Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Amien Rais Ingatkan Jangan Ada Polarisasi di Pilpres 2024

Jumat, 12 Agustus 2022 | 19:20 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS
Amien Rais.

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais berharap tidak terjadi lagi polarisasi pada Pilpres 2024. Meskipun Amies Rais mengakui, salah satu penyebab terjadinya polarisasi masih ada hingga Pilpres 2024.

"Iya, jangan pernah itu (polarisasi)," ujar Amien Rais usai mendaftarkan Partai Ummat ke KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (12/8/2022).

Penyebab yang dimaksud Amien Rais adalah syarat ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold 20 persen kursi di DPR. Menurut Amien, presidential threshold tersebut membuat pasangan capres-cawapres tidak banyak serta muncul muka-muka lama yang pernah ikut kontestasi pesta demokrasi sebelumnya.

"Threshold itu memang seperti kata para pengamat yang tajam itu akan melestarikan 6 L itu, lagi-lagi lu, lagi-lagi lu, gitu yah," tegasnya.

Idealnya, kata Amien Rais, ambang batas pencalonan presiden nol persen. Dengan demikian bisa memunculkan banyak pasangan capres-cawapres dan masyarakat memiliki banyak alternatif calon pemimpin masa depan.

"Karena itu memang kalau bisa dinolpersenkan, siapa tahu ada bibit unggul yang brilian yang luar biasa akan muncul. Kalau cuma dua ini kan, makin pecah," imbuh dia

Meski demikian, Amien mengakui, Partai Ummat belum berencana mengajukan judicial review atau uji materi ketentuan presidential threshold 20 persen ke Mahkamah Konstitusi (MK). Dikatakan, Partai Ummat belum memiliki legal standing untuk menggugat ketentuan tersebut.

"Nanti-nanti, kita belum bisa (melakukan uji materi presidential threshold)," kata Amien.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

TERKINI