Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Dokumen Pendaftaran Lengkap, Partai Amien Rais Ikuti Verifikasi Administrasi

Jumat, 12 Agustus 2022 | 20:23 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS
Anggota KPU Idham Holik saat konferensi pers di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 12 Agustus 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebutkan dokumen pendaftaran tiga dari enam partai politik yang mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 hari ini, Jumat (12/8/2022), sudah lengkap. Salah satunya adalah Partai Ummat yang didirikan mantan Ketua Umum PAN, Amien Rais.

"Dari enam partai politik yang mendaftar, ada tiga partai politik yang dokumennya dinyatakan lengkap dan ada tiga partai politik yang dokumennya dinyatakan belum lengkap," ujar Anggota KPU Idham Holik saat konferensi pers di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta, Jumat (12/8/2022)

Selain Partai Ummat, kata Idham, partai yang dokumen pendaftarannya lengkap adalah Partai Buruh dan Partai Republik. Mulai besok, ketiga partai ini akan segera menjalani verifikasi administrasi. Selain itu, kata Idham, Partai Rakyat Adil Makmur atau Prima yang daftar pada masa awal pendaftaran, juga dokumennya sudah lengkap.

"Partai Prima kini dokumennya sudah lengkap dan mulai hari esok Partai Prima bersama Partai buruh, Partai Republik, dan Partai Ummat akan kami lakukan verifikasi administrasi," ungkap Idham.

KPU akan melakukan verifikasi administrasi hingga 11 September 2022. Lalu, pada 14 September, hasil verifikasi administrasi akan disampaikan kepada masing-masing parpol.

Dalam verifikasi administrasi ini, KPU akan meneliti kelengkapan dan keabsahan dokumen sebagai pemenuhan persyaratan partai politik menjadi peserta pemilu. Verifikasi administrasi parpol ini dilakukan terhadap dokumen persyaratan parpol calon peserta pemilu, dugaan rangkap jabatan pengurus parpol, dugaan keanggotaan ganda parpol, dan keanggotaan parpol yang berpotensi tidak memenuhi syarat.

Sementara tiga partai yang dokumen pendaftarannya belum lengkap adalah Partai Beringin Karya (Berkarya), Partai Indonesia Bangkit Bersatu (IBU) dan Partai Swara Rakyat Indonesia atau Parsindo. KPU memberikan kesempatan kepada tiga partai tersebut untuk melengkapi dokumen pendaftarannya.

"Diberikan kesempatan untuk melengkapi dokumen tersebut sampai dengan tanggal 14 Agustus jam 23.59 WIB," kata Idham.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI