Logo BeritaSatu

Bagikan 10 Juta Bendera di Merauke, Ini Pesan Kebangsaan Mendagri

Jumat, 12 Agustus 2022 | 19:07 WIB
Oleh : Nugie Tangkepayung / FFS

Merauke, Beritasatu.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengunjungi Kabupaten tertimur di Indonesia, Merauke pada Jumat (12/8/2022) pagi. kunjungan mantan Kapolri tersebut untuk membagikan 10 juta bendera merah putih bagi warga Papua.

"Gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih dari Sabang sampai Merauke ini untuk membangkitkan semangat nasionalisme rakyat Indonesia di seluruh pelosok Tanah Air, " ujar Mendagri di Merauke, Jumat (12/8/2022).

Menurut Tito, gerakan pembagian 10 juta bendera dilaksanakan serentak di tiga wilayah. Kabupaten Merauke mewakili wilayah Indonesia timur, Surabaya mewakili Indonesia bagian tengah, dan Kota Banda Aceh mewakili Indonesia bagian barat.

Tito Karnavian mengaku bangga dengan kegiatan ini karena mendapat sambutan yang sangat baik dari seluruh masyarakat Papua di wilayah Papua Selatan.

"Saya merasa bangga karena acara ini dilaksanakan di depan gedung kantor bupati Merauke, saya juga sudah melihat video bagaimana langkah-langkah yang dilakukan oleh Bapak Bupati Merauke dalam rangka untuk menggelorakan pembagian 10 juta bendera merah putih se-Indonesia," ujarnya.

"Beberapa hari lagi kita akan memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 yang ke-77 dan sebagaimana biasanya kita melaksanakan upacara sebagai bentuk rasa nasionalisme, patriotisme sebagai anak Indonesia, " kata Tito menambahkan.

Tito mengajak seluruh masyarakat Papua untuk merayakan HUT ke-77 kemerdekaan RI dengan hikmat dan memaknai arti perjuangan pahlawan dengan mengisi kemerdekaan lewat hal yang positif.

Sementata itu, Gubernur Papua yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Muhammad Ridwan Rumasukun menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada pemerintah pusat karena telah memilih Merauke sebagai tempat pertama pembagian 10 juta bendera merah putih.

Ridwan berharap, pembagian bendera merah putih ini tidak hanya berlangsung secara seremonial saja, namun dimaknakan sebagai momentum memupuk rasa cinta dan bangga terhadap negara Indonesia.

"Nantinya bendera merah putih akan di pasang di seluruh intansi pemerintah kantor-kantor, sekolah, tempat umum, rumah dan tempat strategis lainnya selama bulan kemerdekaan," kata Sekda Ridwan.

Dia menambahkan peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI yang mengusung tema, "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat" ternyata juga memberikan kekuatan dan semangat bagi Pemprov Papua guna mewujudkan visi Papua Bangkit Mandiri dan Sejahtera yang berkeadilan.

"Kami berharap dengan semangat persatuan Indonesia, yakin akan mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab masing-masing menuju kehidupan berbangsa dan bernegara yang mandiri, berdaulat dan berkepribadian," katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Warga Jakarta, Waspada Hujan Lebat Disertai Petir Hari ini

BMKG memperingatkan warga Jakarta untuk waspada akan potensi hujan lebat yang akan terjadi di Ibu Kota dan beberapa daerah lain.

NEWS | 4 Oktober 2022

Ukraina Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Bersama di Piala Dunia 2030

Ukraina akan bergabung dengan Spanyol dan Portugal dalam upaya mereka untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030.

NEWS | 4 Oktober 2022

Uji Rudal Korut ke Wilayah Jepang,Warga Sempat Diminta Berlindung

Korut menembakkan rudal balistik menuju ke wilayah Jepang pada Selasa (4/10/2022), memicu peringatan bagi penduduk untuk berlindung.

NEWS | 4 Oktober 2022

Pencuri Brankas Kafe Menyamar dengan Pakai Daster Tetangga

Seorang pencuri melakukan aksinya dengan menyamar sebagai perempuan dengan menggunakan daster milik tetangga.

NEWS | 4 Oktober 2022

Sepanjang 2022, 1.153 Orang Tewas Kecelakaan di Sumut

Polda Sumut mencatat, sebanyak 1.153 orang meninggal dunia dari 4.306 kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Sumatera Utara.

NEWS | 4 Oktober 2022

Gara-Gara Tragedi Kanjuruhan, Pos Polisi di Makassar Nyaris Dibakar

Pos polisi di Makassar hendak dibakar dan diduga terkait dengan tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, yang menewaskan lebih seratus orang.

NEWS | 4 Oktober 2022

Riset Gen Manusia Purba, Svante Paabo Diganjar Hadiah Nobel Kedokteran 2022

Ilmuwan Svante Paabo memenangkan Hadiah Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran 2022 untuk riset gen manusia purba.

NEWS | 4 Oktober 2022

Buntut Konten Prank KDRT, Baim Wong Dilaporkan ke Polisi

Baim Wong dan Paula Verhoeven dilaporkan ke Polres Metro, Jakarta Selatan terkait konten prank KDRT yang dibuat keduanya.

NEWS | 3 Oktober 2022

Santri Dukung Ganjar Gelar Maulid Nabi di Jakarta

Santri Dukung Ganjar mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan doa bersama untuk Ganjar Pranowo dan Indonesia di Jakarta Utara.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragis, Tragedi Kanjuruhan Buat Alfiansyah Jadi Yatim Piatu

Peristiwa tragedi Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) memaksa bocah 11 tahun M Alfiansyah menjadi anak yatim piatu.

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Warga Jakarta, Waspada Hujan Lebat Disertai Petir Hari ini

Warga Jakarta, Waspada Hujan Lebat Disertai Petir Hari ini

NEWS | 12 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings