Logo BeritaSatu

Mendagri Lakukan Penancapan Bendera Merah Putih di Merauke

Jumat, 12 Agustus 2022 | 17:25 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian secara resmi melakukan penancapan tiang bendera merah putih secara simbolis di halaman kantor Bupati Merauke, Papua, Jumat (12/8/2022). Prosesi tersebut dilakukan Mendagri bersama sekretaris daerah (sekda) Papua, bupati Merauke, bupati Asmat, bupati Boven Digoel, Penjabat bupati Mappi, Danrem 174 Merauke, dan Irwasda Polda Papua.

Agenda itu merupakan rangkaian acara Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih. Tujuannya untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI. Seusai prosesi penancapan tiang bendera, Mendagri juga membagikan bendera merah putih secara simbolis kepada para perwakilan tokoh yang hadir.

Adapun tokoh-tokoh berasal dari perwakilan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia, Persatuan Guru Republik Indonesia, Forum Kerukunan Umat Beragama, Forum Anak, dan Kwarda Pramuka. Selain itu, penyerahan juga dilakukan kepada Lembaga Masyarakat Adat, perwakilan tokoh agama, perwakilan tokoh budaya, dan tokoh perempuan.

Acara tersebut turut diikuti oleh Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Tomsi Tohir, Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (PUM) Kemendagri Bahtiar, Staf Khusus (Stafus) Mendagri Bidang Pemerintahan Desa dan Pembangunan Perbatasan Hoiruddin Hasibuan, dan para pejabat Kemendagri lainnya.

Dalam pengarahannya, Tito menyampaikan rasa bangga yang mendalam atas terselenggaranya gelaran tersebut. Ia juga mengapresiasi upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke yang telah menggelorakan pembagian 10 juta bendera merah putih di wilayahnya. Langkah yang telah dilakukan tersebut, menjadi upaya yang baik dalam meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme bangsa.

“Sebentar lagi kita akan memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 yang ke-77 tahun. Dan sebagaimana biasanya kita melaksanakan acara untuk menaikkan rasa nasionalisme, patriotisme sebagai bangsa yang plural,” kata Tito Karnavian.

Tito mengungkapkan bangsa Indonesia merupakan bangsa yang unik. Apabila dibandingkan dengan bangsa lainnya di dunia, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Potensi ini juga didukung oleh keberagaman budaya, agama, serta adat yang dimiliki masyarakat.

Di sisi lain, Mendagri juga merasa bangga karena dapat kembali mengunjungi Papua. Menurutnya, kedatangan ke Papua kali ini terasa seperti pulang kampung. Sebab, di masa silam Tito pernah menjalankan tugas di Papua.

“Kita bangga dengan Papua. Kenapa? Karena matahari selalu bersinar dari timur ke barat. Tidak pernah dari barat ke timur. Jadi Indonesia mulai bergeliat hidupnya hari-hari itu dimulai dari Papua, baru nanti berakhirnya di Aceh,” ujar mantan kapolda Papua ini.

Adapun pada kunjungannya kali ini, Tito mendapat sambutan meriah dari masyarakat di Kabupaten Merauke. Mendagri beserta rombongan dari Kemendagri disambut dengan tarian adat setempat, serta disambut suka cita oleh barisan pelajar yang membawa bendera merah putih.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Penertiban PKL di Kota Tua, Pemprov DKI Tak Akan Gunakan Kekerasan

Riza Patria mengatakan, penertiban PKL di kawasan Kota Tua, Jakarta akan melibatkan Satpol PP. Pemprov DKI tidak akan menggunakan kekerasan.

NEWS | 25 September 2022

Relawan Perkuat Dukungan Warga Jakarta untuk Erick Thohir Presiden 2024

Relawan Sobat Erick terus memperkuat dukungan masyarakat kepada Erick Thohir untuk menjadi Presiden 2024.  

NEWS | 25 September 2022

Prabowo Temui 9 Kiai Sepuh NU di Jateng, Ini Kata M Qodari

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto melakukan silaturahmi atau menemui  9 kiai sepuh NU Magelang, Jateng.

NEWS | 25 September 2022

PDIP Minta Andi Arief Hentikan Opini Soal Utusan Jokowi Bertemu Lukas Enembe

PDIP meminta Andi Arief menghentikan opini sesat yang menyeret nama Presiden Jokowi yang menjerat Gubernur Papua Lukas Enembe. 

NEWS | 25 September 2022

Jokowi: Indonesia Butuh SDM Berkualitas dan Berintegritas

Jokowi menyebut, Indonesia membutuhkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan berintegritas demi memenuhi tantangan pasar global dewasa ini.

NEWS | 25 September 2022

Transjakarta Operasikan Kembali Rute Summarecon Bekasi-Pancoran

Transjakarta mengoperasikan kembali dua layanan non-koridor yakni rute Summarecon Bekasi-Pancoran (B11) dan Ciputat-Kampung Rambutan (S22).

NEWS | 25 September 2022

Ganjar Diskusi dengan Mahasiswa soal Energi Baru Terbarukan

Ganjar bertemu dengan sejumlah organisasi mahasiswa di Medan dan berdiskusi tentang energi baru terbarukan.

NEWS | 25 September 2022

Usai Bertemu Cak Imin, Puan Ungkap Peluang Kerja Sama

Pertemuan Cak Imin dan Puan kali ini menjadi pembuka peluang kerja sama antara PDIP dengan PKB di Pemilu 2024.

NEWS | 25 September 2022

Cari Cawapres yang Cocok, Puan: Namanya Juga Mau Menikah

Ketua DPP PDIP Puan Maharani menjadi salah satu tokoh yang digadang-gadang diusung menjadi capres di Pemilu 2024.

NEWS | 25 September 2022

Tokoh Agama Minta Masyarakat Tak Terprovokasi Kasus Lukas Enembe

Tokoh Agama Papua Pendeta Alberth Yoku meminta masyarakat tidak terprovokasi kasus dugaan korupsi Gubernur Papua Lukas Enembe.

NEWS | 25 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bank BJB Kini Tangani Nasabah Dana Pensiun Kimia Farma

Bank BJB Kini Tangani Nasabah Dana Pensiun Kimia Farma

EKONOMI | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings