 November 2022

Korban Tewas Gempa Cianjur Jadi 328 Orang, 12 Masih Hilang

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengungkapkan, korban tewas gempa Cianjur menjadi 328 orang setelah ada penambahan 1 korban meninggal.

NEWS | 1 Desember 2022

Budaya Patriarki Jadi Alasan Catcalling Dinormalisasi

Banyak masyarakat Indonesia tidak menganggap catcalling sebagai salah satu bentuk kekerasan seksual.

NEWS | 1 Desember 2022

Bharada E Sebut Ferdy Sambo Tertawa Saat Bercerita Salah Pakai Senjata

Bharada E alias Brigadir Richard Eliezer Pudihang Lumiu menyebut Ferdy Sambo tertawa saat bercerita salah pakai senjata.

NEWS | 30 November 2022

Polda Metro Jaya Bongkar Peredaran Sabu Bahan Likuid dari Eropa

Ditresnarkoba Polda Metro Jaya membongkar peredaran narkoba jenis baru, yakni sabu dengan bahan likuid yang berasal dari Eropa.

NEWS | 30 November 2022

Partai Prima Papua Protes Gagal Lolos Jadi Peserta Pemilu 2024

Prima dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam tahapan verifikasi administrasi perbaikan pascakeputusan Bawaslu.

NEWS | 1 Desember 2022

Target 20 Persen Suara Golkar Akan Tercapai jika Disokong Efek Ekor Jas

Target 20 persen suara Partai Golkar baru akan tercapai apabila disokong efek ekor jas. Hal ini disampaikan Lili Romli.

NEWS | 1 Desember 2022

Ciri-ciri Partai yang Bakal Bergabung dengan KIB, Airlangga Singgung Bola

Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto membeberkan ciri-ciri partai yang bakal bergabung ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

NEWS | 1 Desember 2022

Reuni 212 Rencananya Bakal digelar di Masjid Agung At-Tin Taman Mini

Reuni 212 rencananya bakal digelar pada 2 Desember 2022 di Masjid Agung At-Tin, TMII, Jakarta Timur.

NEWS | 1 Desember 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gelandang Persib Abdul Aziz Jagokan Spanyol Juarai Piala Dunia 2022

Gelandang Persib Abdul Aziz Jagokan Spanyol Juarai Piala Dunia 2022

SEMESTA BOLA 2022 | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE