Logo BeritaSatu

Kehilangan 24 Jet Tempur Su-35, Rusia Gunakan Pesawat Usang

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 09:12 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Moskwa, Beritasatu.com- Rusia dilaporkan beralih ke pesawat usang dan "ketinggalan zaman" setelah kehilangan sekitar 24 jet tempur Sukhoi Su-35. Seperti dilaporkan Newsweek, Kamis (11/8/2022), Rusia kehilangan jet tempur dalam serangan yang sedang berlangsung di Ukraina.

Dalam satu pesan Facebook, Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina mengatakan bahwa Rusia akan mulai menggunakan pembom Su-24M "lama" setelah pasukan Moskwa kehilangan "dua skuadron" dalam perang.

“Pesawat Su-35 juga menunjukkan tingkat daya tahan yang rendah. Selama agresi skala penuh, Rusia kehilangan dua skuadron pesawat tersebut, sekitar 24 unit,” kata Brigadir Jenderal Ukraina Alexei Gromov.

Pasukan Moskwa, atas perintah Presiden Rusia Vladimir Putin, melancarkan invasi Rusia skala penuh ke Ukraina pada 24 Februari, yang memicu kecaman internasional yang luas dan cepat.

Meskipun Putin dan para penasihatnya dilaporkan percaya bahwa mereka dapat dengan cepat mengambil kendali dan menggulingkan pemerintah di Kyiv, serangan awal berhasil digagalkan oleh tentara Ukraina dan warga biasa yang menentang agresi tersebut.

Brigadir Jenderal Oleksiy Hromov dilaporkan mengatakan bahwa Rusia "berencana untuk menggunakan pembom Su-24M yang sudah ketinggalan zaman." Hromov juga mengatakan Kamis bahwa akurasi Moskwa dalam serangan baru-baru ini tergolong rendah, karena pilot Rusia dilaporkan ingin menghindar tertembak jatuh.

"Pesawat dan helikopter musuh menghindari terbang ke jangkauan pertahanan udara kami, dan karena itu akurasi serangan ini rendah," kata jenderal itu, lapor Reuters.

Newsweek belum memverifikasi pernyataan Ukraina tentang pesawat Rusia di tengah perang Ukraina.

Moskwa terus menyatakan bahwa "aksi militernya" di Ukraina berjalan sesuai rencana, meskipun kurangnya keuntungan substansial dan kemunduran besar dari ambisi awalnya untuk mengambil kendali negara.

Kini tentara Rusia memfokuskan upaya mereka jauh lebih sempit di wilayah tenggara Donbas dalam beberapa bulan terakhir, setelah gagal membuat kemajuan yang signifikan dalam beberapa minggu pertama perang.

Pada Rabu, angkatan bersenjata Ukraina menyatakan bahwa sembilan pesawat militer Rusia telah dihancurkan di satu pangkalan Krimea. Krimea diakui sebagai bagian dari Ukraina di bawah hukum dan perjanjian internasional.

Moskwa mencaplok wilayah Krimea pada 2015 karena juga mendukung pemberontak separatis di wilayah timur Ukraina. Rusia membantah bahwa pesawat itu telah dihancurkan, dan Ukraina tidak mengklaim bertanggung jawab atas kehancuran mereka.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Perang Ukraina Masih Sengit, Putin Ngotot Deklarasi Kemenangan

Di Donetsk, wilayah timur Ukraina, hanya 60% wilayah yang dikuasai pasukan Rusia.

NEWS | 29 September 2022

Dicekik dan Dibanting, KDRT yang Dilakukan Rizky Billar Terhadap Lesti Kejora

Polisi membeberkan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan Rizky Billar terhadap Lesti Kejora.

NEWS | 29 September 2022

Ferdy Sambo dan Putri Bakal Buka-Bukaan di Persidangan, Kamaruddin: Terlambat

Kamaruddin Simanjuntak menilai sudah terlambat bagi Ferdy Sambo dan istrinya Putri Candrawathi untuk buka-bukaan terkait tewasnya Brigadir J di persidangan.

NEWS | 29 September 2022

Kasus Brigadir J, Vera Minta Tersangka Pembunuh Kekasihnya Dihukum Adil

Vera Simanjuntak, kekasih Brigadir J, meminta agar tersangka pembunuhan berencana terhadap kekasihnya mendapat hukuman seadil-adilnya.

NEWS | 29 September 2022

Komnas HAM: Hak Kesehatan Lukas Enembe Harus Diperhatikan

Komnas HAM menegaskan bahwa hak kesehatan terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe harus tetap menjadi perhatian semua pihak.

NEWS | 29 September 2022

SMRC: Ganjar, Anies, dan Prabowo Beri Efek Positif pada Elektabilitas PDIP

Elektabilitas PDIP mengalami peningkatan signifikan apabila mengusung Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, termasuk Prabowo Subianto sebagai capres.

NEWS | 29 September 2022

Putin Besok Resmikan Bergabungnya 4 Wilayah Ukraina ke Rusia

Presiden Putin akan mengadakan upacara penandatanganan di Kremlin pada Jumat besok untuk menambahkan empat wilayah Ukraina ke Rusia.

NEWS | 29 September 2022

Ketua Komisi X DPR Ungkap Penyebab RUU Sisdiknas Batal Masuk Prolegnas 2023

Ketua Komisi X DPR Saiful Huda mengungkap beberapa penyebab sehingga RUU Sisdiknas diputuskan tidak dimasukkan dalam Prolegnas Prioritas 2023.

NEWS | 29 September 2022

SMRC: Ganjar Paling Berpengaruh Tingkatkan Suara PDIP di 2024

SMRC mencatat Ganjar Pranowo akan memberikan pengaruh paling positif bagi peningkatan suara PDIP dalam Pemilu 2024.

NEWS | 29 September 2022

Jokowi: Jangan Gunakan APBN dan APBD untuk Produk Impor

Presiden Jokowi mengingatkan agar dana APBN dan APBD yang berasal dari rakyat tidak digunakan untuk membeli produk impor.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Positif dan Kematian Covid-19 di Jakarta sampai 29 September 2022

Kasus Positif dan Kematian Covid-19 di Jakarta sampai 29 September 2022

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings