Logo BeritaSatu

Laporan Pelecehan Seksual Istri Ferdy Sambo Halangi Penyidikan

Jumat, 12 Agustus 2022 | 22:13 WIB
Oleh : Stefani Wijaya / DAS

Jakarta, Beritasatu.com - Laporan dugaan pelecehan seksual terhadap istri Irjen Ferdy Sambo dikategorikan sebagai upaya menghalang-halangi penyidikan kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat. Polri menghentikan laporan yang sudah masuk tahap penyidikan tersebut.

Hal itu diungkapkan Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jumat (12/8/2022) malam.

Hal serupa terjadi pada laporan dugaan percobaan pembunuhan terhadap Bharada Richard Eliezer atau Bharada E yang dilakukan oleh Brigadir J.

Seperti diberitakan sebelumnya, laporan pelecehan seksual maupun percobaan pembunuhan tersebut dibuat setelah insiden penembakan yang menewaskan Brigadir J di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo pada Jumat (8/7/2022).

Kedua laporan polisi itu menyebut Brigadir J, yang sudah tewas, sebagai terlapor atau yang diduga melakukan pelecehan seksual dan ancaman pembunuhan.

Kedua laporan yang dimaksud adalah LPA Nomor 368/A/VII/2022/SPKT/Polres Metro Jakarta Selatan tanggal 8 Juli 2022 tentang dugaan tindak pidana percobaan pembunuhan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 338 KUHP Juncto Pasal 53 KUHP.

Laporan bertempat di Jakarta pada hari Jumat tanggal 8 Juli 2022 sekira pukul 17.00 WIB lokasi kejadian di Kompleks Duren Tiga Nomor 46, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan.

Laporan Tipe A ini adalah laporan yang dibuat oleh anggota Polri yang mengalami, mengetahui, atau menemukan langsung peristiwa yang terjadi. Pelapornya adalah Briptu Martin Gabe anggota Polres Metro Jakarta Selatan. Korbannya adalah Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E dengan terlapor Brigadir J.

Laporan Polisi yang kedua yaitu LPB Nomor 1630/VII/2022/SPKT/Polres Metro Jakarta Selatan Polda Metro Jaya tanggal 9 Juli 2022 tentang kejahatan terhadap kesopanan dan atau perbuatan memaksa seseorang dengan kekerasan atau ancaman kekerasan dan atau kekerasan seksual.

Hal itu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 289 KUHP dan atau Pasal 335 KUHP dan atau Pasal 4 Juncto Pasal 6 UU RI no 12 tahun 2022 tentang tindak pidana kekerasan seksual.

Waktu kejadian diduga pada Jumat tanggal 8 Juli 2022 sekitar pukul 17.00 WIB dengan lokasi Kompleks Polri Duren Tiga, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan dengan pelapor sekaligus korban adalah Putri Candrawathi. Sedangkan terlapornya Brigadir J.

"Kita anggap dua laporan polisi ini menjadi satu bagian yang masuk dalam kategori obstruction of justice. Ini bagian dari upaya untuk menghalangi-halangi pengungkapan dari kasus 340 (pembunuhan berencana)," kata Brigjen Andi Rian Djajadi.

Lebih lanjut Andi mengungkapkan bahwa, berdasarkan hasil penyidikan terhadap dua laporan tersebut nyatanya tidak benar-benar terjadi. "Kita hentikan penyidikamnya karena tidak ditemukan peristiwa pidana," imbuhnya.

Andi menjelaskan, kedua laporan tersebut sebelumnya sudah naik ke tingkat penyidikan. Namun, seiring berjalannya waktu, terdapat laporan dugaan pembunuhan berencana di mana korbannya justru Brigadir J.

Laporan pembunuhan berencana inilah, kata Andi, menjawab dua laporan sebelumnya yang menyebut Brigadir J sebagai terlapor.

Andi menjelaskan, semua penyidik yang menangani dua laporan itu diperiksa. Pemeriksaan dilakukan oleh Inspektorat Khusus.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Komnas HAM: Hak Kesehatan Lukas Enembe Harus Diperhatikan

Komnas HAM menegaskan bahwa hak kesehatan terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe harus tetap menjadi perhatian semua pihak.

NEWS | 29 September 2022

SMRC: Ganjar, Anies, dan Prabowo Beri Efek Positif pada Elektabilitas PDIP

Elektabilitas PDIP mengalami peningkatan signifikan apabila mengusung Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, termasuk Prabowo Subianto sebagai capres.

NEWS | 29 September 2022

Putin Besok Resmikan Bergabungnya 4 Wilayah Ukraina ke Rusia

Presiden Putin akan mengadakan upacara penandatanganan di Kremlin pada Jumat besok untuk menambahkan empat wilayah Ukraina ke Rusia.

NEWS | 29 September 2022

Ketua Komisi X DPR Ungkap Penyebab RUU Sisdiknas Batal Masuk Prolegnas 2023

Ketua Komisi X DPR Saiful Huda mengungkap beberapa penyebab sehingga RUU Sisdiknas diputuskan tidak dimasukkan dalam Prolegnas Prioritas 2023.

NEWS | 29 September 2022

SMRC: Ganjar Paling Berpengaruh Tingkatkan Suara PDIP di 2024

SMRC mencatat Ganjar Pranowo akan memberikan pengaruh paling positif bagi peningkatan suara PDIP dalam Pemilu 2024.

NEWS | 29 September 2022

Jokowi: Jangan Gunakan APBN dan APBD untuk Produk Impor

Presiden Jokowi mengingatkan agar dana APBN dan APBD yang berasal dari rakyat tidak digunakan untuk membeli produk impor.

NEWS | 29 September 2022

Dilaporkan Lesti Kejora, Rizky Billar Segera Diperiksa Polisi

Rizky Billar bakal diperiksa polisi setelah dilaporkan istrinya, Lesti Kejora terkait dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

NEWS | 29 September 2022

Komnas HAM Janji Sampaikan Kondisi Kesehatan Lukas Enembe ke KPK

Komnas HAM berjanji bakal menyampaikan aspirasi terkait kondisi kesehatan Lukas Enembe kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

NEWS | 29 September 2022

Laporkan Rizky Billar, Lesti Kejora Bawa Sejumlah Bukti KDRT

Rizky Billar dipolisikan sang istri, penyanyi Lesti Kejora, atas dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

NEWS | 29 September 2022

Diharap Buat Putri Candrawathi Jujur, Ini Kata Febri Diansyah

Febri Diansyah menyambut positif harapan agar bisa membuat Putri Candrawathi dapat berkata jujur terkait kasus pembunuhan Brigadir J.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Dugaan Penyebab Perpecahan Rumah Tangga Lesti dan Rizky Billar

Ini Dugaan Penyebab Perpecahan Rumah Tangga Lesti dan Rizky Billar

LIFESTYLE | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings