Logo BeritaSatu

Saiful Mujani: Koalisi PKB-Gerindra Bukan Aspirasi Pemilih PKB

Jumat, 12 Agustus 2022 | 15:00 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAR

Jakarta Beritasatu.com – Pendiri Saiful Mujani Research Consulting (SMRC) Saiful Mujani mengungkapkan manuver politik Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra untuk membangun koalisi bukan berdasarkan kecenderungan aspirasi pemilih PKB. Begitu juga massa Nahdlatul Ulama (NU) yang menjadi basis konstituen PKB. Hal ini disampaikan Saiful dalam acara Bedah Politik episode “Top Down Koalisi Gerindra-PKB?” sebagaimana disiarkan kanal Youtube SMRC TV, Jumat (12/8/2022).

Saiful mengatakan berdasarkan survei SMRC pada Mei 2022, data menunjukkan dari total pemilih PKB, ada sebanyak 40,7 persen yang menginginkan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo maju sebagai calon presiden (capres). Sementara, pemilih PKB yang mendukung Menteri Pertahanan Prabowo Subianto maju sebagai presiden mencapai 22 persen. Pemilih PKB yang menginginkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan maju sebagai presiden hanya 16,5 persen.

Kemudian, apabila dilihat dari Gerindra, masih berdasarkan survei SMRC pada Mei 2022, terlihat 57,4 persen pemilih partai ini menginginkan Prabowo Subianto maju sebagai calon presiden (capres). Ganjar Pranowo hanya didukung 7,5 persen pemilih Gerindra, sedangkan Anies Baswedan meraih dukungan 27,5 persen.

Menurutnya, ada dua model penentu koalisi. Pertama, bottom-up. Model ini mendengarkan aspirasi dari bawah, konstituen, pemilih, atau kelompok-kelompok kepentingan yang dekat dengan partai. Kedua, supply-side atau top-down. Dalam model koalisi ini, kebutuhan masyarakat diciptakan oleh elite.

“Melihat kecenderungan pemilih PKB, ini menunjukkan, manuver yang sedang dimainkan Muhaimin Iskandar (ketua umum PKB) dan Prabowo untuk berkoalisi tidak mencerminkan demand-side atau aspirasi pemilih PKB, melainkan aspirasi elite,” kata Saiful Mujani.

Saiful menilai politik bukan hanya sekadar kemenangan elektoral. Targetnya mungkin bukan Prabowo benar-benar menang sebagai presiden dan Muhaimin menjadi wakilnya, tetapi untuk pertimbangan yang lain.

“Misalnya dia ingin tercatat menjadi calon wakil presiden yang sebelumnya tidak pernah terjadi. Ini satu langkah politik yang memiliki nilai tersendiri. Ini juga mungkin bisa membentuk partai untuk melakukan mobilisasi,” ujar Saiful.

Saiful melihat pengajuan Prabowo sebagai capres selama ini juga punya tujuan untuk mobilisasi partai. Prabowo, kata dia, punya magnet untuk menggerakkan pemilih.

“Targetnya bukan Prabowo menjadi presiden, tetapi setidaknya suara Gerindra cukup baik untuk mengamankan para politisi partai. Mungkin itu target minimal. Syukur-syukur kalau Prabowo jadi presiden,” terang Saiful.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Iwan Setiawan Minta Camat Antisipasi Geng Motor di Bogor

Iwan Setiawan meminta camat memperketat keamanan wilayah untuk mengantisipasi segala bentuk gangguan keamanan dari geng motor di Bogor.

NEWS | 6 Oktober 2022

KBRI Sofia Promosi Wisata Indonesia di Halte Bus Bulgaria

KBRI Sofia promosi wisata Indonesia di Bulgaria melalui tampilan gambar-gambar di halte bus Kota Sofia.

NEWS | 6 Oktober 2022

Kuota Perempuan Minim, Pendaftaran Panwascam Kota Bekasi Diperpanjang

Pendaftaran panwascam Kota Bekasi diperpanjang, karena kuota keterwakilan perempuan masih minim.

NEWS | 6 Oktober 2022

Tiongkok Keluarkan Peringatan Waspada Gelombang Dingin

Pusat Meteorologi Nasional Tiongkok (NMC) mengeluarkan peringatan kewaspadaan terhadap gelombang dingin di berbagai wilayah negara tersebut.

NEWS | 6 Oktober 2022

Pengguna Layanan MySiloam dan Homecare SILO Semakin Meningkat

PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO) mencatat ada peningkatan yang signifikan dalam adopsi platform digital MySiloam selama pandemi Covid-19.

NEWS | 6 Oktober 2022

Istri Lukas Enembe Mangkir, KPK Sampaikan Wanti-wanti

Istri Lukas Enembe, Yulce Wenda dan anaknya, Astract Bona Timoramo Enembe mangkir dari panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

NEWS | 6 Oktober 2022

Kasus Lukas Enembe, KPK Ingatkan Jangan Ada yang Pengaruhi Saksi

KPK mengingatkan agar jangan ada pihak yang memengaruhi saksi untuk tidak menghadiri agenda pemeriksaan terkait kasus Lukas Enembe

NEWS | 6 Oktober 2022

Fauci: Varian Baru Covid-19 Mungkin Muncul di Musim Dingin

Anthony Fauci baru-baru ini memperingatkan, bahwa "masyarakat tidak perlu terkejut" jika varian baru Covid-19 muncul di musim dingin.

NEWS | 6 Oktober 2022

Aniaya Remaja, 5 Anggota Geng Motor di Bogor Ditangkap

Satreskrim Polres Bogor mengamankan 5 anggota geng motor di wilayah Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor.

NEWS | 6 Oktober 2022

Gunakan PMN dan KMK, Waskita Karya Kebut Proyek Infrastruktur

PT Waskita Karya (Persero) Tbk mempercepat proyek infrastruktur dengan menggunakan Penyertaan Modal Negara (PMN) dan Kredit Modal Kerja (KMK)

NEWS | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Posisi Timnas U-17 Indonesia Setelah Tundukkan UEA 3-2

Ini Posisi Timnas U-17 Indonesia Setelah Tundukkan UEA 3-2

BOLA | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings